Resep Masakan Ikan Bawal Goreng Asam Manis


Ikan bawal atau dikenal pula sebagai ikan Marukoban, merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tak kalah lezat buat dikonsumsi. Meskipun bila dibandingkan dengan  yang lain seperti tuna lele, ia masih kalah soal rasa.

Namun bagi kamu yang mengaku pecinta kuliner, rasanya belum lengkap jika tak ikut mencicipi kelezatannya. Dikenal dua macam warna, yakni yang berwarna sedikit bersih putih keabu-abuan dengan hitam. Rasa gurih didapat dari lemak yang menempel pada kulit, sama persis yang terjadi pada ikan lele.

Pada umumnya cara mengolahnya cukup terbatas, tak bisa dibuat model masakan lain yaitu dibakar atau digoreng. Tapi dalam Resep Masakan Ikan Bawal Goreng Asam Manis ini, sedikit akan dibuat beda. Yaitu mengenai bumbu pelengkap, sebagai penyertaanya supaya makin nikmat saat nanti.

Penasaran gimana cara bikinnya, berikut contekan resep yang bisa dirimu tulis dalam Resep Masakan Ikan Bawal Goreng Asam Manis.

Resep Masakan Ikan Bawal Goreng Asam Manis




Bahan yang diperlukan :

350 gram ikan bawal putih
1 sdm tepung maizena
5 sdm air
1 buah jeruk nipis
Segenggam daun kemangi
Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang dibutuhkan :
1 buah bawang bombay
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
1 buah tomat
1 batang daun bawang
2 cm jahe
2 cm lengkuas
½ sdt lada halus
½ sdt garam halus
1 sdm gula pasir
2 sdm saus cabai
1 sdm saus tomat

Cara membuat :

- Siangi ikan bawal lalu cuci bersih dan perasi air jeruk secukupnya, diamkan selama lima belas menit. Kemudian cuci kembali. Lumuri dengan 1 buah bawang putih tumbuk dan sedikit garam, diamkan lagi selam 10 menit, lalu goreng jangan sampai terlalu kering, sisihkan!

- Cincang bawang bombay, bawang putih, cabai, tomat dan daun bawang.
- Geprek jahe dan lengkuas.

- Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay+putih, jahe, serta lengkuas. Setelah agak layu dan harum tambahkan cabai plus daun bawang iris.

- Masukkan air sebanyak 3 sdm berserta bumbu yang tersisa, tunggu mendidih selanjutnya sisa air dibuat melarutkan tepung maizena, lalu tuang ke bumbu. Aduk rata, koreksi rasa, perasi sisa jeruk nipis, sebelum diangkat.
- Panas-panas siramkan ke atas ikan bawal yang telah digoreng tadi, jangan lupa bubuhi daun kemangi di atasnya. Sajikan segera!

Baca resep masakan terbaru lainnya :
➧  Beberapa Resep Ikan Tuna Goreng yang Enak dan Lezat

Nilai Gizi Ikan Bawal

Dan berikut nilai gizi yang terkandung dalam ikan bawal dalam artikel Resep Masakan Ikan Bawal Goreng Asam Manis, yang dilansir sebagian dari laman situs www.manfaat.co.id.

1. Berguna untuk pertumbuhan otak pada anak
Ikan bawal mengandung minyak ikan, yakni zat mineral DHA & EPA. Dalam tubuh merespon positif untuk neuro kognitif pada anak-anak. Hal ini terungkap pada penelitian yang terjadi sekitar tahun 2011 lalu oleh Konggres ISSFAL ( International Society for the Study off Fatty Acids and Lipids).

2. Mencegah stroke
Terdapat asam omega 3 yang sangat berguna buat pengobatan dan pencegahan stroke. Menurunkan emulsi 21% dan keparahan hingga 50%. Selain itu omega 3 juga mampu meningkatkan fungsi sel otak serta mengurangi peradangan syaraf.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung
Ini adalah kemampuan lain dari omega 3 yang terdapat pada ikan bawal yaitu mengurangi risiko pada penyakit jantung. Di mana salah satu sebab pemicunya timbulnya bercak atau bintik pada pembuluh darah.

Load comments