Lagu-Lagu Indonesia yang Memiliki Kisah Misteri

Sudah tahukah kamu apa itu lagu? Menurut wikipedia, lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan (mengandung irama). Dan ragam nada atau suara yang berirama disebut juga dengan lagu.

Lagu dapat dinyanyikan secara solo, berdua (duet), bertiga (trio) atau dalam beramai-ramai (koir). Perkataan dalam lagu biasanya berbentuk puisi berirama, namun ada juga yang bersifat keagamaan ataupun prosa bebas. Lagu dapat dikategorikan pada banyak jenis, bergantung pada ukuran yang digunakan.

Namun bagaimana dengan lagu-lagu Indonesia yang dianggap memiliki kisah misterius? Saking banyaknya jenis lagu, tidak jarang ada beberapa lagu dari seluruh dunia yang memiliki kekuatan magis yang dapat mempengaruhi pendengarnya. Bahkan lagu barat pun ada yang konon bisa mengarahkan pada tindakan mengerikan, seperti lagu 'Gloomy Sunday' yang terkenal sebagai lagu pengantar bunuh diri.

Walaupun sudah dibilang misterius tapi ada salah satu lagu yang masih banyak disukai dan populer sampai sekarang, Anda pun mungkin menyukainya. Kira-kira lagu apa saja yang dianggap misterius? Berikut kita rangkum ada 10 lagu Indonesia yang menyimpan kisah misteri. 
 
lagu yang misterius

1. Lingsir Wengi 
 
Lagu ini sudah terkenal di telinga orang Indonesia sebagai salah satu lagu dengan lirik horor. Pasalnya lagu ini dipercaya sebagai alunan musik yang mengiring kata-kata dan kalimat sebagai pemanggil arwah. Lagu ini bukanlah sembarang lagu karena menggunakan aturan pembuatan syair dalam salah satu jenis macapat atau lagu Jawa yaitu Durma. Durma sendiri merupakan lagu yang tujuannya memang untuk memanggil arwah atau berhubungan dengan mereka yang ‘hidup’ di dunia lain. 
 
Lagu Lingsir Wengi pernah digunakan sebagai salah satu soundtrack film horor Indonesia. Kabarnya lagu ini digunakan bukan sebatas sebagai pendukung film namun ada maksud lain. Saya pernah mendengar lagi ini pada malam hari ketika lagi bareng sama teman, memang rasanya merinding apalagi sendirian.

2. Takdir 
 
Diketahui bahwa lagu ini muncul di saluran YouTube pada tahun 2012 dan beberapa pihak memberikan kesaksian bahwa lagu ini dapat mempengaruhi mental dan perilaku pendengarnya. Beberapa orang bahkan mengakui mengalami hal-hal aneh ketika mencoba mendengarkan lagu ini. Pada awal lagu terdengar suara berdenging dan di sinilah kesaksian para pendengarnya yang mengaku mendengar suara misterius seperti suara langkah yang tidak jelas dari mana asalnya.

3. Malam Satu Suro 
 
Lagu Malam Satu Suro terkenal melalui sebuah film yang dibintangi oleh aktris senior, yakni mendiang Suzanna. Lagu ini masih sering dicari dan didengarkan oleh banyak orang meski motifnya adalah rasa penasaran terhadap lirik dan musiknya. Konon katanya lagu ini pun disinyalir sebagai lagu pemanggil arwah, serem sekali bukan.

4. Nina Bobo  
 
Meski sering dinyanyikan sebagai lagu pengantar tidur bagi anak-anak, ternyata lagu ini menyimpan kisah yang memilukan sekaligus mistis. Nina awalnya adalah nama seorang anak kecil. Setiap hendak tidur sang Ibu selalu menyanyikan lagu ini untuk mengantarnya tidur. Suatu saat anak ini meninggal dan membuat sang Ibu depresi. Rasa tertekan yang dialami Ibunya begitu besar hingga sang Ibu masih kerap menyanyikan lagu ini seolah sang anak masih ada dan hendak tidur. Kabar yang beredar bahwa bila menyanyikan lagu ini selama 3 kali berturut-turut dalam suasana hening dan gelap, yang menyanyikan bakal didatangi oleh sosok arwah Nina.

5. Shepia 
 
Mendengar lagu yang kondang dari grup band Sheila on 7, ini mungkin kita tidak menyangka adanya kisah mistis di balik pembuatannya. Liriknya tidak menggambarkan sesuatu yang misterius. Namun kisah dibalik tersusunnya kata dan kalimat diiringi musik band yang epic ini cukup menyeramkan. Eros, sang vokali band SO7 pernah mendapatkan sebuah telepon dari fans yang mendapatkan nomornya dari sesama fans SO7. Eros pernah mencari keberadaan Sephia ini dan memang ia menemukan bahwa salah seorang fansnya ternyata ada yang bernama Sephia. Dan faktanya kalau Sephia ternyata sudah meninggal 2 bulan sebelumnya.

6. Jauh 
 
Lagu ini pertama kali muncul di YouTube pada tahun 2007 dan diklaim oleh beberapa pihak, salah satunya adalah Caramel Band. Kisah misterius lagu ini terletak dalam pembuatannya, lirik, serta pengaruh pada pendengarnya. Lagu ini ceritanya diciptakan oleh seorang perempuan bernama Gaby yang cukup tertekan akibat kematian sang kekasih akibat kecelakaan lalu lintas. Kemudian sosok Gaby ini menciptakan lagunya, menyanyikan, hingga merekamnya. 
 
Cerita yang beredar, Gaby mengakhiri hidupnya setelah merekam lagu buatannya. Beberapa cerita yang diakui oleh para pendengarnya adalah adanya dorongan untuk segera mengakhiri hidup ketika mendengarkan lagu ini.

7. Kukatakan Dengan Indah 
 
Peterpan cukup membuat lagu ini booming dan diminati oleh para penggemarnya. Kukatakan dengan Indah cukup dikenal dan diterima para penggemarnya dan tak jarang menempati posisi teratas dalam tangga lagu pop. Bahkan hingga saat ini lagu ini masih kerap diputar dan dikenang oleh para penggemar band Peterpan yang sudah berganti nama menjadi NOAH Band.

Lirik dan alunan musiknya tidak mencerminkan adanya sesuatu yang mistis atau aneh. Namun bila Anda mencoba mendengarkannya ketika Ariel, sang vokalis, menyanyikan lirik “Kukatakan dengan indah…” ada suara perempuan yang turut terekam. Meski telah melakukan remake beberapa kali, suara tersebut tidak pernah hilang hingga akhirnya pihak produser serta Peterpan membiarkan rekaman tersebut dan merilisnya tanpa mengubah lagi. 
 
Konon yang menjadi kepercayaan adalah hal ini terjadi karena Peterpan melakukan rekaman di studio yang pernah digunakan oleh mendiang Nike Ardilla melakukan rekaman lagunya. Maka dari itu Ariel selalu mengarahkan mic kepada penonton ketika menyanyikan lagu ini terutama pada kalimat tersebut.

8. Kenangan Terindah 
 
Lagu yang dibawakan oleh grup musik Samsons ini tidak menunjukkan secara eksplisit adanya sesuatu yang mistis atau aneh. Namun seseorang telah mencoba untuk membalik pita suaranya yang mendapati rekaman suara-suara yang menghujat Tuhan. Metode ini beberapa kali digunakan di luar negeri dan dikenal dengan sebutan ‘black-mask message’.

9. Menanti Kekasih 
 
 
Lagu tersebut kondang oleh penyanyi cantik almarhum Alda Risma yang diketahui telah meninggal di sebuah hotel akibat overdosis. Hal yang menjadikan lagu ini mistis adalah diketahui kalau lagu tersebut selesai direkam 3 hari sebelum Alda Risma ditemukan tewas. Padahal hasil otopsi menyatakan bahwa Alda Risma telah meninggal selama 7 hari.
 
10. Boneka Abdi 
 

Yang ke sepuluh, lagu ini dikenal sebagai salah satu lagu anak di Jawa Barat meskipun aslinya merupakan sebuah lagu dari Jerman yang berjudul 'Hanschen Klein'. Boneka Abdi menceritakan tentang seorang remaja yang meninggalkan orang tuanya dan kembali dalam keadaan sebagai orang dewasa yang sudah mapan. 

 

Memang liriknya tidak mencerminkan sesuatu yang misterius namun ketika lagu ini dijadikan soundtrack salah satu film horor Indonesia, berbagai mitos tersebar. Mitos yang cukup dikenal mengenai lagu ini adalah lagu Boneka Abdi merupakan lagu pemanggil kuntilanak dan dipercaya bahwa yang menyanyikan lagu ini akan mendapati kuntilanak berada di hadapannya. Belum pernah ada laporan dari orang yang pernah mencoba mitos ini. Apakah kamu berani mencobanya?


Jadi lagu apa saja yang menjadi kesukaan kamu dari 10 lagu yang dianggap misterius di atas. Kalau saya Kukatakan dengan Indah, dan tidak pernah tahu sebelumnya kalau lagu ini menyimpan kisah misterius.