Inilah 6 Manfaat Daun Ketapang yang Wajib Diketahui

Beberapa tanaman memang seringkali mengandung manfaat. Misalnya tanaman ketapang, khususnya bagian daunnya. Pohon ketapang dapat tumbuh dari 30 sampai dengan 35 meter. Terdapat beberapa manfaat daun ketapang yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Pohon ketapang biasanya disebut pula dengan nama terminalia catappa. Kandungan yang ada dalam pohon ketapang memiliki antioksidan dan flavonoid yang cukup tinggi. Sehingga, dapat bermanfaat untuk mengobati sakit radang pada manusia.

Beberapa Khasiat Daun Ketapang

Selain bermanfaat untuk radang, daun ketapang pun memiliki manfaat lainnya yang cukup berguna untuk kesehatan dan kehidupan manusia. Di Indonesia, pohon ketapang cukup mudah untuk ditemukan di berbagai daerah.

Tak sedikit pula masyarakat yang menggunakannya sebagai obat. Selain mengobati, daun ketapang pun mampu melindungi manusia dari berbagai macam penyakit yang mungkin saja menyerang. Inilah beberapa manfaat daun ketapang yang seharusnya kita diketahui bersama!


manfaat daun ketapang

1. Melawan Diabetes

Yang pertama adalah mampu untuk melawan penyakit diabetes. Daun ketapang mampu menurunkan kadar gula. Penurunan kadar gula ini biasanya bergantung pada dosis dengan jumlah 25 sampai 62 persen.

Daun ketapang terbukti memiliki manfaat mampu untuk menurunkan level diabetes pada penderita diabetes. Efeknya dapat terasa apabila sudah mengonsumsi obat secara rutin selama 15 hari. Manfaat ini kabarnya masih dalam tahap uji coba sebelum didistribusikan ke masyarakat.

2. Melawan Kanker

Manfaat selanjutnya adalah daun ketapang mampu melawan sel kanker dalam tubuh manusia. Ekstrak air daun ketapang dinilai mampu untuk menekan kanker paru-paru. Namun, hal tersebut masih dalam tahap uji coba.

Daun ketapang memiliki kandungan antikarsinogenik, hal tersebut yang berguna untuk menurunkan sel kanker pada penderitanya. Menurut uji coba kepada tikus, daun ketapang mampu menurunkan tumor sampai dengan 2,6 kali selama pengobatan 30 hari.

3. Mengobati Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit radang pada liver atau hati. Daun ketapang memiliki kandungan terminalia catappa. Kandungan ini mampu untuk menurunkan dan mengobati hepatitis pada tubuh manusia.

Selain itu, daun ketapang pun memiliki kandungan flavonoid yang mampu juga untuk menurunkan risiko dan mengobati penyakit hepatitis. Daun ketapang ini mampu untuk meredakan peradangan yang terjadi pada hati atau liver.

Baca juga : 8 Cara Ampuh Menyembuhkan Masuk Angin Secara Alami

4. Mengobati Nyeri Haid

Daun ketapang memiliki kegunaan untuk mengobati nyeri haid. Nyeri haid biasanya terjadi pada pinggang dan disebabkan oleh prostaglandin. Prostaglandin ini dapat menyebabkan mual, diare, sakit kepala, rahim, dan perut.

Rebusan daun ketapang mampu untuk mengatasi dan mengobati nyeri yang biasanya terjadi saat nyeri haid. Walaupun memiliki manfaat yang cukup terbukti keampuhannya, konsumsi rebusan daun ketapang ini harus tetap dikonsultasikan dengan dokter.

5. Mengobati Sariawan

Khasiat daun ketapang berikutnya adalah mampu untuk mengobati dan menyembuhkan sariawan. Sariawan merupakan penyakit yang seringkali terjadi pada manusia, dan penyakit tersebut cukup mengganggu aktivitas manusia.

Daun ketapang mampu menyembuhkan dan mengobati sariawan. Daun ketapang memiliki kandungan antiseptik. Kandungan tersebut yang berguna untuk menyembuhkan sariawan secara efektif.

6. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil dapat mengonsumsi rebusan air daun ketapang, Pengonsumsian daun ketapang ini mampu mengoptimalkan perkembangan pada janin untuk ibu hamil. Selain itu, daun ketapang pun memiliki kandungan bernama asam folat.

Kandungan tersebut mampu untuk mengoptimalkan perkembangan pada otak janin. Sehingga, konsumsi daunnya sangat bermanfaat untuk janin. Walau begitu, tetaplah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Mungkin itu saja informasi mengenai manfaat dari pada daun ketapang, semoga ini menjadi bahan referensi dan pembelajaran buat kita semua.

Add Comments


EmoticonEmoticon