14 Des 2017

8 Cara Ampuh Menyembuhkan Masuk Angin Secara Alami



Memasuki musim penghujan tidak sedikit orang yang mengalami masuk angin baik itu yang sudah sering alami atau yang baru merasakan. Mungkin bagi meraka yang kondisi tubuhnya kebal terhadap masuk angin, bukan berarti itu menjadi jaminan terhindar dari penyakit selama musim hujan.

Coba deh kalian amati lingkungan sekitar, apakah selama musim hujan orang-orang hanya terkena masuk angin. Tentu saja tidak bukan..? Saat musim hujan tiba biasanya penyakit yang rawan mnyerang manusia selain mauk angin adalah Flu, Pilek dan juga Batuk.

Ketahui Gejalanya Terlebih Dahulu
Setiapp musim hujan, dan setiap tahun masuk angin bisa dibilang sudah kita kenal secara turun temurun sehingga ada sebagian orang mungkin ini penyakit ringan. Tetapi itu tergantung siapa yang mengalami, kalau orang dewasa mungkin iya, namun kalau anak-anak biasanya bebannya akan menjadi dua yakni dengan ibunya.

Gejala umum ketika kita mulai terserang masuk angin antara lain : badan terasa kurang enak, kedinginan, meriang, sakit kepala, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dan merasa lelah.

Ciri-ciri berikutnya ketika kalian mengalami masuk angin ditunjukan melalui gejala seperti demam, perut kembung, sering bersendawa, sakit perut, sering buang angin berbau, diare, dan bahkan badan pegal-pegal. Jika kamu sudah mengalami gejala masuk angin semacam itu, sebaiknya obati secepatnya baik minta bantuan orang lain maupun melakukan sendiri.

Bagi yang sudah terbiasa mengandalkan obat masuk angin, mungkin setelah terasa gejalanya akan segera mencari dan membelinya di apotek tersekat. Tapi dengan mengandalkan obat terus-menerus tentu menjadi kebiasaan yang buruk, terlebih tidak baik untuk kesehatan jangka panjang.

Cara Menyembuhkan Masuk Angin Secara Alami

Untuk itu kalian bisa terapkan beberapa tips berikut untuk menyembuhkan masuk angin dengan cara atau bahan alami.

1. Dengan Air Jahe
Jahe yang bisa kita peroleh dari warung terdekat atau ambil di kebun kalau ada, bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masuk angin. Jahe termasuk rempah tradisional yang dapat membantu menghangatkan tubuh, mengatasi kembung, dan melancarkan sirkulasi darah.

Cara membuatnya cukup parut jahe secukupnya, siapkan air rebus lalu masukan jahe kedalam air rebus yang sudah mendidih. Kemudian yang terakhir saring air jahe yang sudah direbus dan
kamu bisa menambahkan gula secukupnya supaya supaya tidak terlalu pedas.

2. Minyak Kayu Putih
Aromanya yang khas dan cukup menyejukkan, biasanya digunakan untuk urut badan seperti ketika mengalami sakit otot perut. Selain itu ternyata minyak kayu putih juga mampu sembuhkan masuk angin. Kamu cukup mengoleskan minyak kayu putih secara merata ke bagian perut, leher, belakang leher, kening, dan bagian lain. Jangan lupa beri pijatan lembut selama 5 menit agar minyak meresap.

3. Dengan Bawang Merah / Bawang Putih
Selain menggunakan minyak kayu putih, dengan bahan tradisional yang mudah kita dapatkan yakni bawang bisa dimanfaatkan untuk atasi masuk angin. Kalau bawang merah untuk anak-anak, caranya cukup menghaluskan bawang merah, lalu oleskan merata ke bagian perut, dada, dan sekitar leher si kecil.

Untuk orang dewasa menggunakan bawang putih dengan cara mengkonsumsinya dalam keadaan mentah maupun dengan campuran masakan.

4. Rebusan Daun Pepaya
Meski pahit, siapa sangka daun pepaya juga memiliki khasiat buat atasi masuk angin. Kalian cukup merebusnya dengan air, lalu hasil rebusan kalian saring dan minum airnya selagi masih hangat.

5. Madu dan Teh Lemon
Yang ini sepertinya lebih enak dari pada daun pepaya, madu dan teh lemon yang memiliki rasa cukup nikmat memiliki kandungan nutrisi lengkap yang bisa meningkatkan sistem imun dan regerenasi sel tubuh.

Cara Penyajian :
Masukan madu dan perasan air lemon kedalam teh hangat, hasilnya kalian konsumsi sebelum tidur dan rasakan perbedaannya ketika bangun nanti. Jangan lupa lakukan secara rutin hingga terasa khasiatnya.

6. Makan Sup Ayam Pangat 
Selain rasanya yang lezat, sup ayam ampuh sebagai obat masuk angin. Di saat masuk angin, mau makan apapun tidak selera, lidah terasa pahit. Sup ayam ditambah sayuran menjadi makanan alternatif yang sehat sekaligus menyembuhkan.

Selain mempunyai kandungan protein yang sangat baik sebagai pemulih tenaga juga mempunyai sifat yang menghangatkan. Kuah sup yang hangat akan membantu menetralkan perasaan mual dan juga rasa dingin.

7. Dengan Ubi Merah
Ubi merah sangat jarang dikonsumsi masyarakat modern sekarang ini, padahal mengandung berjuta manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu manfaat dari ubi merah adalah mampu mengobati masuk angin saat musim penghujan.

Cara membuat ramuannya :
- Kupas dan cuci bersih satu ubi merah.
- Rebus bersama dengan bahan lain seperti jahe merah, 8 butir kapulaga, 8 butir merica, gula merah, 4 butir cengkeh, dan bubuk kayu manis seperlunya.
- Setelah mendidih, saring dan ambil air rebusannya saja.
- Konsumsilah air rebusan tadi selangi masih hangat.
➧Baca juga : 7 Penyakit Berbahaya Kerena Air Tercemar

8. Kerokan
Bisa dikatakan ini menjadi andalan bagi setiap orang dewasa hingga orang tua yang mengalami masuk angin. Saat dikerok tubuh akan menghasilkan zat alami thiamin yang sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit.

Metode ini dilakukan dengan cara mengoleskan balsem atau minyak kayu putih, kemudian mengeroknya dengan koin pada bagian punggung dan leher sampai kulit berubah warna menjadi kemerahan.

Penutup
Silahkan dicoba resep alami sembuhkan masuk angin yang menurut kalian paling mudah dijangkau, rasakan khasiatnya hingga sembuh. Namun jika sakit tak kunjung sembung segera konsultasi dengan dokter, terima kasih.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon