5 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Perlu Kita Ketahui

keutamaan bulan ramadhan
Rasa syukur harus senantiasa Anda panjatkan kepada Allah Ta’ala atas nikmat hidup dan nikmat iman yang telah dilimpahkan kepada Anda, serta atas kesempatan berharga untuk dapat menikmati keutamaan bulan Ramadhan yang kesekian kalinya.

Persiapan demi persiapan hendaknya dilakukan untuk mengumpulkan pahala sebanyak mungkin selama Ramadhan, layaknya prajurit yang mempersiapkan diri sebelum terjun ke medan perang. Benar, tanpa persiapan akan sulit membiasakan diri menyambut bulan Ramadhan.

Apa Saja Keutamaan Bulan Ramadhan?


Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan dalam islam yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan. Bulan puasa 2021 akan jatuh pada bulan April yang hanya tinggal menghitung hari. Adapun, macam - macam keutamaan bulan Ramadhan adalah:

1. Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Ramadhan adalah bulan yang Allah Ta’ala pilih sebagai waktu turunnya Al Qur’an diantara bulan-bulan yang lain. Sebagaimana firman Allah yang artinya:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan – penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS. Al Baqarah : 185).


2. Terdapat Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Allah Ta’ala beri keutamaan bulan Ramadhan dengan hadirnya suatu malam yang penuh keberkahan dan kemuliaan pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, yakni malam Lailatul Qadar. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Qadr yang artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam lailatul qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr : 1-3).


3. Surga Terbuka Lebar

Sebagaimana sabda dari Rasulullah shallahu ’alaihi wa sallam yang artinya:

Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Ramadhan memberikan kita lingkungan yang sangat kondusif untuk beribadah sebagaimana banyak sekali orang yang lebih giat dalam melakukan amal kebajikan serta berbagai bentuk ibadah lainnya dan lebih menjauhi diri dari berbagai tindakan maksiat.

“Wahai manusia yang menginginkan kebaikan, bergembiralah! Wahai manusia yang menginginkan keburukan, berhentilah!” (HR. Ahmad dan Nasa’i).


Jadi, perbanyaklah amal kebaikan di keutamaan bulan Ramadhan karena pahalanya akan Allah Ta’ala lipatgandakan.

4. Waktu Dikabulkannya Doa

Jabir bin ‘Abdillah berkata bahwasanya Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadist nya yang artinya:

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti akan dikabulkan” (HR. Al Bazaar)


5. Diampuni Dosa - Dosa yang Telah Lalu

Menurut website Rumaysho.com, melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah perintah dari Allah Ta’ala dan merupakan rukun islam yang wajib dijalankan oleh umat muslim. Selain hukumnya wajib, melaksanakan puasa di bulan Ramadhan juga menjadi penyebab dosa - dosa kita terampuni.

Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barang siapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, niscahya akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).



Keutamaan - keutamaan bulan Ramadhan hanya hadir sekali dalam setahun. Maka dari itu, manfaatkan dan raihlah keutamaannya mumpung Anda masih dapat berjumpa dengan Ramadhan. Anda tidak tahu apakah masih ada kesempatan yang sama di tahun mendatang, bukan?

 

Dalam menjelang ramadhan di jaman serba digital ini mungkin juga kita memerlukan Kata-Kata Ucapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan untuk orang-orang terdekat melalui story media sosial.

Load comments