7 Makanan Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Jika berkata mengenai kolesterol mungkin kamu akan berfikiran sebuah penyakit, tapi jangan salah dulu. Bawasannya semua orang pasti memiliki kolesterol dalam tubuh yang terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Yang bakal menimbulkan penyakit itu apabila kolesterol dalam jumlah lebih tinggi, itu baru berbahaya untuk kesehatan.

Salah satu makanan yang cepat menambah kolesterol yakni keika kita makan sate daging kambing terlebih pas hari raya kurban pasti banyak yang mengkonsumsinya. Kadar kolesterol terlalu tinggi yang utama pastinya dapat menyebabkan penyakit, hal tersebut karena terjadi penyumbatan aliran darah.

Bagi mereka yang telah mengalami kadar kolesterol tinggi mungkin akan memeriksakan diri ke klinik atau puskesmas kemudian diberikan obat. Memang dengan pergi ke dokter merupakan salah satu penanganan yang tepat, namun apakan kalian akan tetap mengandalkan obat-obatan supaya kolesterol menurun.

Sebenarnya kita bisa dengan merubah pola makan sehat dengan bahan makanan alami yang mampu menurunkan kolesterol. Gaya hidup sehat juga perpengaruh seperti tidak merokok, olahraga teratur, menjaga berat badan dan makan makanan sehat. Kita bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengonsumsi beberapa makanan alami berikut ini.

1. Kacang

 

makanan alami menurunkan kolesterol

Beberapa pakar kesehatan telah menyarankan pada kita semua untuk mengonsumi kacang karena cukup ampuh menurunkan kolesterol, kita bisa konsumsi kacang segenggam tiap harinya. Berbagai macam jenis kacang mampu menurunkan kolesterol seperti kacang tanah, kacang almond, kacang kenari, kacang kedelai, kacang hijau serta kacang merah.

Tapi jangan asal mengkonsumsi kacang, karena yang terbaik adalah olahan kacang bukan digoreng tetapi kacang rebus atau panggang. Kacang mengandung protein dan karbohidrat bisa memberi anda kenyang juga menjaga berat badan tetap ideal.

2. Anggur Merah


Buah yang satu ini ternyata memiliki manfaat menurunkan kolesterol yang baik untuk kesehatan. Bagi orang yang mempunyai kolesterol tinggi berdasarkan penelitian di salah satu Universitas Spanyol, setelah mengkonsumsi Anggur merah, dengan demikian kolesterol akan menurun hingga 12%.

Baca juga :
- 9 Makanan Alami Mengandung Protein yang Tinggi
- Khasiat Kunyit untuk Kecantikan hingga Obat Kanker

3. Gandum (Oat)


Bahan lainnya yang mampu menurunkan kolesterol adalah gandum atau oatmeal (Oat). Dari kesehatan telah menyarankan pada kita, supaya kadar kolesterol kita menurun konsumsilah semangkuk gandum untuk sarapan pagi. Hal tersebut karena kandungan serat dalam gandum sebagai penurun tingginya kolesterol.

4. Ikan Salmon


Jika kalian lebih suka konsumsi daging ikan, maka salmon adalah pilihan yang tepat untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Kandungan minyak omega-3 pada Salmon terbukti mampu menangkal berbagai penyakit seperti jantung, demensia, kolesterol tinggi dan yang lainnya.

5. Teh Hitam


Untuk konsumsi minumannya kalau tdinya kamu suka kopi, coba sedikit demi sedikit kalian ubah dengan teh hitam. Kedengarannya memang lebiah sederhana, namun kenyataannya mampu mengurangi penyakit jantung koroner serta melawan kanker.

6. Buah Alpukat

 

image source: piqsels.com
 
Setelah Anggur Merah ada satu buah lagi yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh, yaitu Alpukat. Digadang-gadang buah alpukat mengurangi kolesterol langsung dari makanan yang kita konsumsi. Tapi kalian juga tak perlu banyak-banyak konsumsinya karena alpukat juga kadar lemaknya cukup tinggi.

7. Bayam


Sedangkan kalau kamu lebih suka konsumsi sayuran hijau maka Bayam akan membantu kamu menurunkan kolesterol. Selain itu bayam juga bisa menjaga kesehatan mata. Kamu bisa membuat rebusan daun bayam secara rutin untuk menurunkan kolesterol agar bisa dengan cepat berkurang. Dan itulah 7 makanan alami penurun kolesterol yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat.

Akhir kata
Berobat supaya bisa menurunkan kolesterol memang tepat kita lakukan, tapi lebih penting lagi dengan diimbangi pola makan sehat. Seperti yang sudah disampaikan itu hanya beberapa saja, masih banyak bahan alami lainnya yang berguna menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Jadi selama kita mau berusaha, niat dengan sungguh-sunguh pasti ada jalan keluarnya dalam menangani setiap masalah penyakit.

Add Comments


EmoticonEmoticon