Jangan Keramas Setiap Hari, Tidak Baik Untuk Kesehatan

bahaya keramas setiap hari
 

Kegiatan atau aktivitas hari-hari yang padat akan membuat rambut kita menjadi terasa gerah dan bahkan terasa kotor sekali. Situasi rambut yang gerah ini akan menuntut keinginan kita melakukan keramas setiap hari, khususnya saat sore atau malam hari setelah pulang kerja. Betul si, rambut dan kepala bisa terasa lebih segar dan bersih sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih nyaman untuk beristirahat. Sayangnya, jika kita melakukan keramas setiap hari, malah justru membuat kesehatan rambut semakin memburuk. Mengapa hal ini bisa terjadi demikian?

Tak hanya mandi, banyak orang yang sengaja berkeramas setiap hari. Biasanya, alasan kenapa melakukannya adalah untuk membuat rambut terasa bersih dan segar, apalagi jika aktivitas harian membuat kita sering berkeringat atau terpapar debu. Sayangnya, meskipun bisa membuat sensasi lebih segar, berkeramas setiap hari ternyata tidak baik untuk kesehatan dan bisa berbahaya.

Dari ahli kesehatan sudah disampaikan apabila sehari setelah kita berkeramas, sesudah itu rambut akan secara alami terlapisi oleh sebuah minyak alami, inilah yang membuat rambut kita menjadi lebih mudah ditata. Namun akan berbeda jika berkeramas setiap hari, jadinya kemungkinan produksi minyak alami menjadi terganggu yang berakibat rambut pun akan beresiko menjadi lebih kering, lepek, dan malah jadi sulit ditata.

Bisa Beresiko Kanker


Tak tanggung-tanggung, menurut pakar kesehatan, berkeramas setiap hari ternyata bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit kepala yang kehilangan kandungan minyak alaminya pada bagian epidermis. Padahal, kandungan minyak alami ini sangatlah penting bagi perlindungan kesehatan kulit kepala dan rambut. Alhasil, kulit kepala juga rambut kita pun menjadi lebih kering.

Kandungan di dalam shampo bernama Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang bisa membuat shampo berbusa ternyata juga bisa memicu iritasi pada kulit kepala. Selain itu, kandungan paraben di dalamnya juga telah beberapa kali dikaitkan dengan kanker payudara di banyak penelitian. Hal ini berarti, jika kita terlalu sering menggunakannya, risiko terkena kanker dikhawatirkan bisa meningkat.

Baca juga :
- Khasiat Kunyit untuk Kecantikan hingga Obat Kanker
- Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Tuna untuk Kesehatan

Selain menggunakan shampo, ada baiknya kita juga berhati-hati dalam memilih sabun mandi, khususnya yang bisa memicu sensasi kulit kering. Gunakanlah sabun yang bisa menjaga kelembaban kulit. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan air hangat saat mandi karena bisa menyebabkan kulit kering.

Jika kalian sudah sering melakukan dengan berkeramas tiap hari, maka akan merasakan sensasi segar dan bisa menghilangkan stres dari usai melakoni aktivitas. Kendalanya, berkeramas tiap hari tentu akan menjadikan rambut tambah kering dan kusam seperti yang sudah kami sampaikan, mengingat minyak alami dari kulit kepala berkurang bahkan hilang dan tidak melapisi rambut sama sekali. Kalian justru akan memiliki masalah baru pada rambut yang malah membuat tambah stres.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mencuci rambut setiap hari jika ingin menjaga kesehatannya. Kalaupun kita ingin sekali berkeramas setiap hari karena banyak beraktivitas di lingkungan lebih kotor, maka ada baiknya kita menggunakan merk shampo dengan bahan kimia yang ringan. Selain itu, cobalah melapisi rambut dengan serum yang bisa menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih lembut. Dengan memakai tambahan vitamin rambut ini, maka akan mendapatkan nutrisi pada rambut dan mendapatkan pengganti lapisan minyak alami sehingga tidak akan mudah terkena masalah rambut kering atau kusam.

Aturan Keramas yang Tepat, Berapa Kali?


Lantas, seberapa sering frekuensi penggunaan sampo yang sebaiknya kita lakukan? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berkeramas 2-3 kali saja dalam seminggu. Jika kita sering berada di lingkungan yang kotor, ada baiknya melindungi rambut dengan topi atau penutup kepala lainnya sehingga rambut kita tidak mudah terkena debu.

Akhir Kata
Mungkin sudah cukup jelas ya, mengenai mengapa kita tidak boleh keramas rutin tiap hari, apa akibatnya hingga berapa kali dalam satu minggu keramas dianjurkan. Semoga info ini menambah pengetahuan kita semua dan lebih bijak dalam menjaga kesehatan masing-masing.



Add Comments


EmoticonEmoticon