26 Apr 2018

Cara Transfer Uang Antar Bank Tanpa Biaya via Flip.id


Melakukan transfer uang sering dilakukan oleh banyak orang, tak hanya sesama rekening saja melainkan kepada bank yang berbeda. Namun untuk menggunakan layanan trasnfer antar bank biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 6.500 dan mungkin berfariasi tergantung ketentuan masing-masing bank.

Hal tersebut akan menjadi beban tentunya jika hanya mau tranfer uang antar bank dalam jumlah kecil karena tidak seimbang dengan biaya tranfer. Namun diera digital ini perkembangan semakin capat maka teknologi pun semakin canggih. Kalau kalian sering melakukan pengiriman dana antar bank misal dari BRI ke BCA atau lainnya yang berbeda.

Telah ada layanan online yang memungkinkan kita untuk transfer antar bank dengan biaya gratis yakni melalui flip.id. Sebetulnya tidak hanya Flip yang menyediakan layanan itu, ada juga ShivApp, Payfazz, dan Bebasbayar. Teknologi yang digunakan di layanan transfer ini mirip dengan teknologi yang digunakan bank-bank di mesin ATM.


Apakah Flip Aman?
Flip sudah ada sejak Agustur 2015, dengan salah satunya memberikan layanan bebas biaya transfer ke bank lain. Hingga saat ini masih beroperasi, saya pun menggunakan layanan tersebut jika mau melakukan tranfer antar bank dan terbukti aman. Secara umum proses berjalannya transaksi layanan ini adalah kita melakukan transfer sejumlah uang ke Flip, baru kemudian Flip akan meneruskan ke bank lain yang telah kita tentukan dari awal.

Bagaimana Cara Menggunakan Flip

Sebelumnya kita telah memiliki akan Flip terlebih dahulu, situs tersebut dapat kita akses melalui flip.id atau jika menggunakan smarphone sudah tersedia juga layanan dalam bentuk aplikasi yang bisa kalian dapatkan melalui Play Store khusus penguna Android.

Cara daftar Flip pun sangat mudah karena kita bisa langsung menggunakan akun Facebook yang dihubungkannya maupun mendaftarkan diri dengan email.

1. Masuk ke situs flip.id atau melalui aplikasi. Setelah terbuka halaman Flip klik tombol Daftar Flip, kemudian biar mudah pilih saja dafar dengan Facebook.

cara transfer antar bank tanpa biaya

2. Klik lanjutkan sebagai profil Facebook kalian.


3. Sesudah itu kita harus mengisi data mulai dari email, user name, membuat Password, hingga memberikan alamat tenpat kota kalian tempati.


4. Selanjutnya masih mengisi data lengkap, berikutnya untuk memberikan data KTP asli kalian secara lengkap atau identitas lain yang kalian miliki dengan merubah pada kotak jenis identitas.


5. Setelah mengirim data diri kalian, maka proses daftar Flip tinggal satu langka terakhir yaitu melakukan verifikasi akun yang bisa dilakukan langsung di tempat atau via Alfamart. Lebih mudahnya melakukan verifikasi di tampat atau via kartu identitas.


6. Melakukan verifikasi diri dan identitas dengan mengunggah Kartu Identitas / KTP, Uanggah foto wajah, dan foto wajah sambil memegang kartu identitas semua kalian persiapkan dengan benar sesuai contoh.


7. Usai mengirim data verifikasi, ini membutuhkan waktu 1x24 jam atau sehari kalian harus menunggunya terlebih dahulu baru bisa menggunakan layanan transfer dana antar bank tanpa biaya.

Cara Tranfer Antar Bank Tanpa Biaya

Sebenarnya melakukan tranfer sesama bank saja tidak sepenuhnya gratis, tapi kalau ada layanan seperti Flip melakukan pemindahan dana antar bank tanpa biaya administrasi menjadikan sebuah layanan yang sangat dibutuhkan sekali. Entah untuk kebutuhan bulanan, sehari-hari maupun untuk transaksi jual beli online.

Sesuai persyaratan di atas, kita baru bisa melakukan transfer via Flip setelah data diri identitas terverifikasi dengan menunggu kurang lebih 1 hari.

1. Login ke Flip dengan akun yang sudah kalian buat dengan memasukkan email atau masuk pake akun Fb.

2. Setelah halaman terbuka langsung klik menu Kirim Uang.

kirim uang antar bank gratis

3. mengisi order di akun Flip lalu mentransfer uangnya seperti biasa ke rekening Flip, ditambah dengan kode unik pada nominal transfer.
Misal : ingin mentransfer uang Rp 50.000 maka Flip akan memberikan kode unik 30 sehingga total transfernya sebesar Rp 50.030.

Baca juga :
Cara Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Internet
Cara Bayar Bukalapak Melalui Transfer Internet Banking BRI

Kelebihan dan Kekurangan Flip

Kelebihan
- Sebelumnya Flip hanya bisa diakses melalui situsnya, kini Flip sudah bisa digunakan diponsel dengan mengunduh aplikasinya. Sekarang hanya tersedia untuk platform Android saja, mungkin kedepannya akan dikembangkan lagi untuk iOS.

- Seluruh data personal pengguna Flip dienskripsi dengan menggunakan AES-128 sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak luar.

- Flip sudah berbadan usaha PT dan sudah mengantongi kelengkapan izin usaha, bahkan flip sudah terlisensi oleh Bank Indonesia.

- Flip memberikan jaminan uang kembali 100% sesuai dengan total transaksi apabila proses pengiriman terjadi kendala.

- Saat ini telah ada 9 bank yang bisa dipilih pengguna untuk melakukan pengiriman uang, di antaranya bank BCA, BNI, BNI Syariah, BRI, CIMB, CIMB Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, dan Muamalat.

Kekurangan
Flip tidak seperti layanan aplikasi perbankan yang layanannya bisa diakses 24 jam, namun Flip memberikan batasan jam layanan, di mana lewat dari jam layanan tersebut transfer akan diproses pada jam layanan berikutnya.

Setelah mengetahui kekurangan tersebut jadi kalian janagan khawatir dan bertanya-tanya lagi jika proses transfer belum diproses saat itu juga. Dan perlu kalian ingat lagi, meski proses transfer mengalami kegagalan Flip bakal mengembalikan uang kalian secara utuh.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon