Cara Ampuh Basmi Kutu Rambut dengan Bahan Alami

Pada jaman dahulu di era tahun 90-an memang banyak orang baik anak-anak, dewasa, hingga orang tua yang rambutnya kena kutu. Sekarang juga masih ada yang mengalami, tapi mungkin hanya pada anak-anak yang belum pintar merawat rambut. Memang kutu rambut bisa menular pada orang lain dan itu bisa sangat gatal.

Di jaman moderen ini kalau ada yang kena kutu rambut mungkin akan dijauhi oleh temannya, hingga menurunkan percaya diri dan minder pada orang lain. Kalau kutu pada rambut kita biarkan akan membuat rusak rambut hingga mengalami rontok. Kutu dapat berkembang biak dengan cara bertelur banyak sehingga cepat sekali menyebar di kepala.

Penularan kutu rambut cenderung apabila kita kontak langsung antar kepala, misalnya saat tidur bareng. Selain itu menggunakan benda kepunyaannya yang biasa dipakai di kepala seperti topi, kerudung, dan lainnya juga bisa mengakibatkan Anda tertular kutu. Hewan dengan ukuran kecil ini sangat pintar bersembunyi di sela-sela rambut maupun kulit kepala sehingga kemungkinan bisa menghisap darah. Bagi yang sudah pernah mengalaminya tentu akan merasakan gatal dan sedikit nyeri ketika dibiarkan.


cara ampuh basmi kutu rambut

Oleh karena itu segera tangani kutu rambut supaya tidak cepet menyebar. Kalau dengan shampo masih belum bisa diatasi, menitinfo.com telah mendapatkan beberapa tips hilangkan kutu rambut dengan bahan alami.

1. Dengan Asam Cuka


Asam cuka bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut, karena sifat asam dari cuka bakalan membasmi kutu hingga telurnya. Tetapi kalian juga perlu hati-hati dengan memastikan terlebih dahulu kulit kepala Anda tidak ada yang terluka, takutnya malah jadi iritasi karena asam cuka. Cara pembuatan kita membutuhkan tambahan minyak kelapa.

Caranya:
- Pertama kalian sediakan dua sendok cuka dan minyak kelapa, setelah itu campurkan keduanya sampai merata.
- Sesudah itu kalian oleskan pada rambut sebelum tidur, gunakan juga penutup kepala supaya tidak kemana-mana.
- Hingga pagi hari setelah bangun tidur bersihkan rambut dengan berkeramas menggunakan shampo.

Baca juga :
- Cara Alami Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
- Kenapa Keramas Setiap Hari Tidak Baik Untuk Kesehatan?

2. Bawang Putih


Biasa digunakan sebagai bumbu masak, selain itu bawang putih juga dikenal berguna untuk kesehatan tubuh. Yang tak kalah penting lagi adalah bawang putih bisa kita manfaatkan untuk mengusir kutu rambut.

Caranya : Anda sediakan sekitar 10 siung bawang putih, kemudian tumbuk atau blender biar cepat halus. Hasilnya kita tambahkan dengan 3 sendok air jeruk nipis lalu campur hingga merata. Segera oleskan pada kulit kepala anda hingga merata, diamkan kurang lebih 30 menit baru kemudian bilas pake air sampai bersih.

3. Daun Sirih


Selain bahan alami yang sudah disebutkan di atas, bahan alami berikutnya yang dapat dijadikan obat pengusir kutu yakni daun sirih. Terdapat dua acara untuk menggunakan daun sirih sebagai pengusir alami. Pertama yaitu dengan merebus dan mengambil airnya.

Cara pertama : pastikan rambut sudah dalam keadaan bersih dan kering. Hasil rebusan air daun sirih yang sudah dingin kita bilaskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut hingga merata, lalu diamkan sekitar satu jam setelah itu bilas dengan air bersih.

Cara kedua : yaitu dengan cara ambil daun sirih secukupnya, lalu kita haluskan dan dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti minyak kelapa atau kalau ada minyak zaitun. Hasilnya kita ratakan pada kepala sambil dipijat pelan. Diamkan hingga sekitar 30 menit lalu bilas sampai bersih.

4. Buah Lemon


Sama halnya cuka, lemon juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga bisa kita manfaatkan untuk mengusir kutu. Caranya cukup mudah, simak berikut ini :

- Sediakan dua buah lemon, kita potong dan ambil airnya dengan cara di peras. Campurkan air lemon dengan air bersih sekitar 100ml, hasilnya kita bilaskan pada rambut sampai ke kulit kepala, sesudah itu diamkan selama 30 menit baru anda bersihkan pake air hangat.

Penutup
Itulah bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut sampai permanen. Mudah-mudahan tips dari kami ini memberi manfaat untuk kita semua, terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon