12 April 2017

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card (Kartu Memori)


Untuk memindahkan sebuah aplikasi Android ke microSD atau memori eksternel, kita ketahui kalau untuk Os versi dibawah 5.0 banyak yang mengeluh karena tidak bisa memindahkan aplikasi yang telah didapatkan melalui Play Store untuk dipindah ke memori eksternal. Memang guna mengurangi beban pada SD Card yang sudah menipis ruang penyimpanannya salah satu cara adalah dengan dipindahnya sebagian aplikasi dari memori internel ke eksternal.

Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card
Keuntungan lain setelah kita bisa memindahkan aplikasi adalah performa perangkat amartphone atau tablet kita akan terasa lebih cepat kinerjanya dan tidak lemot lagi.

Mungkin bagi sebagian anda yang pintar dalam hal root android, tentu melakukan hal ini (memindahkan aplikasi ke SD Card) akan sangat mudah meski versi android yang anda gunakan masih dibawah Lollipop. Akan tetapi bagi anda yang belum berani melakukan root jangan khawatir anda tetap bisa melakukan pemindahan aplikasi melalui cara berikut. Karena melakukan root bagi yang belum paham akan menimbulkan resiko buruk terhadap perangkat serta apabila terjadi hang mengakibatkan garansi smartphone jadi hangus.


Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card tanpa ROOT
1. Nyalakan ponsel anda, masuk ke Settings(pengaturan) > Manage Aplications(apliksai) > Pilih aplikasi yang ingin dipindah dengan menyentuhnya.

Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

2. Berikutnya setelah anda memilih salah satu aplikasi, kemudian klik tombol Move to SD Card(Pindahkan ke Kartu SD). Mungkin akan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindah, seperti aplikasi bawaan ponsel.


 Apabila anda memakai Android v6.0
- Buka menu Settings di perangkat Android kamu, dan cari menu Apps.
- Klik menu Apps dan akan ditampilkan daftar aplikasi apa yang sudah ter-install di smartphone atau tablet.
- Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke microSD, dan klik Storage & USB.


Langkah-langkah tersebut saya lekukan menggunakan Sony Xperia, mungkin ada beberapa perangkat yang tidak tersedia tombol pemindahan aplikasi seperti yang telah dijelaskan. Dan juga bagi kalian yang masih menggunakan android versi dibawah 5.0 mungkin cara ini tidak berpengaruh sama sekali, dan solusinya coba anda gunakan cara berikut ini.

Cara ke-2
Cara berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama APK Extractor. Dengan aplikasi tersebut anda dapat meng-extract hampir semua jenis aplikasi, termasuk aplikasi sistem yang telah anda install melalui Play Store lalu kemudian bisa dipindahkan ke memori eksternal. Kelebihan lain setelah aplikasi di ektract hasilnya akan menjadi sebuah file mentah yang nantinya bisa kita bagikan dengan teman melalui bloetooth.
Download APK Extractor | via Play Store

1. Silahkan setelah anda menginstal aplikasinya, berikutnya buka aplikasi APK Extractor maka aplikasi akan melakukkan loading selama beberapa detik untuk melakukkan scanning aplikasi yang ada. Kemudian anda akan dihadapkan pada daftar aplikasi yang berada dalam perangkat android anda.

2. Silahkan dipilah apliksi yang ingin anda extract dengan meng-klik satu kali saja. Disini saya coba melakukan eksekusi pada aplikasi BBM, setelah itu hasilnya bisa kalian lihat di folder ExtractedApks yang berada di memori internal.


3. Setelah itu aplikasi yang telah anda extract bisa dipindahkan dari memori internal ke memori eksternal (SD Card)

Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

4. Supaya beban memori internel anda berkurang, sebaiknya hapus aplikasi yang telah anda extract, kemudian intal kembali aplikasi melalui file mentahnya yang sudah berada di SD Card.

Dengan memanfaatkan APK Extractor ini, kita bisa melakukan back up aplikasi penting ke SD Card apabila suatu saat kita mau ganti smartphone maka aplikasi yang dulu dipakai dapat diinstal kembali tanpa harus download ulang, asalkan file mentahnya sudah anda simpan ke kartu memori.
Demikian cara melakukan pemindahan aplikasi dari memori internel ke SD Card, semoga informasi ini dapat membantu anda. Jangan lupa bagikan artikel ini pada teman anda, terima kasih.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon