5 Destinasi Wisata Papua yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


“Tanah Papua selalu mempesona”, siapapun akan sependapat dengan ungkapan itu. Bentangan alamnya yang mengagumkan, keindahan pantainya yang luar biasa, juga sungai-sungai yang melewati hutan lebat dan mengukir lembah-lembah, adalah sketsa alam yang sulit untuk dicari bandingannya.

Sayangnya keeksotisan tanah Papua jarang sekali kita dengar, sehingga belum banyak yang tahu, betapa besarnya potensi wisata yang dimiliki provinsi ini. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 5 Destinasi Wisata Papua yang Menarik untuk Kamu Kunjungi. Penasaran apa saja? Berikut kelima destinasi wisata tersebut!

1. Puncak Carstensz

Carstensz atau Puncak Jayawijaya adalah salah satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 4.844 meter dari atas permukaan laut, Carstensz senantiasa diselimuti salju abadi yang tidak bisa ditemui di wilayah manapun yang dilewati Garis Khatulistiwa. Tempat ini senantiasa menggoda para pendaki dari seluruh penjuru dunia, karena merupakan salah satu puncak tertinggi yang sulit untuk ditaklukkan selain Andes dan Himalaya.

puncak jayawijaya
 
Selain menarik untuk didaki, Pegunungan Jayawijaya juga menawarkan sejumlah sensasi kepada para wisatawan, seperti wisata arung jeram di Sungai Kemabu, sungai yang berbau harum, juga air terjun.

2. Supiori

Supiori adalah kabupaten termuda dengan wilayah yang terkecil di Indonesia. Hanya sebagian kecil saja wilayah di kabupaten ini yang berada di daerah datar, sedang sebagian besar berupa pegunungan yang didominasi kawasan hutan, baik hutan suaka alam, hutan lindung maupun hutan produksi. Tidak heran jika kabupaten ini kaya akan flora dan fauna endemik yang unik, menarik dan tentu saja cantik.

Wilayah perairannya yang memiliki luas 5.993 km2, juga kaya dengan kekayaan laut yang mampu menghasilkan lebih dari 300 ton ikan pertahun. Wilayah perairan Supiori tersebut tidak hanya kaya, tapi juga indah. Bahkan, sebelum dunia mengenal Raja Ampat, Supiori sudah lebih dahulu dikenal sebagai surganya para penyelam.

3. Desa Tablanusu

desa tablanusu papua
 
Tempat wisata di Papua lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Desa Tablanusu. Di sini para wisatawan dapat menemukan berbagai objek wisata, seperti trekking menelusuri hutan untuk melihat berbagai macam tumbuhan dan satwa endemik, melihat sisa-sisa Perang Dunia II yang ditinggalkan Pasukan Sekutu, menikmati keindahan danau dengan biota air tawarnya, menyaksikan berbagai macam upacara adat Desa Tablanusu, juga menikmati keunikan desa wisata ini yang hampir seluruh permukaan tanahnya tertutup batuan alam berwarna hitam berukuran kecil-kecil.

4. Pantai Harlem

Inilah pantai tercantik di Jayapura yang menarik untuk dijadikan tempat beraktifitas snorkeling karena berada di wilayah teluk. Untuk dapat menyaksikan keindahan terumbu karang, ikan-ikan dan berbagai macam biota laut, tidak perlu harus ke tengah laut, karena di Panti Harlem, seluruh keindahan alam bawah laut tersebut sudah dapat dinikmati hanya bebeerapa meter dari bibir pantai.

Suasana sepi karena masih belum banyak dikunjungi para wisatawan, membuat pantai ini menyenangkan untuk dipakai memancing, berenang, bermain dengan pasir, atau menikmati pemandangan alam yang eksotis.

5. Museum Negeri Provinsi Papua

Museum yang menempati lahan seluas 26.042 m2 dengan bangunan seluas 524 m2 ini, berada di Jalan Raya Sentani km 17,8 Waena Jayapura, Kecamatan Abepura, Kabupaten Jayapura. Sebanyak 3.447 koleksi yang tersimpan di sini berupa benda-benda etnografi, arkeologi, biologi, sejarah, fisiologi, numismatic, keramik, peta, seni rupa, serta profil manusia dan diorama. Keberadaan museum tersebut dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan vascoviguratif Papua, sehingga sangat pas untuk dikunjungi mereka yang tertarik dengan kehidupan masyarakat Papua.

Baca juga : 4 Wisata Populer di Jawa Tengah
Itulah 5 destinasi wisata Papua yang menarik untuk kamu kunjungi. Semoga Bermanfaat!

Load comments