14 Jul 2017

Tips Menghemat Kuota Data Internet di Android 99% Ampuh


Tips Menghemat Kuota Data Internet di Android

Meski sekarang ini jaringan WiFi telah banyak yang memasangnya dan ada pula yang dibebaskan untuk umum, terutama daerah perkotaan atau tempat-tempat tertentu. Ponsel Android merupakan salah satu perangkat seluler yang selalu membutuhkan jaringan internet serta kadang banyak menghabiskan data internet karena kita membuka sebuah aplikasi yang boros kuota. Jadi dengan smarphone Android yang bisa kita bawa kemana kita pergi akan praktis dan selalu bisa berinternetan dimanapun kita berada asal ada jaringan.

Ketika kita mengandalkan sebuah kuota data internet yang dibatasi, sebisa mungkin untuk menghemat kuota agar tetap bisa browsing, chatting, dan lainnya melalui Android. Apalagi sekarang ini semakin cepat jaringan internet semakin mahal pula harga yang ditawarkan kepada konsumen. Sedangkan kalau beli yang murah dan kuotanya banyak jaringannya tidak setabil, kirim pesan loadingnya lama apalagi buat browsing.

Ada beberapa tips atau cara untuk menghemat kuota dengan seminim mungkin yang bisa kita terapkan khususnya di smartphone Android. Mulai dari menghindari aplikasi yang banyak memakan kuota, hingga mencegah aplikasi auto start yang menyebabkan kuota cepat habis padahal tidak digunakan.

Tips Hemat Data Internet di Android
1. Pertama Kita Bisa Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data)
Kalau Android anda benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data di background alias latar belakang.
Untuk membatasinya anda bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga titik di kanan atas > Restrict background data > OK.
Tips Menghemat Kuota Data Internet di Android

Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah nantinya notifikasi datangnya jadi terlambat.

2. Cek aplikasi yang paling banyak menyedot kuota data Internet
Ada aplikasi bahkan banyak yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Oleh karena itu kita wajib tahu aplikasi apa yang memuncaki klasemen teratas paling banyak menghabiskan data.
Caranya anda bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data. Solusinya anda bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

Misal : Jika kalian sering menggunakan aplikasi Facebook, coba ganti dengan Facebook Lite.

3. Non-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak diinginkan
Salah satu cara menghemat kuota data adalah menon-aktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak anda pakai secara berkala. Untuk memulainya, anda bisa masuk ke menu Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin anda sinkronisasikan. Hal ini akan menghemat kuota data anda karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung ke internet.

4. Setting Browser Google Chrome
Jika kalian sering menggunakan browser Chrome untuk browsing, mulai sekarang coba anda setting Data Saver untuk memotong penggunaan kuota data dengan mengaktifkan fitur Data Saver kalau ternyata masih Off.
Untuk mengaktifkan fitur ini anda bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data anda hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android.

5 Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya
Kalian bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan anda peringatan saat pemakaian data anda sudah melampaui batas. Ketika fitur ini diaktifkan pada batas tertentu, setelah data internet mencapai batas maksimum maka data segera mati secara otomatis.
Untuk mengaktifkannya anda bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.
Tips Menghemat Kuota Data Internet di Android

6. Ubah setting update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi
Jika kalian menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka HP akan meng-update secara otomatis aplikasi yang telah terinstal di ponsel apabila ada pembaruan update terbaru. Update yang ditawarkan aplikasi akan memakan kuota yang besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only.

Dengan demikian aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan jaringan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.
Tips Menghemat Kuota Data Internet di Android

Kurang lebih demikian bagaimana kita bisa menghemat data internet di ponsel Android, dengan menerapkan tips-tips tersebut setidaknya akan menghemat data 50% dari pada biasanya. Misalkan tadinya 1 GB hanya untuk satu mingga bisa jadi bertahan hingga paling tidak 10 hari lebih.
Kalian punya cara lain untuk menghemat kuota paket data? Silahkan berbagai melalui kolom komentar.
Sumber: jalantikus.com

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon