Makna Kata Gabut dan Arti Kata Ambyar

arti kata gabut
 

Seperti yang kalian telah ketahui, sebelumnya saya telah membahas mengenai bahasa gaul dari kata Rungkad. Untuk kali ini saya baru saja mendengar kata baru lagi atau istilah yang tak kalah viral di telinga kita, yaitu Gabut dan juga istilah Ambyar. Apakah kalian semua sempat membaca atau mendengar dua kata tersebut?

Kalau belum tahu artinya san penasaran maka saya akan jelaskan pada kalian secara rinci biar paham dan contoh penggunaannya di kehidupan. Mungkin saja Anda sendiri mengalami situasi dari kata Gabut maupun Ambyar hanya saja belum tahu maknanya jadi belum bisa menggambarkan keadaan itu dalam sebuah kata.

Istilah tersebut sebenarnya muncul sudah lama, tapi akhir-akhir ini kembali naik di sosial media. Bahasa gaul sangat mudah populer sebab mayoritas yang memakai para anak muda. Karena terdengar unik sehingga sangat dengan mudah untuk mengundang perhatian dari orang lain sampai banyak yang ikut-ikutan menggunakan bahasa gaul. Berikut penjelasan kedua kata yang akan dijelaskan dari kata Gabut dan Ambyar.

Arti Kata Gabut


Gabut merupakan singkatan atau gabungan dari dua kata yakni “Gaji Buta”

Mungkin kalian pernah menjumpai teman satu kantor, dimana orang lain sibuk sama pekerjaan masing-masing ada salah seorang yang malah asyik main Game di komputer. Maka bisa disimpulkan itulah yang dinamakan orang gabut. Artinya kata tersebut ditujukan pada seseorang yang menghabiskan waktunya buat kegiatan di luar pekerjaan. Dengan kata lain orang tersebut memakan gaji buta, orang lain yang kerja keras tapi dia ikut gajian.

Selain itu, seiring berkembangnya penggunaan kata gabut yang dipakai sama generasi Z. Untuk makna yang lebih luas kata “Gabut” juga juga digunakan untuk seseorang yang berada dalam situasi bingung mau melakukan kegiatan apa setelah semua pekerjaan telah ia kerjakan.

Contoh gabut karena tidak ada aktivitas seperti berikut:
Yanti berada di rumah. Ia sendirian dan tidak melakukan apa-apa karena semua pekerjaan rumahnya telah selesai. Maka dalam hal ini bisa dikatakan bahwa Yanti sedang “gabut”

Arti Kata Ambyar


Kata ambyar ini kebanyakan dipakai buat anak muda yang sedang dalam derita. Lantas bagaimana penjelasan lebih lanjut mengenai bahasa gaul yang satu ini sampi bisa viral ke lapisan masyarakat kita.

Ambyar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi.

Seperti yang kalai ketahui kalau kata ambyar kerap menjadi caption di media sosial seperti TikTok, Instagram, hingga Twitter. Bahkan sempat menjadi judul dalam acara salah satu stasiun TV nama judulnya “Pagi-Pagi Ambyar”.

Kata tersebut sebenarnya salah satu kosa kata dalam bahasa Jawa. Oleh karena itu Ambyar pertama kali populer di tengah masyarakat Jawa yang dipakai untuk menggambarkan suatu keadaan atau suatu benda yang pecah, rusah, dan bercerai-berai.

Kata Ambyar dalam bahasa gaul biasanya dimaknai sebagai gambaran perasaan seseorang yang sedang hancur. Misal: "Si Budi sedang Ambyar, soalnya abis diputusin sama pacarnya".

Penutup
Nah bagaimana “Sobat Ambyar” :)
Sekarang kalian sudah paham bukan makna dari kedua kata tersebut, yakni arti gabut dan juga kata ambyar yang sering kalian dengar di tengah masyarakat modern. Setelah paham, mudah-mudahan tidak ambyar lagi ya dan jangan lupa untuk selalu beraktivitas biar tidak gabut.

Add Comments


EmoticonEmoticon