17 Jul 2016

Aplikasi Android yang Perlu Dihapus dari Smartphone Kita



Kalau kalian pernah baca artkel sebelumnya ada Aplikasi yang Harus Dimiliki atau DiInstall Pada Android, namun kali ini malah aplikasi android yang perlu dihapus dari smartphone. Kenapa demikian? Karena di HP Android kita pastinya terdapat banyak aplikasi yang sudah terinstall baik itu bawaan atau hasil download sendiri. Akan tetapi kalau terlalu banyak menyimpan aplikasi tetu nantinya akan membuat HP Android kita menjadi lambat.

Lagian ada aplikasi yang hanya memenuhi memori internal smartphone dengan cache yang sangat banyak. Dengan demikian kali ini akan diinformasikan untuk kalian ada tujuh jenis aplikasi Android yang perlu dan wajib dihapus dari HP Android jika itu mengganggu kinerja smartphone langsung disikat saja.

Aplikasi Android yang Perlu Dihapus
Aplikasi Android berikut ini, Sebaiknya dihapus

#1. Facebook
Jangan kaget dulu setelah facebook masuk dalam aplikasi yang perlu dihapus, baca dulu penjelasan berikutnya. Kita pasti tahu kalau facebook saat ini menjadi media social terbesar dan terpopuler di dunia. Namun ternyata yang menjadi alasan adalah kalau aplikasi Facebook cukup berat. Dengan kata lain bahwa ukuran file aplikasi ini lumayan besar yaitu lebih dari 40 MB.

Selanjutnya banyaknya fitur dari facebook terutama notifikasi yang sering muncul, dan konten berupa foto serta video akan menghasilkan banyak sekali cach yang akan memenuhi memori internal kita. Kuota juga akan menjadi boros, untuk itu kalau ingin buka facebook mending gunakan browser yang telah ada di HP kita saja.

#2. Facebook Messenger
Sebuah aplikasi Messenger dari Facebook yang satu ini merupakan salah satu versi aplikasi chat yang biasanya ada di Android. Akan tetapi kekurangannya aplikasi ini cukup menguras baterai, memori, RAM, dan juga kuota internet. Hal ini disebabkan Facebook Messenger selalu online, untuk altenatif sebaiknya buka pesan yang masuk melalui buka akun facebook lewat browser saja.

#3. Path
Path merupakan media social yang cukup populer juga seperti Facebook. Medsos ini menawarkan kanyamanan dan privasi yang cukup baik karena awalnya juga Path dibuat sebagai media social untuk keluarga dan teman dekat. Aplikasi ini kadang sering membuat HP Hang khususnya untuk HP Android yang spesifikasinya rendah. Hal ini akibat dari banyaknya foto dan video yang  dipajang oleh teman-teman kita di Path akan menghasilkan sekali cache yang jumlahnya bisa sampai ratusan MB.

Tetapi yang disayangkan bawha akun Path tidak bisa diakses lewat browser, baik yang ada di HP Android maupun komputer / laptop. Untuk itu jika anda masih tetap memasang aplikasi ini, lakukan juga pembersihan cach aplikasi Path ketika sudah banyak secara rutin.

#4. Aplikasi Widget Cuaca
Kenapa ini perlu diuninstall, sebab aplikasi jenis ini sangat membaratkan HP Android kita. Update cuaca yang berlangsung setiap saat akan membuat aplikasi ini berjalan terus-menerus tanpa kita sadari. Lebih baik anda putuskan saja untuk hapus atau uninstall aplikasi tersebut.

Mending kalau mau menggunakan layanan update cuaca gunakan saja Google di browser dalam mengetahui keadaan cuaca setiap hari. Caranya nyalakan saja fitur lokasi di HP Android, atau kalau menggunakan WiFi ketik saja weather di kolom pencarian Google. Cara yang mudah dan praktis ini pastinya lebih baik dan tidak membertkan smartphone.

#5. Antivirus
Sebetulnya kita tidak perlu memasang aplikasi antivirus di HP Android karana system operasi pada Android sangat aman dan tidak mudah terkena virus. Selain itu kalau antivirus gratisan biasanya memiliki ukuran file yang lumayan besar dan tentu berat ketika dijalankan.

Virus yang masuk biasanya melalui koneksi HP Android ke komputer atau laptop yang terinfeksi malware / virus. Dan yang sering dijumpai adalah akibat pemasangan aplikasi yang tidak aman dan tidak jelas sumbernya akan menjadi benih virus ke Android.

#6. Browser Bawaan
Setiap Hp Android biasanya sudah terpasang browser bawaan, misalkan Google Chrome. Kadang browser bawaan tersebut cukup berat dijalankan yang mengakibatkan data internet kita mudah terkuras habis. Untuk alternative lain sebaiknya gunakan saja browser yang ringan seperti UC Browser Mini atau Opera Mini.

#7. Berbagai Aplikasi Bawaan
Selain browser bawaan yang membuat kinerja menjadi berat, aplikasi bukannya menjadi berat namun dari pada tidak terpakai dan memenuhi memori internal lebih baiknya dibuang saja. Tetapi tidak langsung kita bisa melakukannya, ada cara khusus untuk menghapus aplikasi bawaan dari HP Android. Anda bisa baca Cara Menghapus Aplikasi Bawaan(System) Smartphone Android.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon