Apa Arti Kata Rungkad? (rungkad sayang)

arti kata rungkad
 

Kalian pernah mendengar atau membaca kata Rungkad di sosial media? Saking viralnya kata tersebut sampai menjadi judul lagu Rungkad yang dinyanyikan sama beberapa penyanyi dangdut ternama seperti Happy Asmara, Yeni Inka dan beberapa yang lainnya.

Kalau dalam lagu liriknya kurang lebih kutipannya seperti ini “Rungkad, Entek entek an, Kelangan koe sing paling tak sayang”. Tahukah kalian jika kata itu sebetulnya berasal dari bahasa Sunda. Kemudian menjadi trending di TikTok setelah salah seorang konten kreator yang mengunggah video dengan kata tersebut.

Rungkad Artinya adalah?

Tak heran jika sering dengar kata Rungkad pasti kalian penasaran sama arti dari istilah itu. Rungkad itu kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya tumbang hingga akar-akarnya tercabut.

Kalau digunakan dalam sebuah kalimat kata rungkad akan memaknai pada suatu hal yang buruk kondisinya. Salah satu contoh kalau dipakai dalam suatu kalimat seperti ini: “Tangkal kalapa teh rungkad-nya, sampe tanehna oge acak-acakan” yang artinya: pohon kelapanya tumbang hingga tanahnya pun acak-acakan.

Kata rungkad kini telah menjadi bahasa gaul dan juga menjadi sebuah kata pelesetan. Setelah populer melalui media sosial sehingga kini artinya tidak dari sisi bahasa Sunda saja. Pada kalangan milenial dimana kata itu menjadikan perumpamaan seseorang yang sedang dalam masalah baik itu percintaan misal “Rungkad Sayang” artinya sama seperti sedang ambyar. Atau bahkan seseorang mengalami rungkad karena terjadi masalah dalam pekerjaan atau bisnisnya yang gagal.

Penutup

Itulah mengenai kata Rungkad yang sempat viral di media sosial hingga menjadi judul sebuah lagu dangdut. Setelah mengetahui makna kata rungkat, sekarang kalian sudah paham kan dalam penggunaannya.

Add Comments


EmoticonEmoticon