Berbagai Cara Mengatasi Penyimpanan Xiaomi Penuh


Penyimpanan internal penuh adalah masalah yang kerap ditemukan pada semua ponsel dengan memori yang minim termasuk di hp Xiaomi. Sepertinya kapasitas memori internal sebesar 16 GB untuk saat ini masih belum mencukupi untuk keperluan sehari - hari, yang saya pikirkan minimal kapasitas sekarang yaitu 32 GB, itu pun kadang kekurangan ruang ketika kita banyak menumpan video.

Dimana dengan kapasitas sebesar itu mampu menyimpan banyak data dan menginstall berbagai aplikasi yang benar - benar dibutuhkan. Kenapa kapasitas memori harus besar ? kapasitas penyimpanan yang kecil memang bisa dibeli dengan harga yang lebih murah. Namun resikonya tidak bisa menginstall banyak aplikasi yang dibutuhkan.

Coba kamu bayangkan betapa kesalnya ketika muncul notifikasi penyimpanan penuh ketika akan menginstall aplikasi yang benar - benar dibutuhkan dan harus mengkorbankan aplikasi lain bahkan data penting lainnya.

Terlebih untuk hp Xiaomi yang dimana memiliki banyak aplikasi bawaan yang sama sekali kurang bermanfaat untuk kebanyakan orang. Tapi jelas akan terlanjur apabila sudah mempunyai hp dengan kapasitas pas - pasan.

cara atasi penyimpanan xiaomi penuh

Maka dari itu, dibawah ini saya akan memberikan berbagai cara mengatasi penyimpanan penuh yang mungkin akan sangat bermanfaat.

Mengatasi Penyimpanan Xiaomi Penuh


1. Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Terpakai

Setiap membeli hp pasti sudah terisi dengan berbagai aplikasi bawaan, dimana biasanya aplikasi tersebut tidak terpakai semuanya. Nah untuk hp Xiaomi sendiri biasanya sudah terdapat beberapa aplikasi bawaan yang bahkan kurang bermanfaat untuk kebanyakan orang.

Saya sendiri biasa menghapus aplikasi :

•    Mi Remote
•    Mi Forum
•    Google Duo
•    Google Foto
•    Google Play Film
•    Google Play Music

Dari beberapa aplikasi diatas memang tidak semuanya di hapus begitu saja, beberapa ada yang tidak bisa dihapus sama sekali. Adapun solusinya yaitu dengan menghapus data hingga versi aplikasi berada di paling bawah, dengan seperti itu jelas akan menambah kelonggaran kapasitas penyimpanan.

2. Jangan Update Aplikasi Tidak Penting

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu jangan update sama sekali aplikasi yang tidak penting dan tidak terpakai. Memang mengupdate aplikasi akan memberikan berbagai fitur yang lebih menarik lagi, tapi untuk apa di update apabila aplikasi tersebut tidak pernah dipakai.

Terlebih dengan mengupdate aplikasi tentu membutuhkan ruang penyimpanan lagi. Jadi lebih baik update aplikasi yang terpakai dan penting.

3. Gunakan Pembersih

Sepertinya Xiaomi sendiri menyadari betapa mudahnya hp tersebut mengalami penyimpanan yang penuh, maka ada fitur yang sangat bermanfaat yaitu Pembersih (Cleaner).

Dimana aplikasi tersebut biasanya sudah ada dan bekerja dengan melakukan pemindaian data yang ada dan mengumpulkan data tersebut apabila memang bisa dibersihkan.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal buka saja aplikasi Pembersih. Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian selesai. Terakhir tinggal tap Bersihkan untuk mengosongkan file sampah.

4. Bersihkan File Sampah WhatsApp

Cara ke empat ini berlaku bagi yang menginstall WhatsApp, tapi saya rasa hampir semua orang menggunakan wa untuk keperluan chat.

Jadi perlu kamu ketahui bahwa WhatsApp secara otomatis akan mendownload foto, video dan dokumen. Mungkin semakin banyak grup akan semakin besar juga kemungkinan banyak file tidak jelas yang membuat penyimpanan penuh. Selain itu juga, semua foto, video dan dokumen yang dikirim akan tetap ada di file cache WhatsApp.

Silahkan masuk ke Penyimpanan > WhatsApp > Media. Disana kamu akan menemukan berbagai kategori seperti foto, video dan dokumen.

Silahkan masuk ke salah satu kategori dan di dalamnya terdapat folder Sent. Dimana isi folder tersebut adalah file yang pernah kamu kirim ke orang lain.

Jadi silahkan bersihkan secara manual semua file sampah yang mungkin tidak akan terpakai lagi, karena dengan menghapus beban memori WhatsApp bisa menambah penyimpanan yang lumayan besar.

5. Gunakan Memori Eksternal

memori eksternal xiaomi

Cara terakhir mengatasi penyimpanan penuh di hp Xiaomi adalah dengan menggunakan memori eksternal sebagai media penyimpanan berbagai data penting, seperti foto, video, dokumen, dll.

Jadi dengan menggunakan memori eksternal nantinya akan ada dua penyimpanan yaitu internal yang bisa digunkaan untuk menyimpan berbagai aplikasi dan memori eksternal untuk menyimpan data - data penting.

Jadi itulah cara untuk mengatasi penyimpanan penuh di hp Xiaomi. Namun apabila cara tersebut belum bisa mengatasi hp lemot secara ampuh, silahkan coba dengan menghapus history Google Chrome.

Posted by siddiqrn.net

This Is The Newest Post
Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon