Mitos Tentang Hewan di Indonesia yang Masih Dipercaya oleh Masyarakat

Mitos Tentang Hewan - Meskipun sekarang ini sudah di zaman era digital, tapi hal-hal yang berbau mitos seperti contohnya “kalau menyapu yang bersih biar suaminya tidak brewokan” pasti anda pernah mendengar kata-kata ini. Di beberapa wilayah masih berlaku di tengah-tengah masyarakat walaupun sekarang sudah banyak yang meninggalkan. Mitos memang sudah menjadi bagian hidup manusia, bahkan tidak hanya di Indonesia pasti ada sebuah mitos di belakangnya. Termasuk tentang hewan yang satu ini.

Beberapa jenis hewan memang identik dengan sebuah mitos tertentu. Di Indonesia sendiri, mitos tentang hewan juga cukup populer bahkan kebenaran tentangnya masih dipercaya oleh banyak orang. Antara percaya atau tidak, ada saksi yang mengatakan jika mitos-mitos tentang hewan ini adalah hal yang tak perlu diragukan lagi. Berikut adalah deretan mitos-mitos tentang hewan yang populer di Indonesia dan masih dipercaya hingga kini.

1. Menabrak Kucing Akan Kena Sial yang Sangat Besar

Orang tua dulu selalu mewanti-wanti, “Jangan pernah menabrak kucing. Kucing itu bertuah”  hal ini pun akhirnya menjadi mitos yang dipercaya turun temurun. Namun uniknya, mitos ini selalu benar. Setiap orang yang tidak sengaja menabrak kucing sampai mati, lalu tidak mengurusinya, biasanya kena sial yang sangat besar. Entah tabrakan atau hal-hal mengerikan lainnya.

Menurut orang-orang dahulu, ketika tak sengaja membunuh kucing maka cara agar terhindar dari kesialannya adalah dengan mengurusi kucing mati tersebut dengan baik. Mulai dengan dibungkus kain, sampai dikuburkan seperti layaknya orang meninggal. Dengan cara seperti ini, maka kesialan takkan lagi menaungi si penabrak.

2. Punya Kucing Belang Telon Jantan Bakal Dapat Rejeki Besar

 
image: wikipedia.org
 
Sebenarnya, tak ada yang benar-benar spesial dari seekor kucing belang telon. Ia hanyalah kucing kampung biasa dengan perpaduan motif tiga warnanya yang unik. Meskipun demikian, ada yang spesial dengan kucing ini. Hal tersebut adalah fakta kalau kamu takkan pernah menemukan kucing belang telon jantan.

Usut punya usut, kucing belang telon pejantan memanglah sangat langka bahkan mustahil untuk ditemukan. Pasalnya, ketika baru lahir ia pasti akan mati. Entah dimangsa ibunya sendiri atau mungkin juga ayahnya. Mitosnya mengatakan, kucing belang telon pejantan yang bisa tumbuh besar ia akan jadi kucing paling kuat. Konon, hanya dilihat saja tikus pun akan berjatuhan. Bahkan menurut mitos pula, barang siapa memiliki kucing super langka ini ia bakal mendapatkan rejeki besar.

3. Bunuh Cicak Berpahala

Image: galertigambarhewan.net
 
Meskipun kecil, namun cicak bagi sebagian orang adalah hewan menakutkan serta menjijikkan. Bentuknya yang aneh dan sensasi kulitnya yang lembut namun bikin geli itu, cukup bikin seseorang mengalami paranoid. Biasanya hewan ini menghindari musuhnya dengan memutuskan ekornya. Mitos tentang hewan cicak ini adalah soal anjuran untuk membunuhnya. Banyak banyak yang mengatakan jika membunuh cicak akan mendapatkan pahala.

Hal ini sebenarnya tak sepenuhnya mitos. Dalam Islam, ternyata membunuh cicak memang dianjurkan dan hal tersebut ada dalam Hadist. Ada satu kebaikan untuk tiap cicak yang dibunuh. Ada pun alasan yang tepat kenapa cicak harus dibunuh adalah karena ia hewan yang mengganggu dan kotorannya bisa menyebabkan penyakit.

4. Kucing Hitam Lompati Jenazah

Mitos tentang kucing hitam memang sudah sangat familiar di masyarakat. Mulai dari anggapan kucingnya setan sampai kemampuan hebatnya yang bisa membangkitkan orang mati, mitosnya. Ya, orang-orang dulu memang percaya jika seekor kucing hitam melompati sebuah keranda(wadah jenazah) yang ada jenazah di dalamnya, maka tak lama si mayat akan segera bangkit lagi.

Sayangnya, belum ada bukti yang menunjukkan kebenaran ini. Tapi, mitos kadang berawal dari sebuah kejadian nyata. Entah itu memang kebetulan saja karena ridho Allah S.W.T menghidupkan jenazah pada saat ada kucing yang melompatinya. Maka, mungkin saja dulu memang ada kejadian heboh seperti itu, hingga terbawa mitos sampai sekarang.

5. Membunuh Ular Berakibat Kematian

Image: wikipedia.org
 
Tak ada yang lebih mengerikan daripada menemukan ular di dalam rumah. Sayangnya, ketika mengalami hal semacam ini orang-orang menjadi gegabah dan kemudian malah membunuh si ular tersebut. Padahal mitos mengatakan jika seseorang membunuh ular maka akan berbalas kematian. Benarkah demikian?

Belum pernah terjadi dalam sejarah, seseorang membunuh ular kemudian mati. Kecuali ular tersebut masih setengah hidup dan kemudian menggigit si pembunuhnya sambil melepaskan semua racunnya. Terlepas apakah mitos ini benar atau tidak, memang lebih baik ular jangan dibunuh. Sebisa mungkin tangkap lalu lepaskan di tempat yang jauh dari rumah. Namun, jika tak mampu bisa dengan memanggil pawang ular setempat.

6. Wanita Hamil Dilarang Membunuh Hewan Apa Pun


Orang-orang dulu selalu menganjurkan agar ibu hamil selalu berhati-hati dalam segala perilakunya, itu benar sekali. Tak hanya soal menjaga bicara, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak membunuh binatang, apa pun itu. Konon menurut mitosnya, ibu hamil yang membunuh hewan tersebut akan berpengaruh kepada bayi yang akan dilahirkannya nanti.

Entah memang kebetulan atau mitos tersebut benar, banyak kejadian janggal tentang bayi yang lahir tak normal. Setelah diselidiki ternyata ibunya memang pernah membunuh hewan tertentu. Terlepas dari kepercayaan ini, memang lebih baik tidak usah melakukan hal-hal tersebut jika hanya sebagai pelampiasan emosi saja. 

Baca juga : 4 Mitos Danau Toba

Inilah beberapa mitos tentang hewan yang dipercaya masyarakat Indonesia. Terlepas dari banyaknya kejadian nyata yang dipercaya, semua dikembalikan lagi kepada masing-masing orang. Mitos biasanya tak harus diartikan secara kasar. Kadang ada arti mendalam di balik itu, jadi dengan mitos ini ada baiknya juga karena kita diperingatkan untuk berhati-hati dalam bertindak dan menjaga tingkah laku.
                                                                                                             Sumber : http://boombastis.com
Mitos (bahasa Yunani: mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.