25 Okt 2015

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Obat Herbal


 Setelah mengetahui manfaat dan khasiat dari kulit manggis, sekarang bagaimana cara mengolah kulit manggis menjadi obat herbal.

Ada beberapa cara dalam mengolahnya mulai dari dibuat jus, direbus dan dikeringkan sampai dengan cara ditumbuk. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan biaya yang murah. Salah satu khasiat dari kulit manggis yang mungkin belum bnyak orang mengetahui adalah untuk obat kanker.

Jika mungkin anda tidak memiliki luang waktu yang banyak, sebenarnya bisa diperoleh dari toko kesehatan atau toko online olahan kulit manggis yang sudah siap dikonsumsi. Akan tetapi untuk menghilangkan rasa keraguan keasliannya kita bisa membuat ramuan sendiri, berikut cara mengolah ulit manggis.

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjdai Obat Herbal

1. Dibuat Jus, caranya kerok kulit buah manggis, taruh dalam blender kemudian campurkan air satu gelas dan tambahkan gula secukupnya agar rasanya menjadi manis, lebih baik anda gunakan gula merah/gula jawa. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pait, setelah itu blender sampai halus. Kemudian minum dengan rutin setiap 2 kali sehari.

2. Dibuat Teh Kulit Manggis, caranya mula-mula keringkan kulit manggis di bawah sinar matahari, dimana sebelumnya kulit buah dipotong-potong dalam ukuran kecil supaya cepat kering. Penyimpanan kulit kering ini harus di tempat bersih dan tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan kesehatan.
Cara penyajiannya : seduh kulit manggis kering menggunakan air panas lalu minum selagi hangat seperti anda menikmati secangkir teh.

3. Direbus dan dikeringkan, caranya ambilah satu genggam kulit buah manggis yang sudah dikeringkan kemudian rebus dengan segelas air, tunggu beberapa saat hingga kulit manggis tersebut menjadi layu. Setelah layu ambil rebusan kulit manggis tersebut kemudian pakailah untuk membuat jus dan campur dengan buah lainnya.

4. Dengan cara ditumbuk, caranya hampir sama dengan cara diatas, yakni keringkan kulit buah manggis, kemudian setelah kering ambil kulit manggis secukupnya lalu tumbuk hingga menjadi serbuk yang halus. Sementara itu untuk membuatnya menjadi obat, ambilah serbuk dari kulit manggis tersebut kemudian campurkan dengan jus/seduh dengan air yang panas kemudian tambahkan madu biar rasanya tidak pahit.

Itulah cara mengolah kulit manggis menjadi obat herbal yang bisa kami sampaikan. Sangat simple dan hemat biaya tentunya dari pada harus membeli. Semoga bisa menambah pengetahuan kita untuk digunakan dalam menjaga kesehatan kita sehari-hari.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon