Cara Kompres File PDF di HP dan Laptop Sesuai Keinginan

Sekarang ini banyak orang menggunakan file PDF untuk menyimpan dokumen khusus yang nantinya bakal dikirimkan melalui email misalnya untuk sebuah lamaran perkejaan atau yang lainnya. Semakin banyak kita menyimpan file bentuk PDF dengan ukuran besar tentu bisa memberatkan ponsel, tak hanya ponsel tentunya di laptop juga bisa lama-lama penuh akhirnya bisa mengurangi kinerja perangkat.

Dahulu kita sempat membuat pembahasan mengenai Cara Menggabungkan File PDF di Android, barang kali kalian ada yang belum baca bisa ketahui disana. Bentuk file PDF juga sering saya gunakan untuk mengirim tugas sekolah atau hendak mencetak sebuah banner untuk kegunaan pribadi atau kelompok. Kadang ukurannya sangat besar yang menjadikan performa hp menurun, maka dari itu saya sering melakukan kompres terlebih dahulu pada file PDF sebelum dikirimkan.

Dengan memperkecil ukuran PDF sesuai keinginan, nantinya perangkat jadi semakin ringan. Kita bisa menjadikan file jadi lebih kecil semisal 1 Mb atau bahkan lebih kecil lagi hingga 200 kb. Buat pemula sekalipun ini caranya sangat mudah bisa dilakukan kompres file PDF baik secara online ataupun offline sesuai keinginan serta kemampuan kalian masing-masing.

Bagaimana Cara Kompres File PDF


Sebelum dimulai alangkah baiknya kamu backup file asli, memang dengan kompres file PDF tidak akan merusaknya tapi saran kami untuk jaga-jaga saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

1. Cara yang pertama untuk memperkecil ukuran file PDF bisa dilakukan secara online melalui situs ilovepdf.com/id/mengompres-pdf. Dengan mengakses halaman tersebut kamu bisa mulai mengkompres file PDF tanpa aplikasi. Jika kamu menginginkan dalam bentuk aplikasi iLovePDF juga ada dalam bentuk aplikasi Android yang bisa didapatkan melalui Play Store.

2. Langkah selanjutnya jika kamu sudah berada di halaman situs ilovepdf.com kamu pilih file PDF di perangkat atau bisa mengambil file dari Google Drive dan Dropbox.

 

cara kompres file pdf
 
3. Kemudian kamu perlu memilih tingkat kompresi sesuai dengan kebutuhan kamu, lalu klik Kompres PDF.

4. Jika sudah selesai, kamu bisa unduh file PDF yang telah berhasil dikompres dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya.

Melalui SmallPDF


Terkadang kita juga butuh penyedia layanan kompres PDF lebih dari satu supaya tahu mana yang paling nyaman kita pakai. Tak hanya itu, misal sewaktu-waktu salah satu layanan kompres berhenti kita masih punya cadangan lain untuk menyelesaikan tugas karena punya banyak pilihan.

1. SmallPDF hampir sama proses kerjanya, pertama-tama kamu hanya perlu mengunjungi alamat smallpdf.com

2. Sesudah masuk ke situs, klik Choose File untuk memilih file PDF yang ada di laptop atau ponsel kamu.

3. Jika sudah kamu tinggal menggungu proses unggah sampai kompres selesai.

4. Kalau sudah finish, akan diperlihatkan informasi tentang berapa persen dari file PDF asli yang sudah dikompres. Setelah itu kamu bisa langsung mengunduhnya untuk disimpan ke komputer atau smartphone.

Cara Kompres file PDF secara Offline dengan Microsoft Word


Tenang saja buat kamu yang sedang tidak memiliki kuota internet, tetap bisa melakukan kompres file PDF secara offline yaitu dengan mengandalkan Microsoft Word. Akan tetapi kamu perlu menggunakan program Microsoft Word 2013 ke atas.

1. Caranya cukup mudah, pertama kamu buka Microsoft Word kemudian buka file PDF dengan memilih menu File > Open maka secara otomasis file akan dikonvert dalam bentuk word.

 

 
2. Setelah selelsai proses itu, kamu tinggal simpan kembali dengan pilih menu File > kemudian Save As maka akan muncul jendela baru dan kamu pilih format file jadi PDF.

3. Terakhir kamu pilih minimum size (publising online) untuk mengecilkan file PDF di Word, kemudian kamu klik save untuk menyimpannya.

Akhir Kalimat

Nah begitulah cara melakukan kompres file PDF di HP dan di Laptop, mudah-mudahan ini akan memberi sedikit keringanan pada beban memori dafi ukuran file PDF yang sebelumnya berukuran besar. Dan mungkin kalian juga perlu tahu ini : Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word.

Add Comments


EmoticonEmoticon