10 Tips dan Trik Mengedit Video untuk Pemula

tips dan trik mengedit video untuk pemula
 

Sekaran ini dunia pengeditan video memiliki berbagai peluang besar untuk dijelajahi. Sehingga tidak heran jika ada persaingan ekstrim di bidang ini. Namun bagi pemula jangan khawatir, di sini Anda bisa mendapatkan keuntungan tips dan trik dari beberapa pengeditan video yang luar biasa.

Ikuti tips praktis ini untuk Anda belajar agar nantinya menghasilkan editor video yang bagus supaya mampu stand dari yang lain dengan keterampilan editing video Anda:

1. Cari editor video yang bagus


Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah memilih perangkat lunak (program) yang baik untuk membantu Anda dalam proses editing video. Ada banyak perangkat lunak yang kita rekomendasikan yang dapat Anda pilih. Saat memilih editor video, carilah perangkat lunak yang memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, banyak fitur, dan mudah digunakan.

Jika Anda mencari editor video yang bagus, Anda dapat mempertimbangkan beberapa pilihan berikut:

video editor
 
● InVideo
● Filmora
● Adobe Premiere Pro
● DaVinci Resolve, dan banyak lagi.

2. Video pendek dan tajam


Kunci untuk membuat penonton tetap tertarik adalah memastikan bahwa alur cerita atau elemen video tidak terlalu panjang. Jangan ragu untuk memotong bagian tambahan yang tidak diperlukan. Dari pada membuat video yang panjang tapi bertele-tele dan membosankan, lebih baik buatlah video yang pendek namun tajam yang akan membuat audiens Anda tetap terlibat dan tertarik.

Video yang sangat panjang sering dikritik dan dapat dengan cepat membuat pemirsa meninggalkannya. Kunci untuk mengedit video yang baik adalah mengoreksi video Anda sendiri dan memeriksa elemen yang tidak Anda inginkan sebagai penonton.

3. Pentingnya mengetahui Pintasan


Pintasan belajar adalah cara termudah untuk mempercepat proses pengeditan. Alih-alih mengikuti protokol kompleks untuk melakukan fungsi apa pun, Anda dapat menggunakan pintasan tombol keyboard untuk melakukan proses yang sama hanya dalam satu klik. Program pengeditan video yang berbeda memiliki pintasan yang berbeda. Oleh karena itu, kenali pintasan editor video yang Anda gunakan untuk menyederhanakan tugas pengeditan Anda.

4. Menggunakan musik dan efek SFX


Memilih musik dan efek SFX adalah bagian penting dari pengeditan video yang dapat menyempurnakan video Anda. Mereka membuat video Anda lebih realistis, dapat dihubungkan, dan dapat dipercaya.

Pertimbangkan adegan mengejar mobil. Ini mendebarkan! Trek musik di latar belakang sesuai dengan kecepatan mobil, sehingga Anda dapat dengan mudah merasakan derit ban, tabrakan, dan adrenalin!

Musik dan SFX bersama-sama membuat "kebohongan" di layar menjadi kenyataan! Mereka menambahkan lebih banyak kedalaman dan lapisan ke proyek Anda. Oleh karena itu, pilih trek musik yang bagus yang sesuai dengan visual video Anda dan juga melengkapi tema.

5. Stabilisasi video adalah suatu keharusan.


Tidak ada yang suka menonton video dengan rekaman yang goyang dan tidak stabil. Pastikan untuk menstabilkan video Anda di perangkat lunak pengeditan video agar gambar tidak terdistorsi dan semua elemen bermasalah dihilangkan. Audio berkualitas buruk dan video yang goyah dapat menurunkan kualitas video akhir Anda. Oleh karena itu, selama proses pengeditan video, Anda harus memastikan bahwa Anda telah memperbaiki gangguan ini. Ini dapat dicapai dengan mengubah pengaturan Anda dan bereksperimen dengan setiap parameter yang mungkin untuk mencapai hasil yang diinginkan.

6. Pilih perangkat yang sesuai


Selain memilih editor video yang bagus, Anda akan memerlukan perangkat yang mendukung perangkat lunak Anda. Komputer yang lebih cepat yang mendukung perangkat lunak Anda akan membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih mudah. Komputer yang baik biasanya memiliki hal berikut:

● Drive penyimpanan yang cepat
● RAM berkapasitas tinggi
● VGA yang bagus
● Prosesor yang cepat

Perangkat yang baik juga akan lebih bermanfaat untuk efisiensi kerja perangkat lunak. Jadi, jika Anda berencana untuk terlibat dalam bidang pengeditan video, pilih perangkat Anda dengan bijak karena ini adalah investasi yang berharga.

7. Narasi sebuah cerita


Seorang editor video yang baik tahu bahwa membuat video melibatkan lebih dari sekadar memotong dan menempelkan cuplikan. Jika Anda ingin berinteraksi dengan audiens Anda dan benar-benar membuat dampak melalui video Anda, penting untuk mengedit video Anda dengan cara menambahkan narasi sebuah cerita yang menarik.

Ajak audiens Anda dalam perjalanan yang tidak akan mereka lupakan, bahkan jika pesannya melibatkan konsep sederhana. Setiap efek dan transisi yang Anda pilih untuk video Anda harus sesuai dengan alur cerita Anda. Hanya jika penonton Anda dapat memahami video tersebut, hal itu akan berdampak pada mereka.

8. Pelajari istilah pengeditan


Industri pengeditan video cukup luas, dan ada banyak istilah yang harus diperhatikan sebelum Anda memulai perjalanan ini. Pengetahuan dasar dan komprehensif tentang konsep pengeditan video dapat membantu Anda berkomunikasi dengan editor lain di industri video ini, dan bahkan klien Anda.

Beberapa istilah dasar yang perlu Anda ketahui adalah:
● Jump Cut, J, dan L Cut;
● Montase;
● Transition;
● Layering, dan banyak lagi istilah dalam editing video yang perlu Anda pahami.

9. Teratur


Proses pengeditan Anda bergantung pada banyak faktor seperti sifat video Anda, editor video yang Anda gunakan, aspek kreatif, dan banyak lagi. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan tugas pengeditan dengan mudah, pastikan Anda telah mengatur semuanya di sistem Anda. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk proyek sederhana karena kurangnya pengaturan, disarankan untuk menghabiskan beberapa menit mengatur semua file Anda terlebih dahulu.

Salah satu cara paling populer untuk mengatur footage Anda adalah dengan menggunakan struktur folder yang diberikan:
● Footage;
● File Proyek;
● grafis;
● audio;
● Gambar, dll.

10. Gunakan efek yang lebih dramatis


Anda dapat menggunakan ide pengeditan untuk sekadar menekankan momen atau memberikan efek dramatis yang diperlukan pada video Anda. Anda dapat memperbesar untuk mengekspresikan emosi subjek video Anda atau memperkecil untuk fokus pada keseluruhan bingkai video. Efek dramatis ini membantu audiens Anda supaya menyatu dengan peristiwa video Anda. Banyak lagi efek dramatis seperti itu yang dapat digunakan untuk membuat pengeditan video Anda menjadi proses yang sehat.

Penutup

Ini adalah beberapa tip dan trik yang dapat Anda ikuti saat mengedit video Anda agar lebih mahir. Baik Anda seorang pemula atau profesional, ini pengeditan video peretasan dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Jadi, mulailah perjalanan mengedit video Anda sekarang, dengan mengingat tips ini!

Add Comments


EmoticonEmoticon