5 Cara Mencageh Tumbuh Uban di Usia Muda secara Alami

cara mencegah tumbuh uban

Uban adalah sesuatu yang ingin kita hindari atau tutupi, namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai uban dan bagaimana menanganinya. Ada yang mengatakan bahwa mencabut hanya akan membuat uban semakin banyak.

Menurut seorang pakar trikologi, Elizabeth Cunnane Phillips, mitos ini tidak masuk akal, namun mencabutnya akan membuat folikel rambut menjadi rusak.

Uban terjadi karena hilangnya pigmen, sehingga menyebabkan warna rambut berubah. Jadi diperlukan untuk perawatan uban yang lebih. Karena rambut uban bersifat agak kasar, sehingga dibutuhkan perawatan untuk mendapatkan kilau dan kelembutannya kembali. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini banyak produk perawatan yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi rambut Anda.

Jika Anda masih muda dan memiliki rambut abu-abu, itu bisa disebabkan karena kurangnya Vitamin B. Utah School of Computing melaporkan bahwa, uban dapat dikaitkan dengan kurangnya asam pantotenat.

Asam pantotenat adalah komponen Vitamin B5, yang telah digunakan dalam mewarnai rambut, sehingga Vitamin B kompleks bisa membantu.

"Hati-hati jika Anda perokok"
Berhati-hatilah jika Anda saat ini masih gemar menghisap rokok, karena merokok dapat dikaitkan dengan uban yang terjadi di usia muda. Jadi, bukan hanya bagi kesehatan, namun rambut pun terkena dampaknya.

Uban bukan berarti Anda mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan teman-teman Anda, itu hanyalah mitos. Penuaan adalah penyebab paling umum dari uban, tapi itu bukan alasan satu-satunya.

Genetika memainkan peran besar dalam uban di usia dini. Jadi, jika Anda sudah melihat uban, orang tua Anda mungkin mulai mendapatkan uban di sekitar pada usia yang sama.

Anda dapat menyembunyikannya dengan pewarnaan yang dapat Anda konsultasikan dengan penata rambut Anda, sehingga dapat menyesuaikan dengan jenis rambut Anda dan tidak membuat kerusakan pada akar rambut.

5 Cara Mencegah Uban di Usia Muda secara Alami


1. Menggunakan Telur Ayam Kampung


Pertama-tama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya,

- Putih telur ayam kampung : 3 butir
- Air bersih : 1/2 gelas
- Garam halus  : 1/2 sendok teh

Cara membuatnya :
Putih telur dicampur dengan air bersih dan diaduk sampai rata
Masukkan garam halus sambil diaduk.

Cara pemakaiannya :     
Kurang lebih 2-3 jam sebelum keramas, rambut dicuci dengan ramuan di atas sampai pada bagian pori-porinya. Hal itu dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.


2. Dengan Minyak Esensial


Dari beberapa sumber, bahwa beberapa minyak esensial dapat meningkatkan tekstur juga kesehatan rambut yang beruban. Yang pertama minyak kelapa dapat bermanfaat untuk mencegah hilangnya keratin juga akan memperkuat akar rambut. Kemudian bisa pakai minyak kemiri akan membantu menyuburkan dan menjadikan rambut lebih hitam. Lalu minyak almond bisa mencegah tumbuhnya uban di usia muda serta memberi kilau rambut Anda.

3. Pakai Teh Hitam


Sudah dari turun-temurun kalau teh hitam diyakini dapat membantu rambut kita terlihat lebih gelap, lembut, juga mengkilap. Bagi sebagian orang yang lagi fokus ke urusan politik, mungkin balum tahu akan hal ini. Bagi kalian yang sedang mencari solusi menghilangkan uban secara alamai, maka perawatan ini perlu dicoba.

Penerapannya cukup mudah, cukup siapkan 3-5 sendok teh hitam yang disaring dengan satu gelas air panas. Kalau sudah dingin, gunakan air teh untuk keramas dan biarkan selama kurang lebih satu jam baru setelah itu dibilas dengan air bersih.

Walau sudah rutin menerapkan ramuan alami untuk mencegah tumbuhnya uban, kebiasaan yang dapat memicu kerusakan rambut pun harus diperhatikan, antara lain;

4. Berhenti Melakukan Kebiasaan yang Merusak Rambut


Kebiasaan yang bakal memicu kerusakan rambut kita perlu dihindari bahkan sebaiknya dihentikan. Ini juga menjadi upaya merawatk kesehatan rambut seperti hanya tidak menggunakan sisir terlalu rapat ketika rambut masih basah. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut, dan juga tidak terlalu sering keramas sebab tidak baik untuk kesehatan rambut.

5. Berhenti Merokok


Memang ya bagi pecandu rokok akan sangat sulit ketika disuruh berhenti. Tapi tahukan kalian, rokok selain tidak baik untuk kesehatan tubuh bahwa merokok akan merusak serta mengecilkan folikel rambut. Dengan kita mengurangi bahkan syukur berhenti, itu bisa menjadi salah satu upaya mencegah tumbuh uban di usia muda.

Penutup

Itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan mengenai cara mencegah tumbuhnya uban secara alami yang bisa kita bagikan, semoga bermanfaat.