Kata-Kata Ucapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2021

Bulan April ini menjadi bulan yang penuh berkah di tahun 2021 karena hadirnya bulan Ramadhan. Banyak sekali persiapan yang perlu dilakukan mulai dari hati, ibadah, dan ucapan menyambut Ramadhan. Apa saja yang sudah Anda persiapkan untuk menyambutnya?

Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan


Salah satu kebiasaan dalam menyambut awal Ramadhan adalah dengan saling mengirim dan menyampaikan ucapan kepada sesama kawan dan sanak saudara dengan untaian kata - kata indah.

 

kata ucapan bulan suci ramadhan

 
Dengan hadirnya teknologi canggih masa kini ditambah keadaan yang membatasi diri untuk saling bertemu, mengirim salam serta ucapan sederhana menyambut Ramadhan tetap bisa dilakukan dengan adanya gawai. Adapun, beberapa macam ucapan yang dapat Anda gunakan, antara lain:

1. Ramadhan adalah bulan untuk membuktikan cinta. Karena kebaikan, saling berbagi, serta menata hidup adalah bentuk dan bukti cinta.

 
2. Ada luka dalam tawa, ada salah dalam tingkah, ada kata tak pantas terlintas saat bicara. Permohonan maaf tak disampaikan hanya saat Ramadhan ataupun lebaran. Sebelum memasuki Ramadhan, mari saling ‘berjabat tangan’ menggugurkan kesalahan antar sesama.

3. Buka hati Anda, maka akan dapat cinta. Buka pikiran Anda, maka akan dapat ilmu. Buka ponsel Anda, ada satu pesan dari saya. Selamat puasa ya!


4. Saatnya membersihkan hati serta jiwa dari dosa, Ramadhan akan tiba, mari bersama mendekatkan diri pada Allah Ta’ala, renungi diri atas segala tindak kurang terpuji dan mohon ampunlah pada-Nya dengan kerendahan hati.

5. Sebelum kesempatan habis masa, sadarlah Anda dari dunia yang fana, kejarlah akhirat Anda segera karena sekaranglah waktunya. Sebab, usia tak tentu lama dan tak menunggu tua. Selamat berbenah di sebelum dan setelah Ramadhan tiba.


6. Bumi gersang karena kurang hujan, hati gersang karena kurang iman, jiwa gersang karena minim amal, hidup susah mungkin Anda perlu banyak sedekah. Untuk itu, mari berbenah dan raihlah fitrah. Selamat berpuasa!

7. Sudah sampai kita pada penghujung Sya’ban. Esok hari sudah berganti bulan Ramadhan. Bagi umat muslim Indonesia dan dunia, saya mengucapkan selamat ibadah puasa.


8. Berpuasalah selama Ramadhan karena hari raya Idul Fitri bukan untuk Anda yang lalai dari kewajiban. Marhaban yaa Ramadhan.

Kebahagiaan Menyambut Ramadhan

Bahagia sekali akan segera dipertemukan dengan bulan terbaik bagi umat muslim ini. Kesempatan terbaik bagi kita untuk memperbanyak amal ibadah dan memohon ampunan kepada Allah Ta’ala hingga kembali fitrah dengan memberi ucapan maaf menjelang ramadhan.

Kebahagiaan hati kita saat menyambut bulan Ramadhan merupakan salah satu bentuk keimanan seorang muslim. Kebahagiaan tersebut merupakan karunia dari Allah Ta’ala dan hendaknya kita khawatir jika perasaan kita hanya biasa - biasa saja ketika menjumpai Ramadhan.

Kegembiraan menyambut bulan Ramadhan memang diperlukan. Apalagi, didukung dengan kebiasaan memberi ucapan menyambut Ramadhan bersama dengan kutipan hadist.

Menyoal hal tersebut, terdapat suatu hadis yang dinilai dhaif dan palsu (maudhu’) oleh sebagian ulama. Jadi, Anda perlu hati - hati saat menyebarkannya. Adapun hadis tersebut adalah:

"Barangsiapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka. (disebutkan di kitab Durrat An-Nasihin)."

Sebaiknya, baca dan pastikan terlebih dahulu riwayat serta statusnya apakah benar atau tidak sebelum membagikan kutipan hadist yang Anda temukan kepada pembaca lain. Untuk contoh situs terpercaya yang membahas masalah islam salah satunya adalah Rumaysho.com

 

Baca juga : Lafadz Niat Puasa Ramadhan dan Do'a Buka Puasa

Mari sambut Ramadhan dengan perbanyak rasa syukur, berzikir, perluas sabar, panjatkan doa, serta perbanyak membaca dan men-tadabbur Al-Quran. Jangan lupa menyiapkan ucapan menyambut Ramadhan. Semoga Ramadhan ini menjadikan kita sebagai insan yang lebih baik dari sebelumnya.

 


Add Comments


EmoticonEmoticon