7 Pakan untuk Kutu Air agar Cepat Melimpah (ngeboom) dan Tidak Gampang Mati

pakan untuk kutu air
 

Pakan untuk Kutu Air agar Cepat Melimpah - Tentunya bagi para penghobi ikan tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini, karena kutu air menjadi pakan yang sering diberikan untuk ikan yang baru menetas, dan ikan hias yang berukuran kecil. Namun tidak sedikit juga yang masih bingung bagaimana cara agar kutir cepat melimpah ketika diternak dan agar kutu air tahan lama ketika dipenampungan, karena hewan yang satu ini terkenal gampang mati, dan apabila sudah mati, tentunya ikan tidak akan mau memakannya.

Maka dari itu kali ini menitinfo.com akan memberikan ulasan mengenai bagaimana caranya agar kutu air tidak gampang mati dan apa saja makanan untuk kutir apabila ingin diternak supaya bisa melimpah terus atau sering disebut ngeboom.

Dibawah ini 7 pakan yang biasa kalian berikan untuk kutu air agar cepat melimpah (ngeboom).

1. Air lele


Pakan untuk Kutu Air agar Cepat Melipah
Air lele sudah terkenal sangat bagus untuk ternak kutu air, namun anda harus perhatikan air lele yang bagaimana yang bisa digunakan untuk ternak kutir, air lele yang bagus untuk ternak kutir adalah air lele yang sudah berwarna hijau tua atau bisa dikatakan sudah matang. Untuk membuat air lele cepat hijau, usahakan pakan yang diberikan untuk lele adalah pakan pelet yang mengandung protein tinggi, dan kolam lele mendapatkan sinar matahari langsung.

2. EM4 + Tetes Tebu

Dengan menambahkan em4 dan tetes tebu pada kolam kutir maka akan banyak micro organisme yang baik sebagai pakan kutu air, sehingga kutir akan cepat melimpah. Lebih baik jika air yang digunakan menggunakan air lele tentunya, namun pemberian em4 dan tetes tebu harus sesuai tempat yang digunakan untuk kultur kutu air.

Contohnya apabila menggunakan ember baskom anda hanya perlu menambahkan em4 setengah tutup botol dan tetes tebu setengah tutup botol, pemberian yang terlalu banyak akan menimbulkan permukaan air berminyak yang akan menghambat perkembangan kutir.

3. Kotoran Puyuh

Jika tetangga atau anda sendiri ternak puyuh, anda bisa memanfaatkan kotorannya untuk pakan, namun sebelum digunakan sebaiknya kotoran puyuh dijemur hingga kering terlebih dahulu, karena bila menggunakan kohe puyuh yang masih banyak agan mempercepat timbulnya kutu jet.

Baca juga : Cara Ternak Ikan Guppy untuk Pemula

4. Dedak

Agar kutir cepat ngeboom anda juga bisa memberi kutir dengan pakan dedak, caranya anda fermentasi terlebih dahulu dengan menggunakan em4 dan tetes tebu, dan yang diberikan hanya air fermentasinya, karena kutir hanya akan memakan sari sari dari dedak tersebut.

5. Air cucian Beras

Tentunya setiap hari ibu kalian membuat nasi kan?, nah kalian bisa memanfaatkan air cucian beras sebagai pakan untuk kutir. Kalian bisa fermentasi terlebih dahulu atau langsung diberiakan ke kutir Anda, namun pemberiannya juga harus di perhatikan karena apabila berlebihan permukaan air akan berlendir dan mempercepat adanya jentik nyamuk.

6.Tepung ikan (FENGLI)

Anda juga bisa berikan pakan kutu air anda dengan tebung ikan , anda bisa dapatkan di toko toko yang menjual pakan ternak, cara pemberiannya kalian tinggal tabur diatas permukaan kolam kutir anda. Namun apabila menggunkan tepung ikan usahakan sedikit saja karena bisa membuat kolam tercemar dan kutir mati masal.

7. Chlorella

Chlorella adalah ganggang hijau yang tumbuh di air, air yang mengandung chlorella biasanya memiliki warna hijau pekat. Kelebihan kultur dengan menggunakan chlorella adalah mudah dalam memperbanyak air chlorella itu sendiri.

Anda bisa dapatkan dengan membeli di online shop, karena sudah banyak yang banyak mejual , dan biasanya sudah lengkap dengan cara memperbanyaknya.chlorella sangat bagus untuk pakan kutu air karena kandungan nutrisi didalam air chlorella sangat banyak yang cocok untuk kutu air.

Lalu bagaimana Agar kutu air tahan lama di penampungan setelah panen atau beli.


Pakan untuk Kutu Air agar Tidak Gampang Mati

1. Usahakan jangan memakai air PDAM yang baru.


Air pdam yang baru biasanya mengandung kadar kaporit yang tinggi sehingga membuat kutu air gampang mati, apabila menggunakan air PDAM hendaknya diendapkan terlebih dahulu selama minimal 24jam.

2. Menggunakan air kolam ikan

Kandungan air kolam ikan biasanya sudah netral dari zat kimia, dan biasanya sudah mengandung makanan alami untuk kutu air sehingga kutu air dapat bertahan lebih lama.

3. Jangan gunakan wadah yang terlalu kecil

Penggunaan wadah yang terlalu kecil membuat kutu air akan menumpuk di dasar wadah sehingga mengakibatkan kutir cepat mati.

Itulah 7 pakan yang bisa anda berikan agar kultur kutu air anda cepat melimpah dan bagaimana agar kutu air tidak cepat mati Ketika dalam penampungan, semoga dapat menambah pengetahuan kalian ya.

2 komentar