Apa Kelebihan dan Kekurangan Cas USB Type C

kelebihan usb type c 

Seiring dengan berkembangnya teknologi dibidak telekomunikasi seperti smartphone berbanding lurus dengan alat pengecasnya yang bisa disebut charger USB, juga menglami peningkatan kini versi tertinggi USB Type C dan kemungkinan kedepan bakal naik level lagi. Disamping pembaruan pasti memiliki kelebihan dan dibalik kelebihan tentu punya kekurangan tersendiri.

Bahwa micro USB (Universal Serial Bus) merupakan standar kabel yang dapat menghubungkan perangkat elektronik dimana akan terjadi proses mengirim data sekaligus dapat mengalirkan daya listrik antara kedua perangkat elektronik tersebut. Menurut info, USB pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1998 hingga kini sudah memiliki beberapa versi dari USB 1.0, USB 2.0, USB 3.0, dan yang terbaru sekarang ini USB Type C.

Awalnyanya usb seri C ini hanya di pergunakan pada perangkat laptop saja. Akan tetapi seiring perkembangan teknologi beberapa smartphone kini memanfaatkan USB Type C seperti Asus Zenfone 3, xiaomi Redmi 9c, Realme 7, one plus 2 dan lainnya. Tentu saja hal tersebut menambah daya Tarik konsumen, karena memang USB tipe tertinggi pengisian daya lebih cepat penuh.

Meski terbaru namanya produk buatan manusia pasti ada plus minusnya. Maka dari itu kami akan ulas beberapa kelebihan dan kekurangan USB Type C.

Kelebihan


Nah kita mulai dari kelebihan USB Type C dahulu, kira-kira apa saja sebagai berikut :

Mengisi Daya Baterai Lebih Cepat

Istilah dalam smartphone disebut sebagi fitur Fast Charging. Memang USB Type C memiliki kecepatan mengisi daya baterai lebih cepat dibanding USB pada uamaumnya yang kebanyakan dipakai pada smartphone kelas spek rendah.

Perhitungannya kalau USB biasa memerlukan waktu mengisi baterai 2 sampai 3 jam, untuk USB Type C dapat mentransfer daya listrik hingga 20 volt pada arus 5 ampere, hanya membutuhkan 1 setengah jam saja. Terlebih lagi smartphone kamu sudah ada fitur fast charging kemungkinan besar akan semakin cepat pengisian daya nya.

Transfer Data Lebih Cepat

Tak hanya mengisi daya, USB tipe c juga dapat mentransfer data lebih cepat. Kalau USB biasa memiliki kecepatan transfer data hingga 480 Mb/detik, sedangkan type C kecepaatan maksimal bisa sampai 10 Gb/detik.

Kalau begitu kamu bisa memindah file ukuran besar misal video film dengan waktu yang singkat dong, dan ini menjadi salah satu kelebihan USB type C pada laptop.

Memiliki bentuk Desain Ramping dan Gak akan Terbalik

 

 
Berbeda kalau kita memakau USB 2.0 yang memiliki sisi atas bawah berbeda sehingga tidak akan masuk ke Hp jika pemasangan terbalik.

Sedangkan untuk USB Type C memiliki bentuk lebih ramping dan memiliki sisi atas bawah yang sama, sehingga kita tak perlu khawatir saat mau charger pemasangan terbalik. Dengan desain ramping menjadikan USB Type C banyak digunakan untuk ponsel smartphone dengan body tipis.

Pemakaian Lebih Awet

Dari segi fungi USB type C sudah unggul jauh, kemudian dari segi pemakaian sehari-hari pun punya daya tahan lebih awat dari pada yang biasa. Meski kita paring pasang dan cabut sambungan USB type C berkali-kali tak akan mempengaruhi penurunan performa.

Ketika terhubung ke TV/Proyektor akan menampilkan resolusi tinggi

Kalau kamu seorang guru, akan sangan membantu dengan menggunakan USB type C ini bakalan mampu menghasilkan suara dan gambar ke proyektor atau televisi beresolusi 4K. tapi kamu juga perlu tamhakan konektor melalui port HDMI, DVI, dan VGA.

Dengan begitu hasil persentasi akan lebih jelas membuat kenyamanan dalam mengajar.

Kukurangan USB type C


Sudah hal umum kalau setiap produk bikinan mausia pasti punya nilai positif dan negative bagi konsumen. Meski sudah unggul dari versi sebelumnya USB type c juga masih punya kekurangan.

- Memerlukan konektor tambahan, seperti ketika kamu hendak menghubungkan hp ke laptop dengan kabel USB type C namun laptop kamu masing pakei USB seri A, maka membutuhkan sebuah konektor.

- Jika bepergian sampai lupa membawa charger type C, sewaktu kehabisan baterai kamu akan kesulitan nge-cas. Soalnya tidak semua Hp menggunakan USB type C, artinya baru ponsel tertentu saja. 

 

Baca juga : Cara Cek IMEI HP


Namun kami juga punya Tips Mneggunakan USB Type C :

  1. Pertama selalu gunakan USB type C bawaan smartphone, soalnya jika menggunakan yang berbeda versi bisa membahayakan Hp kamu.  
  2. Jika hendak beli kabel USB type C baru perhatikan spesifikasi yang cocok dengan Hp kamu, dikarenakan ada beberapa smartphone yang sudah mendukung USB Type C tetapi tidak mendukung untuk USB 3.0 atau 3.1


Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan USB type C setidaknya kamu sudah tahu keunggulannya seperti apa seta fungsi yang lebih baik. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan teknologi baru dengan semestinya.


Add Comments


EmoticonEmoticon