4 Tips Agar Liburanmu Pada Saat Mudik Lebaran Lancar


tips liburan lebaran
Selain bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, mudik juga bisa dimanfaatkan untuk liburan. Sekian lama tidak mengunjungi kampung halaman, kamu tentu sudah ketinggalan perkembangannya selama ini, tak terkecuali sektor wisata. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengagendakan sedikit waktu mudikmu untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata di daerah kamu.

Tak perlu sampai ke lokasi wisata yang terlalu jauh, mengunjungi alun-alun kota, taman kota, maupun berwisata kuliner tentu akan menjadi destinasi yang menyenangkan bersama keluarga.

Bagi kamu yang ingin mudik dan memiliki keinginan untuk bisa sekaligus liburan pada saat lebaran tenang saja, karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 4 Tips Agar Liburanmu Pada Saat Mudik Lebaran Lancar. So, aktifitas mudikmu akan berasa seperti liburan pada saat lebaran. Penasaran apa saja? Berikut keempat tips tersebut!

1. Cari Tahu Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru yang Ada di Kampung Halaman

Agar memiliki agenda liburan yang jelas, sebaiknya kamu mencari tahu rekomendasi tempat wisata terbaru di kampung halaman. Cari tahu melalui sumber-sumber informasi yang bisa dipercaya seperti media-media lokal, media sosial, atau langsung lewat saudaramu yang masih tinggal di daerah setempat.

Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi tempat, pilihlah tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan bujet dan waktu yang kamu miliki saat mudik nanti. Setidaknya, kamu bisa meluangkan waktu satu atau dua hari saat mudik nanti untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Ada baiknya jangan memilih tempat wisata yang terlalu jauh agar stamina untuk kembali pulang tetap terjaga.

2. Menentukan Waktu Luang untuk Berkunjung ke Lokasi Wisata Tersebut

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menentukan waktu untuk berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Jika ingin mengunjunginya sebelum hari Lebaran, sebaiknya kamu membeli tiket berangkat lebih awal. Namun, jika ingin mengunjunginya setelah Lebaran, sebaiknya Anda menyisihkan waktu satu atau dua hari untuk lebih lama di kampung halaman.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak terjebak dalam kepadatan tempat wisata saat libur Lebaran. Pergi ke sana sebelum Lebaran bisa saja dilakukan, tapi tentunya aktivitas yang bisa dilakukan menjadi kurang maksimal karena kamu masih berpuasa. Jika tak ingin terjebak kepadatan tempat wisata, kamu bisa mengunjunginya 4 – 5 hari setelah Lebaran.

3. Membawa Barang Bawaan Secukupnya

Jika sudah berencana untuk liburan sambil mudik, sebaik kamu membawa barang bawaan secukupnya, terlebih kalau melakukannya dengan menggunakan transportasi umum. Membawa barang bawaan secukupnya juga dapat memudahkan mobilitas kamu saat mengunjungi destinasi wisata di kampung halaman.

Selain itu, hindari pula membawa barang penting atau berbahaya. Pasalnya, lokasi wisata pasti akan ramai oleh wisatawan maupun warga setempat. Dengan membawa barang seperlunya, kamu bisa terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

4. Siapkan Uang Tunai yang Cukup Saat Ingin Mengunjungi Berbagai Tempat Wisata

Terakhir, kamu harus mempersiapkan uang tunai yang cukup saat ingin mengunjungi berbagai tempat wisata. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sulitnya menemukan mesin ATM atau kasir dengan sarana mesin debit sebagai alat pembayarannya.

Selain itu, kamu harus mempersiapkan berbagai macam pecahan uang. Jangan hanya bermodalkan uang pecahan besar saja karena bisa saja kamu kesulitan mendapatkan uang kembalian. Tak hanya itu, persiapan uang receh juga bisa kamu manfaatkan untuk membayar parkir ataupun memberi sedekah.

Itulah 4 tips yang bisa kamu lakukan agar liburanmu pada saat mudik lebaran lancar. Semoga Bermanfaat!

Load comments