Belalang Goreng, Kuliner Wajib yang Harus Dicoba Saat Mudik ke Gunung Kidul


Saat mudik lebaran, Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang paling banyak dituju oleh orang-orang untuk mudik. Kondisi kemacetan yang cukup panjang sudah sering sekali terjadi pada saat musim lebaran tiba. Namun hal tersebut tidak membuat banyak orang bosan. Karena pada saat macet seperti inilah momen perjalanan mudik lebaran akan terasa sangat menyenangkan.

Hal ini disebabkan karena di sekitar jalanan menuju Gunungkidul terdapat para pedagang kuliner yang siap menjadi teman mudik. Kuliner yang dijual juga sangat unik, yaitu “Belalang Goreng.” Kamu semua tentunya penasaran kan dengan kuliner yang satu ini. Makanya, sekali-sekali mudik ke Gunungkidul ya biar kamu bisa merasakan nikmatnya kuliner Belalang Goreng.

Para pedagang kuliner yang berjualan di sekitaran jalan menuju Gunungkidul juga menjual beraneka ragam kuliner hewani. Diantaranya ayam goreng, lele goreng, dan juga bebek goreng. Namun yang menjadi primadona tetap belalang goreng. Karena keunikan kuliner belalang gorenglah yang menyebabkan banyak para pemudik yang rela menghabiskan banyak waktunya untuk sekedar makan kuliner yang ada di sekitaran jalan menuju Gunungkidul.

belalang goreng

Soal rasa, kamu nggak perlu ragu. Meskipun terkesan aneh, namun cita rasa belalang goreng sangatlah nikmat. Selain itu rasanya juga renyah, krispi, dan sedikit mirip udang. Kita semua pasti sudah tahu bahwa belalang merupakan hama bagi tanaman yang memiliki banyak sekali kandungan protein. Protein juga merupakan salah satu kandungan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. So, kamu nggak perlu takut ya guys untuk makan belalang goreng!

Bagi orang-orang yang baru pertama kali mengenal belalang goreng, tentu hal yang pertama kali terlintas di pikiran adalah rasa jijik. Mengingat hewan yang satu ini sangat aneh sekali dijadikan sebagai makanan. Di Gunungkidul sendiri, belalang sudah menjadi lauk makan yang sudah tidak heran lagi untuk dimakan. Mengingat rasanya yang sangat enak, akhirnya masyarakat yang ada di Gunungkidul berlomba-lomba untuk membuka usaha kuliner belalang goreng.

Belalang yang digoreng juga tidak sembarangan. Kebanyakan belalang yang dioleh menjadi makanan yaitu belalang kayu yang banyak ditemui di dahan pohon jati dan juga semak-semak yang ada di Gunungkidul. Belalang goreng juga sudah terbukti layak konsumsi. Jadi, bagi kamu yang punya jadwal mudik ke Gunungkidul, sempatkanlah untuk mampir ke warung kuliner yang tersedia di sekitaran jalan menuju Gunungkidul untuk menikmati sedapnya kuliner belalang goreng.

Belalang goreng yang dijual juga punya banyak varian rasa. Ada yang gurih, pedas, dan juga manis. Ternyata eh ternyata, belalang goreng juga sudah tersedia di berbagai toko online yang ada di Indonesia loh! Jadi bagi kamu yang kepengen makan belalang goreng namun nggak bisa pergi ke Gunungkidul, kamu tetap bisa kok menikmatinya dengan memesan di toko-toko online yang ada di Indonesia.

Harga belalang goreng yang dijual juga tidak terlalu mahal kok dan sangat terjangkau sekali bagi kamu yang ingin makan enak namun minim budget. Untuk 1 porsinya dijual dengan harga 30 hingga 40 ribuan saja. Lumayan terjangkau kan? Belalang goreng juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. So, bagi kamu yang mau berkunjung ke Gunungkidul, jangan lupa untuk beli oleh-oleh belalang goreng ya. Belalang goreng juga sangat asik dinikmati bareng teman-teman dan juga keluarga.

Baca juga : 4 Tips Menghindari Kemacetan Saat Traveling
Itulah sedikit pembahasan tentang belalang goreng, kuliner wajib yang harus dicoba saat mudik ke Gunungkidul. Bagaimana guys, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliner belalang goreng?

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon