Kenali Gejala Penyakit Corona dan Cara Mencegahnya

gejala penyakit corona

Wabah penyakit ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan China hingga akhirnya menyebar ke beberapa negara lainnya. Menurut kabar virus Corona ini berasal dari hewan kelelawar yang kemudian menuar ke manusia.

Meski kala itu pemerintah China telah dengan sigap menangani kasus virus corona atau COVID-19, akan tetapi kita juga harus tahu kalau penyebaran virus ini sangat luar biasa. Sangat mudah menular pada orang lain melalui jabat tangan, menyentuh atau tersentuh penderita, bahkan melalui benda bekas penderita dapat menjadi jalan menyebarnya virus corona.

Tak heran suatu negara yang telah terinveksi corona melakukan yang namanya Lockdown supaya bisa mengurangi penyebarannya. Baru baru ini juga Malaysia telah memutuskan untuk melakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran virus Corona (COVID-19). Lockdown yang dilakukan selama dua minggu.

Dengan mengetahui ganasnya suatu penyakit yang berakibat pada orang banyak disekitar kita, sangat penting dan wajib kenali gejala dari virus corona yang sedang menjadi musibah seluruh dunia. Bagaimanapun mencegah lebih baik dari pada mengobati, termasuk Corona bisa kita kenali dan cegah dengan tips berikut.

Cara Mencegah virus Corona


Karena memang virus corona atau covid-19 hingga kini elum ada pengobatan secara spesifik, maka kita bisa mencegahnya dahulu mudah udahan terhindar penyakit tersebut.

1. Sering cuci tangan

Pertama cuci tangan dengan sabun dan air harus dilakukan minimal selama 20 detik. Jika tak ada air dan sabun bisa dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen, saat sebelum dan setelah beraktivitas.

2. Jangan menyentuh permukaan tempat umum

Untuk tidak sembarangan menyentuh tombol lift, pegangan pintu, pegangan tangga atau eskalator. Jika harus menyentuh gunakan tisu atau lengan baju, dan segera cuci tangan setelahnya.

3. Hindari keramaian dan tidak sembarangan menyentuh wajah, hidung, serta mata

Karena infeksi virus corona atau COVID-19 mudah menyerang saat di keramaian. Maka usahakan tidak berada di keramaian apalag dalam ruangan berventilasi buruk. Bila terpaksa berada di keramaian jangan sembarangan menyentuh wajah, hidung, dan mata, apalagi bila belum cuci tangan.

4. Rajin membersihkan rumah

Bersih-bersih rumah menjadi upaya lain mencegah kasus infeksi virus corona atau COVID-19. Serta jangan lupa gunakan cairan disinfektan untuk menjamin kebersihan rumah. Saat berada di luar rumah ada baiknya gunakan masker.

Cara Kenali Gejala Corona Hari ke Hari


Kita bisa kenali virus ini dari hari ke hari dan ciri-ciri pada umumnya ketika seseorang terinfeksi virus corona. Gejala bisa ringan dan bisa berat, kondisi berat biasanya akan dialami oleh seseorang dengan daya tubuh rendah serta lanjut usia.

Hari ke-1 sampai hari ke-3
- Gejala seperti masuk angin
- Tenggorokan sedikit sakit
- Tidak demam, tidak lelah, makan, dan minum normal

Hari ke-4
- Sakit tenggorokan, mual
- Suara serak
- Suhu badan berkisar 36.5 derajat
- Sakit kepala ringan
- Mulai anoreksia
- Diare Ringan

Hari ke-5
- Sakit tenggorokan, suara serak
- Tubuh panas, suhu berkisar antara 36.5-36.7 derajat
- tubuh lelah, nyeri pada sendi

Hari ke-6
- Mulai demam ringan, suhu 37 derajat
- Batuk berlendir dan batuk kering
- Sakit tenggorokan saat menelan dan berbicara
- Lelah dan mual
- Sulit bernapas
- Diare, mual, dan muntah
- Nyeri pada jari

Hari ke-7
- Demam tinggi di atas 37 derajat
- Batuk dan dahak berlebih
- Nyeri kepala berlebihan
- Nyeri sendi tubuh
- Frekuensi napas pendek
- Diare lebih banyak

Hari ke-8
- Demam tinggi di atas 38 derajat
- Sulit bernapas, dada terasa berat
- Batuk terus-menerus
- Sakit kepala, nyeri sendi, sakit punggung

Hari ke-9
- Gejala bertambah buruk
- Demam tidak beraturan
- Batuk tidak mereda dan lebih buruk dari sebelumnya
- Kesulitan bernapas

Hari ke-10

Kasus infeksi virus corona mulai memasuki tahap berat, dengan pasien perlu mulai masuk perawatan intensif atau ICU. Pasien dengan gejala berat biasanya merasakan sakit di bagian abdominal dan nafsu makan turun.

Add Comments


EmoticonEmoticon