Cara Aktifkan IDM di Opera Browser (PC/Laptop)

Apakah Anda salah satu pengguna Opera Browser dan juga mengandalkan sebuah extension Internet Download Manager atau yang di singkat IDM. Jika sebelumnya Anda telah install ulang Opera maka kemungkinan IDM belum ikut terpasang, maka dari itu kita perlu mengaktifkan dahulu.


Perlu diketahui kalau yang namanya IDM ini cukup dikenal akan kemampuan download yang lebih cepat jadi akan sangat disayang kan jika tidak diaktifkan kembali. Terlebih lagi tampilan dari IDM yang bersih dan menu lengkap pada update IDM versi baru, menjadikannya memberi kemudahan bagi pengguna.


Nah supaya kita bisa lebih mudah lagi ketika mau download video dari sosial media dengan IDM melalui Opera Browser, maka harus aktifkan dahulu. Ekstensi IDM sebetulnya bisa dipasang pada Ferefox dan Chrome, tapi kali ini kita akan mengaktifkannya pada Opera Browser di laptop / PC.


Cara Aktifkan IDM di Opera Browser

Akan ada beberapa langkah, ketika Opera yang Anda baru pasang maka perlu menambahkan IDM melalui beberapa tahapan berikut ini.


1. Yang pertama kita perlu cek di software IDM pengaturan-nya sudah benar apa belum, dengan membuka IDM > sesudah itu klik menu Download.


cara aktifkan idm di opera


2. Berikutnya masih di menu download kalian pilih Options.



3. Lalu beri tanda centang (checklist) pada katak 'Opera', jika sudah klik Ok.



4. Langkah selanjutnya kita buka browser Opera mini pada Komputer, Anda klik logo Opera Browser pada sisi pojok kiri atas > nanti akan muncul menu pilh Extensions > pilih lagi Extensions. Atau bisa langsung tekan tombol pintasan keyboard “Ctrl+Shift+E”



5. Lanjut, kita buka Windows Explorer lalu buka direktori Lacal Disk (C:) > Program Files (x86) > Internet Download Manager > dan cari file dengan nama ‘IDMGCExt’



6. Nah sesudah ditemukan, Anda drag dan drop file IDMGCExt tersebut ke browser Opera yang tadi sudah membuka menu ‘Extensions’.



7. Jika sudah kita tinggal klik tombol Install (tunggu proses install IDM hingga selesai)



Kalau sudah berhasil terpasang IDM ke Opera Browser maka tandanya sudah aktif dan sekarang Anda perlu mencoba membuka video YouTube misalnya hingga nanti muncul tombol panel download IDM


Penutup


Bagaimana sobat, apakah ini telah membantu menyelesaikan masalah Anda yang tadinya IDM di browser Opera belum aktif menjadi berfungsi seperti sedia kala. Jika iya, bagikan informasi bermanfaat ini kepada orang lain melalui media sosial. Terima kasih,