10 Bumbu Dapur yang Sebaiknya Tidak Masuk Kulkas

bumbu dapur dalam kulkas
 

Tahukah kamu kalau ada beberapa bumbu dapur yang sebaiknya untuk tidak kamu simpan dalam kulkas. Umumnya kulkas tidak hanya berfungsi untuk mendingankan minuman dan makanan saja, akan tetapi alat tersebut juga sering dimanfaatkan oleh orang-orang untuk mengawetkan bahan bumbu dapur.

Memang makanan yang mudah basi dalam waktu yang singkat akan lebih tahan lama lagi ketika kita menyimpannya dalam kulkas. Meski begitu, tidak semua bahan makanan cocok disimpan ke kulkas, soalnya suhu dingin justru bakal membuat beberapa bahan makanan seperti bumbu dapur menjadi kurang baik.

Berikut ini telah kami rangkum dari berbagai sumber beberapa bumbu dapur yang tidak boleh dan sebaiknya hindari untuk disimpan di dalam kulkas, apa saja simak berikut ini:

1. Bawang Merah

Bawang merah dapat menjadi keras dan berubah warna jika disimpan di dalam kulkas. Tekstur bawang meah pun akan jadi lebih kusam. Kemudian rasanya yang khas akan berkurang sehingga ketika dipakai buat bumbu malah terasa hambar.

2. Bawang putih

Bawang putih akan cepat busuk jika disimpan di dalam kulkas. Bumbu dasar makanan ini juga kalau kita simpan dalam kulkas malah akan berjamur, maka dari itu lebih baik hindari menyimpan bawang putih dalam kulkas ya.

3. Jahe

Jahe akan cepat mengeras jika disimpan di dalam kulkas.

4. Lada hitam

Lada hitam akan kehilangan aroma dan rasa jika disimpan di dalam kulkas.

5. Kemiri

Kemiri akan menjadi kering dan keras jika disimpan di dalam kulkas.

6. Bawang Bombai

Jika sampai lembab bawang bombai yang berada dalam kulkas bisa mengakibatkan lembek, kusam, dan cepat berjamur.

7. Tomat

Tomat itu paling tepat diletakkan pada tempat yang sirkulasi udaranya lancar seperti di atas meja dapur. Jika kita memaksakan tomat disampan dalam lemari es atau kulkas bakal membuatnya kusam, lembek hingga bukannya awet malah busuk.

8. Minyak

Minyak itu baik Zaitun, kelapa murni, minyak kelapa sawit, dal lainnya telah dapat bertahan cukup lama tanpa harus menympannya dalam kulkas. Malah kalau kita menyimpan minyak di lemari es akan jadi mengental dan membeku seperti margarin.

9. Bumbu rempah-rempah

Seperti kurkuma, ketumbar, jinten, dll. Bumbu-bumbu rempah-rempah akan kehilangan aroma dan rasa jika disimpan di dalam kulkas.

10. Kentang dan Ubi

Kalau punya kentang dan ubi di rumah, sebaiknya kalian simpan pada tempat yang kering dan sejuk misalnya dalam lemari. Kenapa kentang dan ubi kurang bagus ditaruh dalam kulkas? Yang pertama karena udara yang dingin dan lembab bisa merusak tekstur dan rasa. Sebab kandungan pati dalam kentang dan ubi akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga malah jadi terasa manis yang menyengat.

Penutup
Sebaiknya disimpan di suhu kamar yang sejuk dan kering, dalam wadah tertutup rapat yang bersih dan segar sehingga dapat digunakan untuk periode yang lebih lama.

Add Comments


EmoticonEmoticon