Mengenal Jenis Bluetooth Berdasarkan Versi dan Kelebihan

Sejak dahulu sebelum kemunculan Android ternyata fitur Bluetooth pada suatu ponsel telah diandalkan untuk mengirim dan menerima beragam file. Di jaman modern serta serba digital kali ini bluetooth juga masih menjadi fitur yang selalu ada pada setiap ponsel pintar dengan beragam versi.

Bluetooth dikenal sebagai sebuah teknologi berjenis wireless atau nirkabel yang dikembangkan oleh BSIG (Bluetooth Special Interest Group). Seperti yang telah kami singgung bahwa ini berguna dalam pemindahan kabel dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa perantara kabel. Bluetooth ternyata mampu menjalankan komunikasi dengan jarak satu hingga 100 meter tanpa jaringan internet.

Seiring kemajuan teknologi muncul juga media pemindahan data nirkabel seperti Shareit dengan bentuk aplikasi dengan kelebihan tersendiri. Kini teknologi Bluetooth telah muncul dalam berbagai perangkat elektronik seperti Speaker, Headset, Headphone, dan yang lainnya. Pada speaker misalnya fitur Bluetooth dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan media pemutaran musik di HP dari jarak jauh.

Jika menilik sejarah bahwa taknologi Bluetooth telah muncul pertama kali oleh Nils Rydbeck dan Johan Ullman pada 1989. Sementara namanya diambil dari julukan seorang raja Viking yang bernama Harald Bluetooth. Itu sedikit informasi saja supaya kalian tahu asal-usulnya, sekarang mari kita kenali jenis Bluetooth dari berbagi versi.

Beberapa Versi Bluetooth dan Kelebihannya

jenis bluetooth dan versi
 
Sekilas kita sangat bisa membedakan berdasarkan jenis mulai dari Bluetooth V4.0, V4.1, V4.2, dan tertinggi V5.0 akan tetapi mereka punya kelebihan tersendiri. Biasanya suatu perangkat seperti smartphone semakin canggih maka fitur atau versi Bluettoth juga akan mengikuti.

Bluetooth V4


Pada umumnya bluetooth V4 mempunyai banyak tambahan feature dibandingkan perintisnya yaitu bluetooth 3. Kami tidak menerangkan dengan detail apa pengubahannya tetapi kami kumpulkan dalam beberapa point di bawah ini.

Capaian pada bluetooth 4 lebih luas sampai 100 meter. bila dibanding dengan perintisnya. Disamping itu pada bluetooth angkatan ini mempunyai latency yang lebih kecil dari bluetooth 3 dan bisa diputus jaringannya secara automatis jika tidak dibutuhkan.

Bluetooth 4 mempunyai waktu pengangkutan yang cukup pendek dibanding versus 3 yaitu kecepatannya capai 1Mbps. Bluetooth 4 memberikan dukungan topologi star dalam pemakaianya dan mempunyai keamanan yang lumayan baik karena data terenkripsi dengan sistem AES-128 CCM.

Bluetooth V4.1


Bluetooth ini mempunyai tambahan feature yang sedikit meningkat dibanding bluetooth 4 tetapi tidak mengubah dasar dari versus 4. Feature yang ditambah faksi Bluetooth sendiri ialah mempunyai tujuan untuk manfaat customer supaya lebih bagus.

Bluetooth versus ini bisa diupdate pemakai tanpa menukar piranti hanya karena berbentuk up-date software saja. Bluetooth 4.1 memberikan dukungan integratif dengan jaringan LTE hingga mempunyai kecepatan semakin tinggi dari Bluetooth 4, mempunyai manajemen daya lebih bagus.

Bluetooth V4.2


Bluetooth ini datang Bersamaan dengan perubahan Internet Of Things (IoT). Bluetooth ini mempunyai ketidaksamaan besar dengan Bluetooth 4 dan 4.1. Yang paling penting ialah kecepatan aksesnya yang semakin tinggi dibandingkan bluetooth 4 dan 4.1.

Karena memberikan dukungan aktivitas Internet Of Things, karena itu keamanan data dalam bluetooth makin dinaikkan. Disamping itu daya yang dipakai dalam piranti bluetooth 4.2 benar-benar rendah dan memberikan keuntungan penggunaan daya di piranti mobile.

Bluetooth V5


Bluetooth V5 ialah angkatan terkini dari bluetooth mana saja, bluetooth ini mempunyai ketidaksamaan benar-benar menonjol dibandingkan bluetooth perintisnya dan mempunyai berlipat-lipat kelebihan dibanding bluetooth angkatan awal.

Pada bluetooth ini kecepatan transfer dinaikkan sampai 2Mbps, mempunyai long kisaran atau capaian tinggi, rendah energi, dan memberikan dukungan internet of things lebih optimal.

Kelebihan yang lain adalah tidak terputusnya jaringan bluetooth saat bertemu dalam jarak yang lumayan jauh (seputar 200 meter), atau terhambat tembok dalam jarak 10 meter. Suport yang lain adalah multi piranti di mana banyak piranti yang dapat dihubungkan sekalian lewat bluetooth 5.

Baca juga : Cara Berbagi Aplikasi SHAREit Melalui Bluetooth


Penutup
Berkaitan dengan teknologi bluetooth, pernah tidak dalam benak kalian bertanya kira-kira masyarakat indonesia rata-rata menggunakan Bluetooth versi mana?

Sebetulnya tidak mudah langsung menyimpulkan melihat banyaknya pengguna smartphone, tentu butuh penelitian dahulu. Namun melihat banyaknya pengguna kini sudah pada menggenggam smartphone terkini bisa disimpulkan di Indonesia sudah rata-rata memakai Bluetooth versi baru.

Sementara dari segi penggunaan dan fitur yang akan dirasakan itu tergantung pengirim dan penerima, misal jika sama-sama menggunakan Bluetooth V5 keduanya akan optimal. Sementara jika ditemukan dengan versi tidak seimbang maka yang versi tinggi kecepatan dari segi transfer akan mengikuti versi yang rendah disebabkan versi Bluetooth yang lama tidak bisa mengimbangi.

Add Comments


EmoticonEmoticon