3 Destinasi Wisata Bandara Kertajati yang Wajib untuk Kamu Coba


Kamu pernah mendengar Bandara Kertajati? Ya, bandara itu adalah bandara baru. Walaupun bandara ini kelasnya internasional, tetapi penerbangan domestik dan internasional dari dan ke bandara ini masih sangat minim. Kalau kamu pergi ke bandara ini, jangan heran kalau bandara ini masih benar-benar sepi.

Letaknya ada di daerah Kertajati, dekat Kabupaten Majalengka. Sebenarnya bandara ini tidak terlalu jauh, memang akses jalan dan jaraknya dari pusat kota dan ibukota provinsi masih jauh. Penyebab bandara ini sepi bukan hanya jarak dan mobilitas aja, tapi kurangnya “promosi” dari pariwisata di seputar daerah Kertajati.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 3 Destinasi Wisata Bandara Kertajati yang Wajib untuk Kamu Coba. Penasaran apa saja? Berikut ketiga destinasi wisata tersebut!

1. Terasering Panyaweungan


Objek wisata yang pertama adalah Terasering Panyaweuyan. Objek wisata ini terletak di kabupaten Majalengka, jaraknya kurang lebih 46 km dari Bandar Internasional Kertajati , hanya dengan berkendara kurang lebih1 jam, kita bisa sampai di objek wisata ini. Tempat ini sebenarnya adalah perkebunan dan terasering yang berbukit-bukit. Jadi, corak wisata di sini adalah agrowisata.

wisata bandara kertajati
Image : lyceum.id
 
Dengan agrowisata, kita bukan hanya berwisata dan jalan-jalan saja, tapi kita bisa melihat proses bercocok tanam, bincang-bincang dengan para petani, bahkan membeli hasil bumi dari warga sekitar. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam. Saran saya lebih baik kita melihat matahari terbit, pemandangan dan keindahan alam di sekitar terasering akan sangat terasa jika kita mengunjungi nya pada pagi hari. Sambil menghirup udara pegunungan yang segar dan melihat para petani kerja, tentu akan sangat nikmat.

Akses jalan dan lokasi yang sudah cukup terjangkau, membuat siapa saja bisa berwisata ke sini, baik dengan sepeda motor atau dengan kendaraan roda empat. Fasilitas yang ditawarkan objek wisata ini pun lumayan lengkap, walaupun masih sederhana. Ada mushola, toilet, tempat parkir, dan track berjalan di area sekitar terasering. Harga tiketnya hanya 5 ribuan aja. Murah, kan?

2. Curug Muara Jaya


curug muara jati

Wisata air terjun memang tidak akan ada habisnya. Semua orang senang untuk berbasah-basahan, dari anak kecil sampai orang tua. Oleh karena itu, kita tidak boleh melewatkan air terjun yang satu ini, namanya Curug Muara Jaya! Letaknya kurang lebih 48 km dari Bandara Internasional Kertajati, dengan berkendara sekitar 1 – 1,5 jam maka kita akan sampai di lokasi ini. Lokasi ini berdampingan dengan Terasering Panyeuwengan yang sudah dibahas sebelumnya, sangat cocok kalau dua tempat ini didatangi sekaligus.

Air terjun ini sudah terkelola dengan cukup baik oleh masyarakat sekitar, sehingga fasilitas-fasilitasnya sudah lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, mushola, balai, gazebo, sampai track tangga beton di sepanjang jalur menuju air terjun. Jadi, air terjun ini aman untuk dikunjungi oleh anak kecil dan orang tua. Harga tiket masuk ke air terjun ini hanya Rp. 15.000 saja, anak-anak <10 tahun Rp. 5.000, dan jika ingin kemping membayar Rp. 20.000. Kondisi alamnya masih benar-benar asri dan sangat sejuk. Yuk, ke Curug Muara Jaya!

3. Cirebon


Selain daerah Majalengka, objek wisata yang bisa kita kunjungi di sekitar Bandara Kertajati adalah Kota Cirebon. Kota Cirebon sangat menarik untuk kalian kunjungi, karena objek wisatanya sangat beragam. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, sampai wisata fashion.

Jarak Cirebon dari Bandara Internasional Kertajati hanya 55 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 – 2 jam saja. Kalian bisa nyusuri Pantai Kejawanan, berkunjung ke Gua Sunyaragi, beli batik di Trusmi, sampai main ke Keraton kasepuhan.

➧ Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Ternate

Load comments