Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Store Eror

Bagaimana Cara Mengatasi Google Play Store yg Eror?
Kadang kita sering mengalami masalah ketika kita sedang asyik bermain di Google Play Store tiba-tiba Google Play Store yang not responding alias tidak merespon, error ketika download, menutup secara tiba-tiba atau bahkan tidak dapat dibuka sama sekali, termasuk munculnya pesan eror. Kalau sudah seperti itu bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya masalah tersebut masih dapat diperbaiki asalkan Anda tahu caranya. Akan tetapi tergantung juga dengan apa yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Jika penyebabnya tidak berat atau cukup ringan, maka Anda bisa menggunakan beberapa tips dan trik mudah saja dari saya, untuk mengatasi masalah tersebut. Ok kalau begitu, bagaimanakah cara memperbaiki Google Play Store yang rusak/eror? Berikut tipsnya.

Google Play Store Eror


Cara Mengatasi Google Play Store yg Eror


1. Bersihkan Chache dari Google Play Store
Error yang terjadi bisa saja diakibatkan oleh cache yang sudah terlalu banyak. Jika hal ini yang terjadi pada Anda, maka cara mengatasinya pun tidak terlalu sulit juga.

Untuk membersihkan Cache pada Google Play Store, ikuti langkah berikut:
Masuk ke menu Setting, kemudian pilih Apps >> All >> Google Play Store. Kemudian tap pada tombol Clear Cache.

2. Dengan membersihkan Data Aplikasi Google Play Store
Jika cara di atas/cara pertama tidak berhasil, cobalah dengan membersihkan semua data aplikasi di Google Play Store Anda. Caranya sama seperti sebelumnya, masuk ke menu Setting >> Apps >> All >> Google Play Store. Namun kali ini tombol yang Anda tekan bukanClear Cache”, melainkan tombol Clear App Data atau Clear Data”.

Namun ingat, bahwa cara ini memiliki resiko tersendiri. Anda akan menghapus setiap data di Google Play Store Anda termasuk data aplikasi yang diinstall, aplikasi favorit dan lain sebagainya.

3. Uninstall Update Google Play Store
Jika kedua cara pertama dan kedua tidak bisa, mungkin ada penyebab lain yang salah satu penyebabnya bisa saja merupakan update yang diinstall. Karena sebagaimana aplikasi lainnya, update pada Google Play Store juga tidak jarang membawa beberapa bug baru, atau adanya fungsi yang tidak sesuai dengan sistem intinya. Hal ini biasanya akan menimbulkan error yang mengganggu.
Hal ini masih bisa diatasi dengan meng-uninstall update untuk aplikasi Google Play Store Anda.

Caranya mudah, yakni hanya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  ★Masuk ke menu Setting >> Apps >> Google Play Store. Kamudian tap pada tombol bertuliskan Uninstall Updates. Hal ini akan me-reset Google Play Store Anda pada versi originalnya, sama seperti ketika pertama kali diinstall.
  ★Selanjutnya Anda mungkin perlu mencari aplikasi Google Play Store yang original (bukan update), namun tetap yang terbaru. Hal ini bisa diatasi dengan mencari file APK dari Google Play Store ini di apkmirror.com.

Mungkin itu saja tips cara mengatasi Google Play yang eror dari saya, semoga berguna dan bisa memberi manfaat bagi Anda.

Baca juga : Tips Memilih Laptop Gaming