Tips Alami Merawat Wajah Berjerawat dan Hilangkan Bekas

cara merawat wajah berjerawat
 

Memiliki wajah berjerawat memang tidak enak, disamping jadi tidak percaya diri wajah berjerawat cenderung kelihatan kotor. Meski ada yang sudah merawat setiap hari, kadang karena faktor genetik jerawat tak kunjung hilang, selain itu pola makan juga mempengaruhi timbul jerwat di wajah. Memang memiliki wajah yang bersih menjadi impian tiap orang terutama para wanita.

Selain melakukan perawatan dengan bantuan obat, mengatasi jerawat bisa kita pakai bahan alami yang terjangkau dan tanpa efek samping. Meski jerawat telah hilang, bekas masih tetap terlihat dan bisa lama. Untuk itu kita perlu merawatnya supaya tidak timbul jerawat lagi. Bahan alami yang sederhana ini akan membantu merawat dan sembuhkan jerawat.

Buat kalian yang memiliki masalah wajah berjerawat dan pengen sekali menghilangkannya secara cepat tanpa obat yang mengandung kimia, maka solusi paling tepat dengan bahan alami. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para wanita di Indonesia, sampai saat ini masih terbukti manjur.

1. Jeruk Nipis


Jeruk nipis bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan jerawat, tapi kamu harus tahu. Jeruk Nipis tidak cocok untuk kulit wajah yang kering karena akan mengakibatkan sakit perih. Untuk itu ini cocoknya buat jenis kulit yang lembab.

Caranya :
- Sediakan satu buah Jenuk Nipis
- Memarkan jeruk dengan mengulingkan, setelah itu belah menjadi dua bagian.
- Bersihkan terlebih dahulu wajah kamu dengan air hingga bersih dan keringkan pake handuk.
- Kemudian oleskan jeruk nipis tadi pada wajah hingga merata
- Tunggu 15 menit dan setelah itu bilas dengan air hangat.

Baca Juga :
- Cara Efektif Meredakan Keratosis Pilaris (Bintik di Lengan)
- Cara Alami Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

2. Madu dan Alpukat


Nah, kalau wajah kalian cenderung bersifat kering, kalau pake jeruk nipis malah jadi sakit. Kamu bisa pake alternatif lain yaitu dengan madu dan alpukat. Dua campuran bahan ini sangat bisa kita andalkan untuk mengatasi wajah berjerawat. Madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri, sementara alpukat mengandung vitamin E berfungsi untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Caranya :
- Alpukat kita ambil daging buah secukupnya, menyesuaikan lebah wajah anda.
- Lalu kmau kalauskan daging alpukat tersebut.
- Kemudian tambahkan dengan satu sendok madu dan aduk hingga tercampur rata.
- Sebelum untuk masker wajah, pastikan wajah kamu telah dibersihkan dahulu.
- Oleskan campuran alpukat dan madu pada wajah anda hingga merata
- Setelah itu diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air hangat.
- Lakukan tiap hari secara teratur hingga jerawat dan bekasnya menghilang.

3. Daun Pepaya


Tanaman hijau yang satu ini mudah kita jumpai di daerah pegunungan, biasanya buat masakan pada sebagian orang pedesaan atau sebagai lalapan. Daun pepaya terdapat sebuah senyawa bernama karpin yang berarti memiliki efek antimikroba dan antiprotozoa.

Caranya :
- Siapkan daun pepaya secukupnya lalu dicuci hingga bersih
- Jemur terlebih dahulu daun pepaya hingga kering.
- Kemudian tumbuk hingga halus, tambahkan air juga secukupnya hingga seperti pasta.
- Bersihkan wajah hingga bersih lalu keringkan.
- Setelah itu gunakan pasta daun pepaya untuk masker wajah, diamkan 30 menit dan bilas pake air hangat.

Cara Perawatan Wajah Berjerawat


1. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Ini bertujuan supaya terhindar dari kuman, misalnya ketika mau make up pastinya tangan anda akan bersentuhan dengan kulit wajah, untuk itu pastikan selalu bersih.

2. Bersihkan Muka Secara Rutin

Selama menjaga wajah berjerawat pastikan tiap kali bangun tidur selalu cuci muka supaya kulit wajah selalu segar. Kalau perlu gunakan krim pembersih muka, terlebih setelah aktivitas dari kerja dan kegiatan lain yang mengakibatkan wajah berkeringat.

3. Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Selain faktor dari luar timbulnya jerawat juga disebabkan karena pola makan yang kurang sehat, seperti makan makanan yang berlemak tinggi sebaiknya kalian hindari selama perawatan jerawat. Makan makanan sehat seperti sayuran, buah, ikan dan makanan bergizi lainnya. Dan jangan lupa selalu imbangi dengan berolahraga secara teratur.

Akhir kata
Itulah cara alami merawat kulit wajah dari jerawat. Mungkin kamu punya pengalaman lain, coba ceritakan pada kami melalui kolom komentar.

Add Comments


EmoticonEmoticon