Kenali 5 Perbedaan Mac OS dan Windows OS

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan sebelum membeli sebuah gadget termasuk laptop. Seperti memutuskan apakah akan membeli perangkat dengan sistem operasi Mac atau Windows. Dua perangkat lunak terpopuler di dunia ini memiliki spesifikasi, ciri khas masing-masing, hingga perbedaan Mac dan Windows.

Apa itu Mac dan Windows?

 

perbedaan mac dan windows

1. Mac

Mac adalah suatu sistem operasi Graphical User Interface yang dikembangkan pertama kali oleh perusahaan Apple Inc untuk keluarga macintosh. Sistem operasi Mac OS sudah ada dan dibesarkan sejak tahun 1976 dengan tipe Mac OS klasik.

Sistem operasi yang satu ini hanya ada untuk perangkat Macintosh dan menjadi sistem operasi kedua yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Walaupun posisinya kedua, tetapi Mac juga mempunyai kelebihannya tersendiri seperti dapat diinstal pada smartphone yang sesuai.

2. Windows

Sedangkan Windows adalah suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menyediakan GUI atau antarmuka grafis yang lebih memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya.

Pengguna sistem operasi ini tidak perlu mengetik perintah pada command line. Untuk mengoperasikannya cukup dengan perangkat keras seperti mouse atau keyboard, maka menu, aplikasi, kotak dialog, dan semua aktivitas bisa dilakukan.

Ada beberapa fungsi dari Windows dan Mac yang harus Anda ketahui. Yang pertama, mengendalikan serta mengolah data input maupun output. Yang kedua, mempunyai dukungan driver lebih.

Yang ketiga, dapat menyambungkan antara perangkat keras dan perangkat lunak agar lebih memudahkan dalam bekerja secara stabil dan konsisten. Keempat, mampu mengelola sumber daya yang sedang berjalan seperti hardware dan software pada komputer.

Kelima, mengendalikan proses awal dalam tahap persiapan, pemantauan, dan penjadwalan pada program komputer yang berfungsi. Namun, semakin berkembangnya kedua produk ini, akan ada beberapa perbaikan pada perangkat lunak yang kurang dan melakukan pembaharuan.

Baca juga : Berbagai Macam Perintah CMD (Command Prompt) untuk Diketahui

Berikut Perbedaan dari Mac dan Windows

Selain memiliki kelebihan dan keunggulannya sendiri, perangkat lunak Mac dan Windows juga memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing. Terlebih, kedua perangkat lunak ini dimiliki oleh dua perusahaan yang berbeda.

Bagi Anda yang masih bimbang dalam menentukan, berikut 5 perbedaan Mac dan Windows yang bisa menjadi bahan pertimbangkan Anda sebelum membeli perangkat lunak.

1. Sistem Perangkat Lunak

Meskipun dalam tampilan keduanya terlihat sangat mencolok, namun dalam hal komponen perbedaan keduanya tidak begitu signifikan. Beberapa perbedaan pada tampilan keduanya adalah jika pada Mac terdapat menu Finder, maka Windows adalah File Explorer.
 
Jika pada OS Mac terdapat menu Trash, maka pada Windows terdapat menu Recycle Bin. Jika pada Windows menggunakan menu Task Bar, maka pada OS Mac menggunakan Applications. Begitupun dengan menu-menu lainnya yang juga memiliki perbedaan.

2. Harga Komputer dan Modelnya

Perangkat lunak Windows bisa beradaptasi dengan laptop atau komputer merek apa saja. Pengguna windows juga lebih banyak karena harganya yang terjangkau untuk sistem operasinya. Harga Microsoft Windows 10 berkisar antara 2-4 jutaan saja.

Sedangkan untuk harga OS Mac dari perusahaan Apple, harga yang diberikan untuk versi sama di atas 10 juta. Untuk yang paling murah sekitar 15 juta, dan untuk harga termahal bisa mencapai 30-40 jutaan.

3. Keamanan

Untuk tingkat keamanannya, sistem operasi Mac jauh lebih aman dari pada Windows meskipun perangkat lunak Mac tidak menggunakan firewall maupun antivirus. Hal ini dikarenakan popularitas Mac yang cukup jauh berbeda dengan Windows.

Kenyataannya, mereka yang menggunakan Mac jumlahnya tidak lebih dari 5% dari seluruh pengguna komputer di dunia. Hal inilah yang memungkinkan adanya serangan dari para hacker karena mereka lebih tertarik dengan perangkat lunak sejuta umat seperti Windows.

4. Kernel

Perbedaan Mac dan Windows selanjutnya yaitu pada kernel. Jika pada Mac OS menggunakan kernel dengan jenis mikro kernel, maka pada Windows menggunakan jenis monolitik kernel.

Letak perbedaannya adalah, jika pada monolitik kernel banyak menyediakan lapisan abstraksi hardware secara penuh pada perangkat keras di sistem operasi bagian bawah. Sedangkan mikrokernel, hanya menyediakan sedikit abstraksi pada bagian atas server.

5. Windows tidak bisa menginstal Mac OS tetapi Mac OS bisa menginstal Windows

Dalam hal ini, Mac OS menjadi kebanggan dan memiliki kelebihannya sendiri. Dalam sistem operasi Mac, Anda bisa menggunakan Windows dan beralih ke Mac sesuka hati sesuai keinginan.

Sementara pada Windows, hal seperti itu tidak bisa dilakukan. Sistem Operasi Windows tidak bisa support untuk menggunakan Mac sebagai perangkat lunak pengganti Windows

Itulah lima perbedaan Mac dan Windows yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, kedua perangkat tersebut mempunyai kegunaan dan kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna komputer.

Namun, beberapa perbedaan tersebut juga dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja, performa, serta harga. Anda hanya perlu menyesuaikan pilihan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan dalam mengoperasikan sistem operasi.

Add Comments


EmoticonEmoticon