30 Okt 2015

Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Penyakit Gondok


Apa itu penyakit Gondok?
Penyakit Gondok atau dikenal juga dengan gangguan kelenjar tiroid, pada umumnya penyakit ini menyerang mereka yang kekurangan yodium dalam tubuh. Kelenjar tiorid merupakan organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Gejala yang timbul karena kekurangan yodium secara terus-menerus dalam kurun waktu yang lama. Selain itu awal terjadinya penyakit yaitu adanya benjolan di leher bagian depan.

Ada dua jenis penyakit gondok, yang pertama gondok difus. Benjolan pada gondok difus terasa mulus saat disentuh. Sedangkan yang satunya adalah gondok nodul, benjolan terasa tidak rata dan bergumpal. Dari permukaan yang tidak rata itu disebabkan oleh adanya satu atau lebih bintil-bintil kecil yang padat.

Mencegah Penyakit Gondok

Penyakit gondok bisa menyerang siapa saja baik itu orang tua, dewasa hingga balita. Untuk itu kita sebelum atau jangan sampai terserang yang namanya penyakit gondok, lebih baik mencegahnya daripada mengobati. Untuk mencegah atau menghindari dampak dari penyakit ini anda dapat melakukan upaya pencegahan. Sesuai dengan yang telah disampaikan tadi bahwa penderita gondok disebabkan karena kurangnya yodium. Jadi mengkonsumsi garam beryodium menjadi salah satu dari pencegahan penyakit gondok.

Jadi bagi anda yang belum memaki garam beryodium sekarang juga untuk menggantinya sebelum penykait menyerang. Selain pemakaian garam beryodiun ini masih ada jenis makanan lain yang bisa mencegah terjadinya penyakit gondok, seperti ikan laut, udang, kerang dan beberapa jenis makanan lainnya di bawah ini. Ap saja jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya penyakit gondok,

  1. Bayam
Bayam merupakan sayur berdaun hijau yang kaya vitamin, protein, mineral dan yang terpenting adanya asam lemek omega-3 pada bayam. Bayam bisa menjaga metabolisme tubuh.

  2. Brokoli
Brokoli bisa mengurangi senyawa-senyawa yang bisa membahayakan fungsi dari tiroid

  3. Tomat
Selain kaya dengan vitamin C, tomat memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

  4. Daging Merah
Seperti salah satunya contoh dari daging merah adalah daging sapi. Daging sapi sangat kaya dengan zat besi yang sehat untuk tubuh, tapi harus anda ketahui pilihlah daging sapi yang rendah lemak.

  5. Telur
Telur memiliki banyak kalsium, tetapi juga sebagai sumber zat besi dan yodium. Jadi mengkonsumsi telur juga baik untuk mencegah penyakit gondok.

  6. Jamur
Kekurangan selenium menjadi penyebab munculnya gejala tiroid. Oleh karena itu mengkonsumsi jamur sangat efektif, karena jamur mengandung selenium.

  7.Gandum
Gandum yang murni seperti beras merah, oatmeal, dan barley memiliki banyak kandungan vitamin B dan nutrisi yang mapu meningktjkan metabolisme anda.
Baca juga : 7 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata

Tambahan informasi lagi bahwa penyakit gondok yang sudah terlanjur menyerang kita bisa kita berikan ramuan alami, yaitu  "dengan menggunakan setengah genggam daun belimbing wulung yang ditumbuk bersama dengan bawang putih secukupnya, lalu kompreskan pada bagian yang terkena penyakit gondok"

Artikel Terkait

Load comments