Kelebihan dan Kekurangan Ban Battlax untuk Harian

kelebihan kekurangan ban battlax
Pada awal tahun 1906 Shojiro Ishibashi mendirikan Bridgestone  dengan bahan baku sandal dengan karet, kemudian pada 9 april 1930 beliau membuat ban berukuran 29x4,50 4PR, dan tepat pada tahun 1932 secara khusus memuat ban yang diberi nama Brigestone Tire Co, Ltd. Tepatnya di kota Kurume, Fukuoka.

Nama Bridgestone semakin mendunia ketika pada saat itu masuk kedalam ajang MotorGP dan akhirnya hingga tahun 2015 lalu ban inilah yang menjadi pemasok utama bagi para pembalap sirkuit.

Siapa lagi yang tidak mengenal varian ban motor yang satu ini. Battlax merupakan salah satu jenis merk ban yang berasal dari jepang. Atau yang sering disebut dengan Bridgestone. Merk ban yang satu ini jelas tidak diragukan lagi kualitasnya, tidak hanya negara kita saja ban ini telah di akui hingga manca Negara.

Ban battlax dikenal sangat mahal karena proses pembuatannya di lakukan di jepang. Di Indonesia sendiri sudah terdapat pabrik pembuat Bridgestone tempatnya berada di Karawang, Jawa Barat. Para pembalap mobil banyak menggunakaan ban yang satu ini karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Kelebihan


Ban battlax merupakan ban dengan komponen lunak yang memiliki banyak kelebihan terutama pada daya cengkramannya yang sangat baik.  Ini yang membuat para pengemudi akan lebih lincah saat berhadapan dengan tikungan.

Komponen ban yang lunak akan lebih cepat panas, kemampuan inilah yang berfungsi agar daya cengkram ban lebih optimal. Akibatnya pengereman pada sepeda motor akan lebih baik dari pada menggunakan komponen yang keras.

 

Baca juga : 7 Helm dengan Aksesoris Berteknologi Canggih

Kekurangan


Selain keunggulan yang disediakan terdapat beberapa kekurangan dari ban battlax ini sendiri. Yang pertama yaitu ban Battlax tidaklah memiliki usia yang panjang atau waktu penggunaannya hanyalah sebentar. Ini disebabkan karena bahan ban ini cepat panas dan jika digunakan dalam kehidupan sehari-hari karet ban tidak akan optimal.

Penggunaan ban komponen lunak dapat menyebabkan borosnya pengeluaran bahan bakar. Hal tersebut terjadi karena adanya daya cengkram yang sangat kuat pada aspal yang tarikan mesinnya pun akan semakin berat dan berakibat pada borosnya penggunaan bahan bakar.

Adanya grib yang fungsinya sangatlah baik jika digunakan di atas aspal, hal tersebut yang mengharuskan adanya tenaga tambahan yang lebih untuk menjalankannya atupun memutarkannya. Motor pun akan terasa lebih lambat dan pengeluaran gas pun akan semakin banyak, kejadian itulah yang mendasari bahan bakar motor anda menjadi lebih boros.

Ban dengan komponen lunak juga lebih sensitif terhadap benda lainnya. Ban akan mudah sobek jika berbenturan dengan benda keras. Namun bukan berarti tidak baik, ban Battlax pun memiliki beragam jenis yang telah populer dikalangan masyarakat maupun manca negara.

Akan tetapi banyak perubahan yang dilakukan guna mendapatkan kualitas yang lebih baik lagi, seperti penyempurnaan Battlax S21 menjadi Battlax S22 yang menggunakan pattern baru yang digunakan agar air lebih baik  dan kualitasnya tetap terjaga

Peningkatan peforma disetiap area balap baik basah maupun kering telah di sediakan. Kecepatan akan bertambah menjadi 5% di lintasan dengan permukaan basah dan peningkatan sebesar 15% saat melintasi tikungan di permukaan kering. Dan tidak perlu dikhawatirkan lagi karena perubahan yang telah banyak dilakukan jangka waktu pemakain ban juga lebih lama dari sebelumnya.

Penutup
Itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Ban Battlax,  para pecinta motor dan mobil banyak yang tidak memperdulikan kekurangan dari ban ini, karena memang yang mereka cari adalah kualitas terbaik dan ban Battlax inilah yang mampu memborong keunggulan dari jenis ban lainnya. Semoga membantu!

Add Comments


EmoticonEmoticon