2 Nov 2016

7 Kuliner Khas Indonesia yang Menggunakan Santan



Berada di kawasan beriklim tropis membuat masyarakat indonesia memanfaatkan berbagai kekayaan tanaman tropis seperti kelapa. Kelapa yang merupakan tanaman serba guna yang dapat dimanfaatkan dari akar hingga daunnya. Namun, ada satu bagian yang paling banyak digunakan untuk produk-produk pangan yakni daging buah kelapa Sebagai salah satu sumber minyak dan protein penting serta dapat diolah menjadi kopera, minyak dan santan.

Masakan dengan santan banyak digemari masyarakat Indonesia, mengingat kehasam rasanya belum dapat digantikan oleh bahan makanan yang lainnya. Selainn memiliki trasa gurih, santan kelapa juga kaya anti oksidan yang bermanfaat melawan  radikal bebas dan melindungi dari kerusakan sel. Lalu kuliner Indonesia apa saja yang menggunakan santan ya, berikut ini selengkapnya.

Kuliner Khas Indonesia
1. Soto
Kuliner Khas Indonesia

Soto adalah salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Santan yang ada di dalamnya tentu menjadi penymbang makanan ini terasa enak dan lezat, nyatanya sebagian banak orang yang menyukai. Tidak semua soto menggunakan santan kelapa, tapi yang sudah jelas adalah resep soto Medan satu ini.

2. Es Pisang Ijo
Siapa yang tak suka kuliner berbahan dasar pisang dan santan tersebut, ya namanya adalah Es Pisang Ijo sebuah makanan asal Makassar. Namuan juka kalian ingin mencobanya tidak haruk ke Makasar karena kuliner tersebut sudah tersebar hamper ke seluruh pelosok Indonesia.

3. Bolu Kemojo
Bolu Kemojo adalah panganan khas melayu dari Riau, diberi nama Bolu Kemojo karena bentuk cetakan kue ini serupa dengan bunga kamboja. Kue berbentuk bunga ini sering disajikan pada hajatan atau peringatan hari besar lainnya.
Terus apa yang membedakan bolu kemojo dengan bolu-bolu lainnya, kue bolu kemojo ini ternyata menggunakan labu manis, santan, serta wijen.

4. Gudeg
Nnagka tidak hanya dinikmati sebagai buah segar, namuan sebagai makanan utama kuliner khas Jogja. Gudeg merupakan masakan berbahan utama buah nangka muda yang dikombinasikan dengan bumbu-bumbu serta bahan lain seperti santan.

5. Es Selendang Mayang
Bagi masyarakat betawi  Es Selendang Mayang sudah tidak asing lagi, bahkan minuman ini disebut sebagai minuman kuno. disebut Es Selendang Mayang karena  setiap lapisan terdiri dari beberapa warna, adonan kuenya dibuat seperti agar-agar berwarna merah atau hijau yang berpadau dengan warna putih sehingga terlihat menarik. Minuman ini disajikan dengan cara memotong memanjang tipis layaknya selendang, kemudian diberikan sedikit santan lalu air gula dan es batu. Rasa manis dan segar minuman ini sangat pas dinikmati pada sinang hari.

6. Lontong Serapah
Selain tempat wistanya yang indah, Bali juga terkenal dengan kulinernya yang lezat salah satunya adalah Lontong Serapah. Seperti apa ya makanan asal Bali bernama Lontong Serapah itu.

7. Bajigur
Kuliner Khas Indonesia
Minuman hangat dari daerah Jawa Barat ini berbahan utama gula aren dan santan, untuk menambah kenikmatan dicampurkan sedikit jahe, garam dan bubuk vanili. Dalam penyajian kadang kala Bajigur ditambah dengan sedikut kolang-kaliang atau kalau dalam bahasa sunda disebut cangkaleng yang sudah diiris tipis. Terasa santannya yang gurih menambah kenikmatan yang paling pas kala hujan maupun saat cuaca dingin.

Dan itulah tujuh kuliner khas Indonesia dengan santan yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat buat kalian semua. Kami juga akan senang kalau kalian menjadi terinspirasi untuk membuatnya sendiri di rumah.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon