Cara Cek Kapasitas RAM Laptop Windows 10


cara cek kapasitas ram laptop
Apakah kalian baru menggunakan laptop dengan Operating System Windows 10? Jika ia tentunya perlu belajar hal baru yang sebelumnya tidak ada di Windows 7. Kalau untuk cak kapasitas RAM sepertinya masih sama untuk cara secara umum yang sering dilakukan pengguna laptop.

Mengetahui kapasitas RAM laptop sangat penting misalnya anda hendak membeli sebuah perangkat komputer tentu saja perlu mengetahui detail spesifikasi, selain RAM yakni, prosesor, system model, Bios dan lainnya.

Membicarakan mengenai RAM tentu berkaitan dengan peran penting perangkat dalam memproses dan menjalankan suatu aplikasi. Jadi jangan heran software sekelas editing video membutuhkan sebuah Ram yang mumpuni supaya prosesnya lebih lancar. Baiklah coba kalian simak cara cek kapasitas RAM laptop di Windows 10.

Cara Cek Kapasitas RAM Laptop


Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika hendak mengetahui jumlah RAM. Bisa dilakukan secara langsung melalui tool yang ada atau hendak menggunakan software pihak ke tiga.

1. Langsung saja pastika kalian telah mengaktifkan laptop, setelah itu tekan tombol keyboard Windows + R


2. Setelah itu akan muncul jendela RUN, isi kotak yang masing kosong dengan ketikkan dxdiag lalau Ok atau Enter.


3. Setelah itu kamu akan dibawa ke DirectX Diagnostic Tool. Pada jendela tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah RAM yang ditanamkan dalam komputer atau laptop. Serta informasi lain seperti model laptop, operating system, system manufacturer dan info lainnya bisa kalian lihat sendiri.

Cara ke 2 : Melihat Jumlah RAM Laptop


Seperti yang sudah kami sampaikan bahwa untuk cek kapasitas Ram ada banyak cara, kalau kalian sudah bisa cara salah satu kami pikir udah beres. Ya akan tetapi kadang tidak semua bisa di aplikasikan pada masing masing laptop untuk itu masih ada cara lain. Mungkin cara pertama tidak bekerja pada laptop kalian mungkin tombol Keyboard huruf R sudah rusak dan alasan lain, maka kamu bisa ikuti cara berikut.

1. Cara ini juga cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke Control Panel > System and Scurity

cek ram laptop windows 10

2. Setelah masuk pada jendela terakhir kamu pilih System, maka setelah itu informasi RAM akan muncul pada halaman atau jendela baru.


Nah itu dia caranya supaya kita bisa mengetahui sendiri berapa kapasitas RAM laptop Windows 10 yang digunakan, semoga tips sederhana ini bermanfaat ya Sobat. Jangan lupa lanjut baca ini juga, Cara Mengatasi Fungsi Tombol Keyboard yang Rusak.

Load comments