Batas FUP Paket Internet IndiHome Terbaru

Pertama kali ingin mengajukan pemasangan internet IndiHome di Rumah, sempat bingung soalnya ternyata dikenakan batas FUP untuk setiap paket bulanan. Bagi kalian yang belum tahu, bahwa FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy, itu adalah batas pemakaian wajar setiap pelanggan.

Karena masih diambang bingung dan juga penasaran akhirnya kami menghubungi kantor IndiHome yang berada di Kota Kabupaten terdekat. Sehingga dapatlah informasi mengenai FUP seperti berikut ini :

Kebijakan FAIR USAGE POLICY IndiHome


batas fup indihome

  • Ketentuan baru FUP ini berlaku bagi setiap pelanggan IndiHome Fiber dengan minimal kecepatan paket internet 10 Mbps.
  • Kecepatan internet setelah FUP tetap unlimited dengan batas tertentu, ini cukup nyaman bila digunakan untuk akses internet secara wajar, sehingga dengan penerapan FUP tersebut kamu tetap bisa terhubung online.
  • Kemudian Telkom berhak untuk mengubah ketentuan kebijakan FUP setiap saat tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya kepada pelanggan. Informasi terkait kebijakan FUP akan ditampilkan via website indihome.co.id

Ketentuan FUP :

- Pelanggan akan mengalami penurunan kecepatan Internet apabila mencapai FUP dalam periode 1 bulan. Penghitungan FUP berbasis bulanan. Usage yang dipergunakan untuk menghitung FUP akan direset (di-nol-kan kembali) setiap awal bulan, sehingga diawal bulan usage pelanggan dihitung mulai dari 0 GB.

- FUP hanya diberlakukan untuk layanan Internet sehingga pengguna UseeTV dibebaskan dari FUP.

- Tidak ada penambahan beban bulanan apabila penggunaan melampaui FUP.

Setelah kita ketahui penjelasan dari pihak IndiHome tersebut, kami rasa cukup untuk kita mengerti bersama. Berikitnya mari kita simak lebih lanjut batas FUP semua paket bulanan IndiHome.

FUP IndiHome 10 mbps

Kecepatan normal untuk paket internet IndiHome Fiber 10 mbps apabila pelanggan telah mencapai 300GB. Setelah melebihi penggunaan kuota tersebut maka kecepatan akan diturunkan menjadi 75% yakni setara 7.5 mbps. Lalu ketika sudah menjapai 400GB kecepatan internet kembali diturunkan menjadi 40% atau setara 4 mbps.

Kalau digunakan untuk internet rumahan 300GB sudah cukup menurut kami, namun bagi yang sering live streaming, hobi nonton film online, dan aktivitas internet lain yang memerlukan data full unlimited maka paket IndiHome 10 mbps akan kurang maksimal.
Batas FUP Kecepatan
>300 GB 7.5 mbps (75%)
>400 GB 4 mbps (40%)

FUP IndiHome 20 mbps

Beda lagi dengan paket berikutnya ini, semakin besar Mbps maka batas FUP pun semakin banyak. Untuk yang 20 mbps ini akan mengalami pengurangan kecepatan internet setelah pelanggan mencapai 500GB akan diturunkan kecepatan internet menjadi 15 mbps. Kemudian akan menjadi unlimited 8 mbps setelah melebihi pemakaian kuota 800GB.
Batas FUP Kecepatan
>500 GB 15 mbps (75%)
>800 8 mbps (40%)

FUP IndiHome 30 mbps

Bahwa semakin tinggi mbps paketan yang kita beli maka FUP juga semakin banyak, untuk itu kita bisa sesuaikan kebutuhan. Untuk 30 mbps sudah layak digunakan pada kantor sekolahan, kantor desa maupun untuk bisnis WiFi IndiHome untuk sekitar rumah tetangga kita.
Batas FUP Kecepatan
>700 GB 22.5 mbps (75%)
>1200 GB 12 mbps (40%)

FUP IndiHome 40 mbps

Sesuai data tabil di atas, untuk penggunaan paket IndiHome dengan kecepatan 40 mbps ini akan dikenakan FUP setelah pengguna mencapai data 900GB, maka kecepatan akan dibatasi menjadi 30 mbps. Sementara itu, apabila telah 1600GB akan dibatasi lagi kecepatannya menjadi 16 mbps.
Batas FUP Kecepatan
>900 GB 30 mbps (75%)
>1600 GB 16 mbps (40%)

FUP IndiHome 50 mbps

Semakin bertambah kecepatan paket IndiHome yang kita gunakan, semakin mahal pula tagihan bulanannya. Akan tetapi batas FUP pun tetap menggunakan pola 75% dan 40%, namun berbeda untuk yang 100 mbps hanya dikenakan setengah saja.
Batas FUP Kecepatan
>1200 GB 37.5 mbps (75%)
>2000 GB 20 mbps (40%)

FUP IndiHome 100 mbps

Untuk paket yang terakhir yaitu kecepatan 100 mbps, kebayang tidak kalau buat download file 5GB kira-kita hanya butuh waktu berapa menit atau malah itungan detik. Untuk yang paket ini hanya dikenakan FUP sekali saja setelah pemakaian internet mencapai 2000GB akan dibatasi 50% menjadi 50 mbps. Biasanya kalau ini dipake pada perkantoran besar dengan pengguna yang banyak disuatu perkantoran.
Batas FUP Kecepatan
>2000 GB 50 mbps (50%)

Baca juga : Cara Download Film dari IndoXXI dengan IDM