Cara Mengatasi Hp Vivo Lemot dengan Tiga Langkah

Daftar Isi

Zaman sekarang, sebagian aktivitas dapat dilakukan secara online. Salah satu produk digital yang digunakan oleh mayoritas orang adalah handphone. Jika hp sudah mulai terasa lemot, hal itu dapat menghambat aktivitas Anda. Seperti halnya Hp Vivo, bahwa umumnya semakin bertambah umum ponsel Vivo cenderung kinerjanya bakal meurun. Untuk itu akan dijelaskan cara mengatasi hp Vivo yang lelet.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai merek hp yang beredar. Mulai dari Samsung, Oppo, Redmi, Vivo, Infinix dan lain sejenisnya. Selain itu, pengguna dari hp tersebut berasal dari berbagai kalangan baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua. Hp sudah menjadi benda penting bagi sebagian orang, makanya kalau sampai lemot atau loading lama akan jadi masalah tersendiri.

Coba Cara Mengatasi Hp Vivo Lemot Berikut Ini


cara atasi hp vivo lemot

Kenapa hp Vivo lemot padahal memori masih banyak? Hp bisa mengalami kelambatan karena berbagai alasan tidak hanya karena memori penuh.

Jika hp Vivo yang biasa Anda gunakan untuk melakukan aktivitas mengalami lemot, tentu itu membuat perasaan Anda jengkel dan aktivitas jadi terhambat.

Salah satu hal yang menyebabkan hp lemot adalah memori penyimpanan penuh atau terlalu banyak aplikasi aktif yang digunakan. Oleh karena itu Anda perlu ketahui cara mengatasi hp Vivo lemot bisa disimak berikut ini.

1. Bersihkan Memori dengan Menghapus Aplikasi atau File yang Tidak Dipakai


Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, penyebab umum sebuah hp menjadi lemot yaitu disebabkan oleh memori penyimpanan yang penuh. Memori yang penuh ini biasa diisi oleh banyak aplikasi dan file cache yang menumpuk dan sebagian sudah tidak terpakai lagi.

Sebagian orang merasa malas membersihkan memori hp sehingga tahu-tahu memori penuh dengan berkas dan aplikasi yang jarang dipakai. Oleh karena itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi masalah hp Vivo lemot.

  • Hidupkan hp Vivo Anda dan bukalah “i Manager”
  • Kelola berkas Anda dengan membuka “Pengelolaan ruang”
  • Pilah aplikasi yang sudah jarang dipakai atau sudah tidak digunakan lagi lalu hapus aplikasi tersebut.
  • Jika Anda merasa ada media dan dokumen yang perlu di back-up, maka lakukan back-up di cloud drive. Baru kemudian, Anda bisa menghapusnya dari penyimpanan internal atau kartu SD pada hp Vivo Anda.
  • Proses menghapus berkas dan aplikasi selesai,


Sedangkan untuk membersihkan file sampah yang menumpuk pastinya akan sulit jika dilakukan secara manual, maka dari itu kita juga perlu senjata tambahan berupa aplikasi dan itu bisa kalian pilih dari 9 Aplikasi Cleaner Android Terbaik Tanpa Iklan.

2. Memperbarui Sistem


Anda perlu mengecek secara berkala apakah hp Vivo Anda membutuhkan pembaharuan sistem. Sebab, masalah seperti bug pada sistem dapat diperbaiki dengan memperbarui sistem. Berikut cara memperbarui sistem di hp Vivo.

  • Bukalah pengaturan pada hp Vivo milik Anda.
  • Cari opsi menu “Pembaharuan sistem”. Nantinya, akan muncul layar yang berisi informasi mengenai versi sistem hp Vivo saat ini. Jika memang hp Vivo membutuhkan pembaruan versi, maka nanti akan muncul notifikasi pemberitahuan untuk melakukan update. Anda tinggal mengeceknya secara berkala.


3. Melakukan Reboot System


Cara mengatasi hp Vivo macet selanjutnya yaitu dengan melakukan reboot system. Metode ini bisa Anda praktikkan ketika hp mengalami hang. Langkah-langkah untuk reboot sistem yaitu :

  • Anda perlu menekan dan menahan tombol daya sekaligus tombol volume naik dalam waktu yang bersamaan hingga logo Vivo muncul. Mulai dari saat ini, hp akan memasuki mode “Fastboot”.
  • Kemudian pilih “Mode pemulihan”. Caranya dengan menekan tombol volume turun. Selanjutnya untuk masuk ke mode tersebut, Anda perlu menekan tombol daya.
  • Setelah itu, pilih opsi “Hapus data” dan Anda juga perlu memilih “Reboot System”.
  • Tunggu hingga seluruh proses reboot sistem selesai.


Demikian beberapa cara mengatasi hp Vivo lemot yang bisa Anda coba hanya dengan tiga langkah saja. Anda dapat mencoba satu per satu dari metode di atas sesuai dengan keadaan hp. Harapannya setelah berhasil mengatasi kelemotan hp, Anda bisa beraktivitas lancar seperti sedia kala dengan ponsel Vivo kesayangannya.

Posting Komentar