Cara Setting TP-LINK TD-W8961N sebagai Access Point (AP)


TP LINK TD-W8961N
Tutorial kali ini dari sebuah modem yang biasa dipakai pada wifi IndiHome yaitu Tp-Link TD-W8961N yang akan kita jadikan atau setting menjadi Access Point (AP) dan nantinya dipasang dalam ruangan. Dengan TP-LINK TD-W8961N 300Mbps Wireless N ADSL2 + Modem Router kita dapat dengan mudah membuat jaringan nirkabel yang aman dan berbagi koneksi internet berkecepatan tinggi sehingga bisa buat buka YouTube, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Jika kalian sebelumnya pernah berlangganan jaringan WiFi IndiHome kemudian sudah tidak lanjut lagi membayar bulanan tentu saja kita memiliki modem TD-W8961N. Kemudian dari pada tidak terpakai kita bisa manfaatkan sebagai pemancar WiFi yang biasa disebut sebagai Access Point.

Proses kerja dari TD-W8961N speedy ini setelah dijadikan AP adalah memancarkan jaringan WiFi dari Tp-Link utama, makanya kita nanti memerlukan IP dari router mikrotik atau sejenisnya yang menjadi sumber aliran internet dengan dihubungkan pake kabel UTP.

Menjadikan Tp-Link TD-W8961N sebagai Access Point (AP)


1. Langsung saja pertana kita reset terlebih dahulu Tp-Link TD-W8961N dengan menekan tombol reset selama kirang lebih 10 detik atau hingga lampu indikator berkedip.

2. Tekan juga tombol WPS yang berada disamping tombol reset, tekan sekali saja dan setelah itu hubungkan dengan Komputer atau Laptop pake kabel UTP.

3. Tahap berikutnya kita setting pengaturan sambungan LAN pada komputer terlebih dahulusesuai data pada gambar berikut ini :

IP address 192.168.0.100
Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings

3. Setelah pengaturan LAN kita masukkan Ip addsess seperti di atas, berikutnya buka browser (Opera, Firefox, atau Chrome) pilih salah satu kemudian masukkan alamat IP 192.168.1.254 pada address bar browser yang kamu gunakan untuk login.

Login dengan user name dan password : admin

4. Maka akan tampil halaman beranda Tp-Link TD-W8961N

Aturlah sesuai gambar pada yang diberi tanda warna merah :
TD-W8961N menjadi AP

Lalu pada DHCP Server IP for Relay Agent masukkan IP sesuai yang ada di mikrotik atau Tp-Link utama sebagai sumber jaringan Internet yang nantinya akan dipancarkan oleh TD-W8961N tersebut.

5. Mengatur nama jaringan WiFi dan password, buka menu Wireless.


SSID : untuk nama jaringan WiFi
Pre-Shared Key : Password WiFi

Jika sudah jangan lupa klik Save.

Cara melakukan setting TP-LINK TD-W8961N sebagai Access Point sudah selesai sekarang tinggal hubunggan dengan mikrotik atau jaringan internet utama dengan kabel UTP sehingga WiFi yang disebarkan bisa untuk mengakses internet.

Apakah Tp-Link TD-W8961N dapat digunakan sebagai repeater? Tidak. Namun kami punya rekomendasi Tp-Link dengan harga terjangkau dan bisa buat repeater, simak saja TP-Link TL-WA730RE bisa untuk Repeater.

Penutup
Ini merupakan kali pertama kami mencoba TD-W8961N speedy bekasan IndiHome yang dimanfaatkan untuk Access Point, apabila dari tutorial ini ada yang masih kurang jelas silahkan sumbung melalui komentar.

Load comments