Cara Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G LTE tanpa melalui GraPARI

Sebetulnya untuk upgrade perdana Telkomsel ke 4G LTE tidak perlu mengunjungi GraPARI melainkan langsung di smarphone. Di jaman jaringan internet super cepat 4G LTE rasanya kita ketinggalan jika kartu yang kita miliki masih 3G. Tetapi anda harus tahu untuk menikmati jaringan 4G pastikan smarphone yang anda miliki sudah support 4G LTE dan jaringan tersebut tersedia di tempat anda berada.

Tidak hanya Telkomsel seiring perkembangan internet, kartu lain seperti Three, Axis, Indosat, dan lainnya juga menyediakan layanan cara upgrade SIM ke 4G LTE dengan care meraka masing-masing operator.

Untuk Telkomsel sendiri agar bisa upgrade kartu ke 4G bisa langsung kunjungi GraPARI terdekat, hanya saja ini sedikit lebih ribet apalagi kita belum tentu dekat dengan GraPARI Telkomsel. Yang membuat ribet kalau melalui GraPARI adalah adanya persyaratan yang harus dilakukan untuk upgrade ke 4G di MyGraPARI dan GraPARI adalah dengan membawa KTP asli dan SIM Card Anda yang masih berlaku.

Kemudian sebelum Anda pergi ke GraPARI atau MyGraPARI, pastikan handphone Anda sudah mendukung jaringan 4G. Karena cara tersebut terlalu ribet maka tersedia layanan upgrade kartu 4G langsung melalui smarphone android kita.
Anda bisa melakukannya kapan saja ada waktu luang untuk upgrade kartu dari 3G ke 4G tanpa harus ke GraPARI. Yang pertama setidaknya anda sudah memiliki perdana Telkomsel (As, Simpati atau Loop) yang mau diupgrade. Yang kedua sudah memiliki atau membeli Kartu Upgrade Jaringan 4G lte Telkomsel seperti gambar berikut ini contohnya.

Cara Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G LTE
Darimana Saya Bisa mendaptkan kartu Upgrade 4G?

Untuk memperoleh kartu upgrade 4G LTE Telkomsel bisa kalian beli di toko online seperti Bukalapak, Lazada dan lainnya. Kalau di Tokopedia kartu tersebut dijual dengan harga berfariasi ada yang 21 ribu dan ada pula yang lebih mahal lagi tergantung kelebihan kartu itu sendiri.  Kartu upgrade 4G TELKOMSEL tidak dijual bebas, untuk ukuran kartu 3in1 SIM Card (mini,mikro, dan nano).

Note : Untuk Nomor HP yang sudah terkoneksi dengan SMS Banking/ i-banking tidak bisa diupgrade dengan kartu ini, harus ke GraPARI.


➤Langkah 1 : Mengambil Token/PIN terlebih dahulu dari kartu yang lama
1. Anda hubungi *888*46# melalui ponsel smarphone.

2. Pilih menu 1 (Dapatkan Token/PIN).
Cara Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G LTE

3. Silahkan masukkan Nomor kartu upgrade 4G yang telah anda beli
4. Pilih Ya dan dapatkan Token/PIN, catat jangan sampai lupa karena akan digunakan pada langkah berikutnya.

➤Langkah 2 : Upgrade kartu Telkomsel ke 4G LTE
1. Ambil dulu kartu yang lama dan masukkan SIM Card "Kartu Upgrade Jaringan 4G Lte Telkomsel" ke dalam Handphone dan ikuti step selanjutnya.
2. Anda hubungi *888*46# lagi melalui smarphone.
3. Pilih menu 2 (Upgrade ke kartu 4G).

Cara Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G LTE

4. Pilih Ya dan masukkan nomor anda yang lama.
5. Masukkan kode Token/PIN yang telah anda peroleh tadi, pilih Ya dan tunggu Upgrade ke 4G selesai dan akan ada sms notifikasi yang masuk kalau upgrade yang anda lakukan telah berhasil.
➧Baca juga : Cara dapatkan Kuota 1 GB Gratis dari Telkomsel

Meski setelah upgrade perdana Telkomsel ke 4G kartunya berubah, tetapi nomor yang digunakan tetap menggunakan nomor anda yang lama karena tadi sudah ditransfer pada langkah di atas. Lalu Pulsa & kuota internet yang masih berlaku akan pindah ke SIM Card 4G ( Kartu yg baru ). Nah itulah Cara Upgrade Kartu SIM Telkomsel ke 4G LTE yang telah kami sampaikan semoga bermanfaat.

Info Tambahan : GraPARI adalah singkatan dari Graha Pari Sraya. Kata Graha Pari Sraya sendiri berasal dari bahasa sansekerta, yang diberikan oleh Sri sultan Hamengkubuwono X bagi nama kantor pelayanan pelanggan milik Telkomsel.