10 Pendaftar Terbanyak di Universitas Favorit SNMPTN 2019

Bagi seorang siswa SMA khususnya di Indonesia, setelah lulus sekolah segeralah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Seperti disini ada 10 Universitas favorit yang harus Anda ketahui kalau nentinya mau nelanjutkan. Kami si tidak memaksa untuk melanjutkan, namun alangkah baiknya belajar dulu selagi masih muda dan itu pilihan Anda sendiri.

Setelah menjalankan ujian nasional (UN) kemudian lulus dengan nilai yang memuaskan dilanjutkan lagi melakukan seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dalam menjalai seleksi tersebut Anda juga harus menentukan Universitas mana yang ingin dipilih, untuk itu berikut ada 10 Universitas favorit SNMPTN 2019 yang bisa dipertimbangkan berdasarkan data pendaftar terbanyak.

10 Universitas Favorit SNMPTN 2016

1. Universitas Brawijaya
Didirikan pada 1963, Universitas Brawijaya menjadi salah satu PTN yang berhasil menarik minat calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus yang terletak di Jawa Timur tersebut. Pada SNMPTN 2019 ini, kampus dipilih oleh 32.495 siswa pendaftar.

2. Universitas Padjadjaran
Kampus yang terletak di Jatinagor, Jawa Barat ini memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Itu sebabnya, banyak calon mahasiswa yang memilih kampus satu ini sebagai salah satu tujuan studi mereka di pendidikan tinggi. Tahun ini sendiri Unpad kembali memegang jawara sebagai PTN dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2019 yaitu 29.531 siswa.

3. Universitas Diponegoro
Salah satu PTN terbaik di Indonesia yaitu Universitas Diponegoro juga berhasil membuktikan diri. Dengan kualitas pendidikan yang dimilikinya, kampus yang terletak di Semarang ini menarik hati 27.633 calon mahasiswa pada jalur SNMPTN, dengan menempati posisi ke tiga ini sama yang terjadi pada tahan 2016 lalu.

4. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)
Kampus ini telah menjadi salah satu PTN terbaik yang terletak di Solo. UNS sendiri sudah berdiri sejak 11 Maret 1979 serta menyediakan program pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana sampai Pascasarjana. Pada SNMPTN tahun ini, UNS berhasil menarik 24.976 siswa untuk memilih kampus tersebut.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)
UGM merupakan kampus pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 19 Desember 1949. Terkait SNMPTN 2019 ini, UGM menjadi salah satu PTN dengan pendaftar terbanyak urutan ke-4 yaitu 24.976 siswa, padahan beberapa tahun lalu Unversitas Gajah Mada selalu menjadi urutan pertama.

6. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Unnes merupakan salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi universitas. Kampus yang dipimpin oleh Prof Dr Fathur Rokhman MHum ini menjajarkan dirinya sebagai PTN terbaik di Indonesia. Buktinya dalam SNMPTN 2019, 23.886 siswa telah memilihnya.

7. Universitas Sumatera Utara (USU)
Awalnya Universitas Sumatera Utara didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada 4 Juni 1952. Dengan Fakultas pertama yang didirikan yaitu Fakultas kedokteran, kini USU menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia. Jumlah siswa yang mendaftar di USU pada SNMPTN sekarang ini mencapai 22.496 orang.

8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Kampus yang letaknya di Bandung ini memiliki sejumlah kampus di lokasi berbeda, antara lain di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang sampai Purwakarta. Pada 2019 ini, UPI mendapat 21.704 siswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN.

9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
 Kampus yang dipimpim oleh Prof Dr H Rochmat Wahab MPd MA ini dikenal sebagai PTN pencetak calon guru andalan Indonesia. Total pendaftar yang memilih untuk melanjutkan ke UNY di SNMPTN tahun ini adalah 20.888 siswa.

10. Universitas Hasanuddin (Unhas)
Satu lagi kampus di luar Jawa yang berhasil menggaet calon mahasiswa pada SNMPTN 2019, yaitu Unhas. Dengan pendaftar tidak kurang dari 18.977 pendaftar, kampus di Kota Makassar itu mampu membuktikan diri sebagai salah satu PTN terbaik negeri ini.

Baca juga : Cara Mencari NISN Siswa Lewat Internet
 
Bagaimana? Perguruan tinggi mana yang menjadi pilihan dan juga favorit Anda. Atau mungkin malah sudah menentukan lainnya yang tidak ada disini, tidak masalah kalau itu sudah yang terbaik buat Anda.