Tips Mencegah Kerusakan Speaker pada Laptop

tips mencegah kerusakan speaker laptop
 

Memang benar mengenai speaker Laptop kalau sampai rusak tidak akan mengurangi performa kinerja perangkat, akan tetapi kita jadi kesulitan ketika hendak mendengarkan suara dari video yang diputar maupun musik dari laptop. Untuk itu sebaiknya kita sebagi pengguna perlu hati-hati dan juga tahu bagaimana cara mencegah agar kerusakan speaker tidak terjadi pada Laptop kamu.

Mengingat kalau speaker sampai rusak dan mati biaya untuk memperbaik mencapai ratusan ribu rupiah bahkan bisa lebih dari itu. Akan sangat disayangkan kalau dari awal tidak merawat speaker laptop dengan baik, kamu sendiri nantinya yang nanggung resikonya. Terlebih sebuah elektronik yang beli dengan kondisi baru tidak menjamin bakal awat, kadang laptop yang dibeli dalam kondisi secound pun bisa lebih tahan lama sebab perawatan jadi salah satu pencegah kerusakan dikemudian hari.

Ada 5 Tips untuk Mencecah Kerusakan Speaker Laptop / PC


Diambil dari pengalaman pribadi serta beberapa sumber, kami menemukan tips untuk Anda yang masih baru dalam mengoperasikan laptop. Supaya speaker laptop Anda jadi lebih minim mengalami kerusakan sebaiknya ketahui dahulu beberapa tips berikut ini.

Hindari Guncangan pada Laptop


Hal utama dan mungkin sering terjadi pada pengguna Laptop adalah sering menaruh sembarangan hingga terjadilah guncangan pada laptop kamu. Sebab guncangan pada laptop lama-kelamaan maupun dalam waktu dekat bisa berakibat speaker laptop lepas bahkan membran speaker rusak dan mati.

Misalnya ketika kita meletakkan laptop pastikan papan atau meja benar-benar rata, hindari permukaan yang bergelombang. Dan juga sebaiknya penggunaan laptop di atas kasur karena bisa berakibat laptop cepat panas.

Kurangi Menghidupkan Audio dengan Keras


Jika kamu orang yang suka menggunakan laptop sambil mendengarkan musik, sebaiknya jangan terlalu sering nyetel audio secara full. Sebab kalau hal itu dilakukan terlalu sering suara speaker lama-lama jadi pecah.

Jika memang ingin mendengarkan musik dengan suara kencang, saran kami gunakanlah speaker laptop eksternal seperti halnya sound aktif maupun speaker bluetooth.

Hindari Radiasi sinyal HP


Dari beberap informasi kami mendapati info kalau radiasi sinyal handphone dapat menyebabkan kerusakan pada speaker laptop dikarenakan radiasi sinyal bisa mematikan jalur audio pada bot laptop. Setelah kami coba teliti memang benar, disaat yang bersamaan ketika Hp berada di sekitar laptop kemudian masuk sebuah SMS, tiba-tiba speaker laptop suaranya sidikit patah patah.

Untuk itu ketika kamu sedang menghidupkan speaker laptop dalam waktu cukup lama sebaiknya perangkat seperti handphone diatur ke mode pesawat untuk sementara waktu. Jangan khawatir Hp dalam mode pesawat tetap bisa disambungkan dengan WiFi, jadi kamu bisa tetap online di WhatsApp.

Jangan Sering Cabut Pasang Headset


Kalau kamu orang yang suka mendengarkan musik dari laptop menggunakan headset, hansfree, dan sejenisnya, usahakan untuk tidak terlalu sering lepas pasang konektor audio. Sebab jika itu sering dilakukan kemungkinan besar akan menyebabkan adanya konsleting terhadap colokan konektor headset.

Kemungkinan kita sering melakukan hal tersebut karena memiliki satu headset yang digunakan pada dua perangkat, jadi saran kami lebih baik untuk menghindari kerusakan speaker supaya beli satu headset lagi agar laptop sendiri dan headset juga ada yang lain.

Selalu Perhatikan Kebersihan


Yang jadi musuh utama sebuah perangkat elektronik adalah benda cair, selain itu yang kadang kita tidak merasakan secara langsung adalah debu yang menempel tiap waktu. Jadi sangat penting untuk selalu memperhatikan kebersihan sekitar laptop baik dari benda cair maupun debu. Sebab debu yang masuk ke lobang speaker laptop dapat menghambat dan menutupi bunyi dari speaker laptop.

Maka dari itu jaga kebersihan laptop kalian setidaknya tiga hari sekali kalian bersihkan dengan memeriksa setiap lobang kalau ada kotoran yang menempel segera hilangkan.

Nah itu dia beberapa tips dari kamu supaya mencegah kerusakan speaker laptop, semoga cara yang sederhana ini bisa meminimalisir terjadinya hal buruk pada perangkat. Kalau kalian rasa ini bermanfaat jangan lupa bagikan pada teman kalian ya, terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon