5 Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz Semua Generasi

kelebihan dan kekurangan honda jazz
 

Sejak awal kemunculannya, Honda Jazz langsung menjadi primadona bagi semua kalangan masyarakat Indonesia. Dilihat dari tampilannya, Honda Jazz terkesan elegan namun juga sporty. Wajar saja, jika mobil segmen hatchback ini memiliki peminat yang tinggi. Meskipun peminatnya yang tinggi, terdapat sederet kelebihan dan kekurangan dari pada Honda Jazz yang perlu Anda ketahui.

Hingga saat ini, peminat Honda Jazz masih cukup tinggi meskipun sudah resmi tidak diproduksi kembali di Indonesia.  Apa yang membuat Honda Jazz begitu diminati oleh konsumen? Anda wajib ketahui sebelum akhirnya membelinya, berikut telah kami rangkum menjadi lima kelebihan dan kekurangan Honda Jazz.

Kelebihan Honda Jazz


Setiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu pula dengan Honda Jazz. Ini lah alasan kenapa Honda Jazz banyak diminati:

1. Performa Mesin Cukup Besar


Munculnya Honda Jazz vtec 2005 di Indonesia memang memiliki daya tarik bagi pecinta otomotif. Pasalnya, mobil ini disematkan mesin yang gahar dan bandel dibanding hatchback lainnya. Dibekali mesin bertenaga 1.497 cc menghasilkan daya maksimal 120 PS dengan torsi maksimal 145 Nm.

2. Bagian Kabin Lega dan Bagasi yang Luas


Sebagai penumpang maupun pengemudi, mobil dengan ruang yang lega membuat merasa nyaman selama di perjalanan. Bagian kabin mobil terdapat ultra seat yang sudah dikenalkan oleh Honda Jazz sejak generasi pertama hingga generasi akhir gk5.

3. Hemat Bahan Bakar


Mesin yang cukup besar ternyata tidak membuat mobil ini boros. Untuk bahan bakar 1 liter saja, mobil ini dapat melaju hingga 12,9 km untuk dalam kota. Sedangkan untuk luar kota, konsumsi bahan bakar 1 liter bisa melaju hingga 17,3 km.

4. Adanya Electric Power Steering


Kelebihan yang dimiliki oleh Honda Jazz adalah adanya electric power stering. Tujuannya adalah ketika sedang melaju dengan kecepatan rendah maka mobil akan terasa ringan.

Berbeda ketika mobil sedang berada di tikungan justru akan terasa berat yang membuat mobil tetap stabil sehingga dapat menghindari adanya perputaran kecil

5. Fitur Interior yang Lengkap


Untuk kualitas bagian interior Honda Jazz sudah tidak diragukan lagi. Sepertinya Honda Jazz memang menyasar kenyamanan penumpang dari segi interiornya.

Kekurangan Honda Jazz


Hingga saat ini, Honda Jazz masih banyak diminati meskipun hanya barang bekas. Agar tidak salah dalam memilih Honda Jazz bekas, kenali kekurangannya.

1. Kurangnya Fitur Keselamatan


Fitur keselamatan bagi sebuah kendaraan adalah suatu hal yang penting bagi pengendara. Saat ini, banyak fitur keamanan yang disematkan guna menunjang keselamatan pengendara selama di perjalanan.

Sayangnya, Honda Jazz belum dilengkapi dengan fitur keamanan Vehicle Stability Control, Brake Assist dan Hill Start. Selain itu, kantong udara mobil hanya berada di dua titik saja.

2. Suspensi Terasa Keras


Bagian suspensi kendaraan juga menentukan kenyamanan penumpang namun berbeda dengan Honda Jazz yang cenderung tidak seimbang. Sebab, suspensi bagian depan cenderung keras sedangkan bagian belakang cenderung lebih halus. Ketidakseimbangan suspensi ini justru kurang nyaman ketika dikendarai sendiri maupun bersama-sama.

3. Mesin Bergetar


Baik generasi pertama, Ge8 dan Gk5, kelemahan Honda Jazz adalah mesin yang bergetar ketika dihidupkan dalam waktu yang lama.

4. Tidak Adanya Earth Dream


Kelemahan lain dari Honda Jazz adalah belum adanya earthdream pada generasi pertama dan ketiga. Barulah Honda mengeluarkan teknologi ini di Honda Jazz generasi ketiga. Teknologi ini bertujuan agar mobil lebih efisiensi penggunaan bahan bakar.

5. Sistem Audio Masih Biasa


Meskipun bagian interior Honda Jazz terkesan mewah dan elegan, sayangnya terdapat bagian audionya. Bagian audio adalah hal yang paling terasa kelemahan dari Honda Jazz. Untuk kelas hatchback dengan harga yang cukup maha, audio tersebut terbilang sangat biasa.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan Honda Jazz di atas, konsumen akan lebih mempertimbangkan kembali dalam memilih Honda Jazz. Baik kelebihan dan kekurangannya, Honda Jazz masih menunjukkan performa yang layak dan peminatnya pun cukup tinggi.

Add Comments


EmoticonEmoticon