6 Pakan Alternatif untuk Lele yang Mudah Didapat dan Bernutrisi Tinggi

pakan alternatif lele
 

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, oleh karena itu permintaan pasar akan kebutuhan ikan lele sangatlah tinggi ,menjadikan usaha di bidang peternakan ikan lele menjadi peluang usaha yang menjanjikan kedepannya.

Namun belakangan ini harga untuk pakan utama ikan lele terus mengalamai kenaikan, sehingga tidak sedikit para peternak yang mengeluhkan keuntungannya dalam beternak ikan lele berkurang bahkan banyak juga yang merugi. Dengan harga pakan yang berkualitas mencapai 12000/KG dan harga ikan lele di pengepul rata rata 14000-16000/KG maka akan sedikit sekali keuntungan yang didapat.

Salah satunya cara agar dapat memangkas biasa pakan adalah dengan menggunakan pakan alternatif,namun pakan alternatif yang digunakan sebaiknya yang mudah didapat dan memiliki kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ikan lele , sehingga pertumbuhan lele itu sendiri tetap maksimal

Kali ini menitinfo.com akan memberikan referensi apa saja pakan alternatif yang bisa anda berikan untuk ikan lele yang mudah didapat dan murah tentunya.

1. Maggot

Maggot adalah larva lalat Black Soldier Fly(BSF), maggot bsf sangat bagus diberikan untuk pakan lele karna kandungan nutrisinya sangat tinggi, maggot mengandung protein kasar 40-42%,ekstrak eter 31-35%,kalsium 4,18-5,1 ,abu 14-15%,dan fosfor 0,60-063.

Jika anda beli harga maggot berkisar 6000-7000/kg namun jika ingin budidaya sendiri maggot juga sangat mudah dibudidayakan, karena  pakan untuk maggot sendiri bisa menggunakan sampah organik yang ada disekitar anda. Bahkan bangkai lele sendiri bisa dijadikan pakan maggot, untuk hasil yang maksimal sebaiknya pemberian pakan maggot 50% dan pelet 50%.

Baca juga : Cara Budidaya Maggot

2. Limbah Usus Ayam

usus ayam juga bisa menjadi pakan alternatif untuk lele kalian, karena dalam usus ayam masih mengandung nutrisi antara lain, protein 50,1%,lemak29,2%,karbohidrat 2%,dan abu 4,6%. Anda bisa dapatkan limbah usus ayam dari RPH disekitar anda, untuk memudahkan lele memakannya usahakan kalian potong potong usus tersebut dan rebus terlebih dahulu.

3. Keong Sawah

Jika anda tinggal didekat persawahan kalian bisa memanfaatkan keong sawah sebagai pakan anternatif untuk ikan lele, keong sawah memiliki kandungan protein antara 10,88% - 14,54%, namun dikarenakan cangkangnya yang keras, sebelum diberikan untuk lele sebaiknya buang terlebih dahulu cangkangnya.

4. Bekicot

Keberadaan bekicot di Indonesia bisa dikatakan melimpah, bagi para petani bekicot menjadi hama yang harus dibasmi karena biasa memakan tanaman mereka. Namun jika kalian peternak lele justru bisa memanfaatkan bekicot sebagai pakan alternatif untuk lele, pasalnya bekicot mengandung protein yang cukup tinggi sekitar 60%  dan kandungan asam aminonya cukup lengkap. Seperti halnya keong sawah, kalian perlu membuang cangkangnya terlebih dahulu sebelum berikan ke lele.

5. Limbah bulu ayam

Bulu ayam juga merupakan limbah yang mudah didapat, tidak kalah dengan pakan alternatif lainnya kandungan nutrisi dari bulu ayam termasuk tinggi lho. Bulu ayam mengandung protein 81%, lemak 1,2%, bahan kering 86% dan abu 1,3%, namun pemanfaatan limbah bulu ayam harus melalui proses yang cukup lama karena karakteristiknya yang keras.

6. Ampas Tahu

Ampas tahu mengandung protein 21,30%, lemak 4,09%, karbohidrat 77,60%, abu 3,64% dan energi 3,11%. Dengan kandungan tersebut ampas tahu bisa manjadi alternatif untuk pakan lele kalian. Anda bisa mendapatkan ampas tahu di pabrik-pabrik pembuatan tahu di sekitar anda.

Itulah 6 pakan alternatif murah dan memiliki nutrisi tinggi yang bisa anda berikan untuk lele, pakan yang murah tentunya akan membuat keuntungan dalam budidaya ikan lele kalian lebih banyak. Namun harus mempertimbangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya agar pertumbuhan ikan lele kalian tetap maksimal.