Cara Melihat CCTV di Komputer dengan Aplikasi CMS

cara melihat cctv di komputer
 

Jika Anda memang tinggal di daerah yang terbilang rawan kejahatan seperti maraknya pencurian, perampokan, dan berbagai tindak kejahatan lainnya, maka Anda sangat perlu memasang kamera pengawas. Setelah terpasang tentu saja kita harus tahu cara melihat CCTV di komputer dan menghubungkannya ke perangkat CCTV yang sudah Anda pasang.

Dengan menghubungkan CCTV pada komputer Anda sehingga bisa mendapatkan akses secara live, Anda akan lebih mudah memantau keamanan lingkungan di sekitar Anda. Anda juga akan menjadi lebih responsif jika sesuatu terjadi dan terekam oleh perangkat CCTV milik Anda.

Cara Melihat CCTV di Komputer


Anda bisa menyambungkan CCTV pada komputer dengan memanfaatkan aplikasi CMS. Aplikasi ini merupakan program yang paling umum digunakan pada sambungan CCTV sebab cara menyambungkannya cenderung lebih mudah. Berikut bisa Anda pelajari langkah yang bisa dilakukan.

  1. Download CMS dan install aplikasi pada komputer atau laptop Anda. Pastikan Anda mendownload dari situs resmi, sesuai dengan merek CCTV yang Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi CMS setelah proses install selesai.
  3. Login pada aplikasi CMS dengan akun yang Anda daftarkan pada kantor CCTV tempat Anda membeli CCTV.
  4. Masuk ke dalam opsi “DeviceManage” pada tampilan awal.
  5. Pilih opsi “Add Area”.
  6. Beri nama zona sesuai dengan keinginan Anda dan klik OK.
  7. Selanjutnya, pilih opsi “Add Device”.
  8. Masukkan informasi mengenai CCTV dalam kolom yang disediakan seperti IP Address, nama, dan password.
  9. Klik OK untuk menyimpan device yang sudah ditambahkan.
  10. Pilih device yang sudah dimasukkan pada daftar di CMS.
  11. Klik kiri dan aktifkan fitur 'Main Stream' pada device.
  12. Setelah sistem berubah menjadi online, maka tampilan CCTV akan muncul di layar Anda.


Anda bisa mematikan sistem online pada CCTV dengan memilih fitur 'Off Stream' pada device. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda ingin mengganti CCTV dengan perangkat yang baru atau saat Anda ingin memindah CCTV ke lokasi lain.

Selain fitur untuk memperlihatkan hasil rekaman CCTV secara live, CMS juga akan secara otomatis menyimpan hasil rekamanan CCTV dalam periode waktu tertentu. Anda bisa dengan bebas memutar kembali rekamanan yang sudah lalu dari CCTV milik Anda tersebut.

Cara Memutar Kembali Rekaman CCTV


Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, Anda kini bisa memutar kembali rekaman yang sudah tersimpan di CCTV dalam periode tertentu. Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan rekamanan lama dan memutar kembali rekaman yang Anda inginkan.

  1. Pertama Buka aplikasi CMS pada laptop Anda.
  2. Masuk ke tampilan live yang ditampilkan oleh CCTV dan terhubung oleh CMS.
  3. Scroll ke arah bawah untuk mencari opsi 'Playback'.
  4. Pilih Device yang ingin Anda tampilkan lagi rekamannya.
  5. Berikan tanda centang pada video yang ingin diputar ulang.
  6. Maka video akan muncul secara berurutan pada layar komputer.


Anda juga bisa menyimpan video dalam durasi tertentu pada memori komputer Anda. Cara ini akan sangat Anda perlukan, karena ada kalanya Anda harus mengambil rekaman dari CCTV Anda. Mungkin, sebagai bukti tindak kejahatan atau bukti penguat untuk laporan ke polisi.

Namun, perlu Anda ingat bahwa semua rekaman CCTV tidak bisa Anda simpan semuanya sekaligus. Karena itu, perlu pembersihan data secara berkala. Hal ini juga tergantung pada kapasitas penyimpanan komputer yang Anda gunakan dan hubungkan ke CCTV.

Baca juga : Cara Scan Barcode di Laptop Dengan dan Tanpa Aplikasi

Penutup
Itulah tadi cara melihat CCTV di komputer dan fitur untuk memutar kembali video yang sudah terekam. Keberadaan CCTV sekarang sangat vital bagi keamanan lingkungan Anda. Pastikan Anda memiliki akses untuk memantau dan memaksimalkan fungsi CCTV Anda.