19 Juni 2016

Resep Cara Membuat Enting-enting Kacang


Salah satu jenis makanan ringan dari hasil olahan perpaduan antara gula dengan kacang, apalagi kalau bukan Enting-enting. Menurut informasi, bahwa makanan ringan tersebut adalah salah satu cemilan khas Indonesia tepatnya dari Salatiga Jawa Tengah. Bentuknya lempengan namun ada juga yang berbentuk persegi dan lainnya yang menjadikan makanan ini memiliki daya tarik tersendiri.

Enting-enting
Terdapat dua jenis enting-enting, yakni enting-enting biasa dan enting-enting gepuk. Keduanya sama-sama sudah diperdagangkan. Untuk enting-enting biasa bentuknya segi empat tipis dan panjang kemudian dikemas dalam plastik.  Sedangkan enting-enting yang gepuk biasanya berbentuk trapezium, masing-masing dikemas dalam kertas, kemudian tiap 10 buah dikemas dalam plastik. Enting-enting gepuk banyak diproduksi di Salatiga. Adapun kalau Anda ingin mencoba membuatnya setidaknya persiapkan dulu bahan yang diperlukan sebagai berikut.

Membuat Enting-enting Kacang


Bahan :
- Kacang tanpa kulit 250 g
- Gula pasir 500 g
- Margarine 1 sendok makan
- Susu kental manis secukupnya

Cara pembuatan Enting-enting
1. Pertama-tama kacang disangrai dan kemudian dikupas kulit arinya, lalu dicincang atau maksudnya ditumbuk kasar.
2. Berikutnya gula kita panaskan hingga meleleh dan berwarna agak merah
3. Tambahkan margarine dan susu, diaduk-aduk dan tunggu sampai mulai berbusa. Kemudian tambahkan kacang yang telah ditumbuk tadi dan aduk.
4. Tuangkan adonan dalam Loyang yang telah diolesi margarine, dan jangn lupa sama ditekan-tekan hingga bentuknya kelihatan rapi.
5. Potong-potonglah adonan menggunakan pisau berukuran sesuai selera Anda, lau ambil hasil potongan dari wadah loyang.
Baca juga : Resep Cara Membuat Kacang Salju

Begitulah caranya, mudah sekali bukan cara membuat enting-enting kacang yang enak dan banyak yang menyukainya. Makanan ringan sederhana ini memiliki cita rasa tinggi yaitu kue enting-enting kacang special sehingga banyak yang tertarik. Apalagi disajukan untuk acara tertentu pasti keluarga yang datang ke rumah Anda akan menyukainya.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon