Resep Kue Bawang Sederhana yang Renyah

resep kue bawang
 

Kadang aku bingung mau ngemil apa di rumah sambil nonton drama Korea, tapi aku jadi ingat dulu mama sering membuat cemilan Kue Bawang. Karena sering melihat pas bikin, aku jadi kepikiran buat bagikan resep kue bawang pada kalian semua nih.

Mungkin dari kalian ada yang pernah beli Kue Bawang? Cemilan ini sangat cocok ketika sedang kumpul bareng keluarga, tekstur yang renyah dan memiliki rasa gurih, tak heran banyak yang suka. Kalau kalian tertarik maka bisa coba bikin sendiri, terlebih bahan dan peralatannya sangat sederhana.

Santan yang kental manjadi salah satu bahan dari pembuatan Kue Bawang, sebab supaya menghasilkan adonan yang gurih. Penasaran bagaimana langkah membuatnya, simak terus di bawah ini ya.

Resep Kue Bawang

Untuk membuat kue bawang, Anda akan memerlukan bahan-bahan seperti tepung terigu, garam, gula, telur, minyak goreng, dan bawang merah goreng. Berikut selengkapnya,

Bahan:
- 250 gram terigu
- 125 gram tapioka
- 30 gram margarin
- 1 sdt royco
- 1 sdt garam halus
- 3/4 siung bawang putih (haluskan)
- 2 batang seledri (iris halus)
- 150 ml air

Cara Membuat:
1. Langkah pertama buat adonan: Caranya campur semua bahan kecuali air, aduk rata sambil dituang air sedikit-sedikit dulu. Airnya disesuaikan aja. Bisa ditambah atau dikurangi, tergantung tepungnya. Aduk sampai kalis.

2. Kemudian cetak kue bawang: Kalau sudah kalis, giling. Bisa memakai ampia atau secara manual dengan rolling pin. Tipis2 aja agar lebih renyah. Lalu potong-potong sekitar 3 cm.

3. Setelah itu, goreng kue bawang dengan api sedang. Kalu dirasa sudah matang angkat dan tiriskan. Apabila sudah dingin simpan dalam toples.

➧ Baca juga :
- Resep Membuat Kue Cubit Jajanan Populer
- Resep Membuat Kue Putri Salju

Catatan: Resep diatas adalah resip yang umum, namun Anda bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing.

Resep Kue Bawang Santan


Bahan-bahan:

350 g tepung terigu
75 g tepung kanji
1 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
Cek Promo
½ sdt bawang putih bubuk
Cek Promo
1 batang daun seledri, cincang halus
2 butir telur, kocok lepas
125 ml santan kental
minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Siapkan Wadah, lagu masukkan tepung terigu, tepung kanji, garam, kaldu ayam bubuk, bawang putih bubuk, dan daun seledri, aduk hingga rata.
  2. Setelah itu tambahkan telur dan santan, aduk hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Bungkus adonan dengan plastik wrap, diamkan dulu selama 5-10 menit.
  3. Kemudian gilas adonan menggunakan rolling pin hingga setebal 0,25 cm. Lalu potong-potong adonan menggunakan pisau dengan ukuran sekitar 3x3 cm.
  4. Ambil 1 potong adonan, tekankan perlahan ke atas permukaan garpu hingga bergurat-gurat. Lepaskan adonan sambil digulung perlahan. Lakukan hingga semua adonan habis.
  5. Sekarang kita goreng adonan dalam minyak mendidih hingga matang atau sampai kecokelatan. Angkat, tiriskan, diamkan hingga dingin, sajikan segera atau simpan dalam wadah toples.


Akhir Kata
Itulah cara yang sederhana membuat Kue Bawang untuk kalian coba di rumah. Buat cemilan oke, mau buat jadikan jajanan untuk bisnis kecil-kecilan juga bagus lho.

Add Comments


EmoticonEmoticon