Cara Scan Barcode di Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

Penggunaan barcode sekarang sudah mulai meluas untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari mengakses website tertentu, melakukan pembayaran, bahkan sampai membuka menu makanan di restoran. Bagi yang sehari-hari didepan laptop atau komputer tentu akan merasa ribet jika harus selalu ambil HP, maka Anda harus mengetahui cara scan barcode di laptop baik dengan aplikasi atau tidak.

Memang, tidak semua laptop memiliki fitur untuk scan barcode. Untuk ini, para pengguna laptop bisa menggunakan aplikasi tertentu. Lalu, bagaimana jika para pengguna tidak ingin menggunakan aplikasi? Ada juga cara scan barcode tanpa aplikasi di Laptop yang segera akan Anda ketahui.

Cara Scan Barcode di Laptop dengan Mudah


Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, tidak semua laptop memiliki fitur agar dapat melakukan scan barcode. Karena itu, untuk mengatasi keterbatasan fitur ini para pengguna bisa melakukan scan barcode dengan aplikasi atau memanfaatkan website menggunakan layanan scan.

Berikut adalah cara yang harus Anda lakukan untuk scan barcode di laptop dengan mudah. Anda sebagai pengguna laptop dapat memilih salah satu cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Cara Scan Barcode dengan Menggunakan Aplikasi


Alternatif pertama untuk melakukan scan barcode adalah dengan menggunakan aplikasi tertentu untuk scan barcode. Ada berbagai pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk scan barcode di laptop salah satu pilihannya adalah aplikasi CodeTwo QR Code Desktop.

Berikut adalah cara untuk menggunakan aplikasi ini di laptop, mulai dari cara pemasangan sampai penggunaannya.

  • Pertama, kita harus download dahulu aplikasi CodeTwo QR Code Desktop dari sumber resmi kemudian install hingga selesai.
  • Para pengguna juga bisa mendapatkan file download dari situs resmi aplikasi CodeTwo agar sumber download menjadi lebih aman.
  • Setelah file download didapatkan, pilih tempat penyimpanan untuk folder software. Setelah itu, install sesuai dengan petunjuk yang tersedia.
  • Buka aplikasi CodeTwo QR Code Desktop yang sudah terpasang di laptop.


cara scan barcode di laptop

- Para pengguna bisa melakukan scan desktop dengan mengarahkan barcode ke arah kamera yang ada di laptop.
- Para pengguna juga bisa melakukan scan dengan memasukkan foto barcode secara langsung melalui file manager.

Setelah proses scan Anda lakukan, aplikasi akan menampilkan website yang bisa diakses dari QR Code. Anda bisa langsung klik kode tersebut untuk pergi ke website yang menjadi tujuan QR Code. Anda juga bisa menyambungkannya dengan browser tertentu di laptop Anda.

2. Cara Scan Barcode Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan


Jika Anda tidak ingin repot-repot memasang aplikasi untuk melakukan scan barcode, Anda sebagai pengguna laptop juga tetap bisa melakukan scan barcode tanpa aplikasi. Caranya dengan memanfaatkan website atau situs yang menyediakan fitur ini.

Contohnya, seperti website Qrcodescan.in. Karena berbentuk layanan website, maka harus diakses dengan menggunakan browser. Berikut adalah cara untuk menggunakannya.

  • Buka browser yang sudah terpasang atau biasa digunakan pada laptop.
  • Pada kolom alamat masukkan alamat untuk mengakses Qrcodescan.in.
  • Para pengguna akan langsung ditunjukan tampilan seperti layar kamera, klik “Izinkan” untuk memulai menggunakan aplikasinya. 



- Para pengguna bisa melakukan scan dengan cara mendekatkan barcode ke arah kamera.
- Selain itu, para pengguna juga bisa melakukan scanning dengan memasukkan foto barcode dari file manager.

Setelah proses scan berhasil, website akan memunculkan serangkaian kode hasil scan. Anda bisa membuka tab baru kemudian melakukan pencarian berdasarkan kode tersebut. Maka, website yang disambungkan oleh QR Code akan muncul.

Baca juga : Aplikasi untuk Gandakan Aplikasi Lain di HP Android

Itulah cara scan barcode di laptop dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa menggunakan aplikasi. Anda sebagai pengguna laptop bisa memilih cara mana yang paling sesuai. Apa Anda ingin memasang aplikasi yang baru pada laptop atau tidak.